Fakta Kapal Selam Titanic yang Meledak di Samudera Atlantik

Primaradio.co.id – Baru-baru ini, jagad internasional dikejutkan dengan karamnya kapal selam Titanic. Ya, kapal selam canggih ini mengalami ledakan dahsyat di area Samudera Atlantik. Kapal selam wisata ini memang cukup menarik perhatian dunia.

Baca juga : Fakta Menarik American Born Chinese Serial Drama Disney+

Sebab, kapal selam ini memiliki rute untuk “Mengunjungi” Bangkai kapal Titanic yang tenggelam pada 15 April 1912. Perlu kalian ketahui bahwa untuk dapat berwisata ke bangkai kapal Titanic menggunakan kapal selam khusus ini memiliki biaya yang cukup mahal.

Meskipun mahal, kapal berpenumpang 5 orang ini dibekali dengan perlengkapan safety yang cukup canggih. Hanya saja, arus bawah laut yang sangat kencang membuat kapal ini bermasalah hingga akhirnya meledak di dasar laut.

Nah tercatat ada beberapa fakta menarik dari kasus tenggelamnya kapal selam nirawak ini. Oleh sebab itu, kalian perlu mengetahui tentang beberapa fakta penting, mulai dari spesifikasi kapal selam hingga penyebab mengalami ledakan di dasar laut.

Spesifikasi Singkat tentang Kapal Selam Titanic

Spesifikasi Singkat tentang Kapal Selam Titanic

Perlu kalian ketahui bahwa Titanic merupakan salah satu produk kapal selam tercanggih. Kapal selam ini tidak memiliki kemudi langsung di dalam kabin. Melainkan menggunakan remote control untuk mengendalikan kapal selam ini.

Alhasil, kapal selam Titanic menjadi salah satu kapal selam canggih yang memiliki fungsi untuk melihat bangkai kapal Titanic yang tenggelam di Samudera Atlantik. Kapal selam dari perusahaan Ocean Gates ini memiliki spesifikasi yang lengkap.

Spesifikasi yang pertama, Titanic ini memiliki kapasitas maksimal 5 orang dengan cadangan oksigen maksimal 96 jam. Jadi, penumpang kapal tetap merasa aman karena cadangan oksigen bisa diakses hingga 4 hari ke depan.

Spesifikasi yang kedua, Titanic ini mampu menembus kedalaman laut hingga 4000 meter. Artinya, kapal selam ini mampu menjangkau lokasi bangkai kapal Titanic yang tenggelam di kedalaman 3800.

Selain itu, Titanic juga mampu berjalan di area bawah laut dengan kecepatan maksimal 3 knot atau 5,5 kilometer per jam. Spesifikasi yang ketiga, Titanic ini juga memiliki navigasi sonar, peralatan foto, dan peralatan video berspesifikasi 4K.

Artinya, pilot kapal selam dari Ocean Gates ini bisa mendapatkan gambar visual secara real time. Lalu, spesifikasi yang keempat adalah adanya sensor yang memantau pergerakan tekanan lambung kapal jika berada di dalam air.

Sensor tersebut berfungsi untuk memberikan sinyal bahaya apabila terjadi tekanan berlebih pada bagian lambung. Sehingga, memberikan pertanda bagi juru mudi untuk segera mengangkat Titanic Submarine dari dasar samudera.

4 Fakta Menarik dari Kapal Selam Titanic

4 Fakta Menarik dari Kapal Selam Titanic

Tercatat, ada beberapa fakta menarik dari Titanic Submarine. Ya, kapal selam yang meledak di area Samudera Atlantik ini membeberkan beberapa fakta-fakta yang membuat banyak orang tercengang.

Bahkan, beberapa fakta tersebut mengungkapkan bahwa kapal selam ini banyak mengalami kendala saat berada di sekitar bangkai kapal Titanic. Oleh sebab itu, ini dia beberapa fakta menarik dari kapal selam Titanic. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Berpenumpang para Crazy Rich

Fakta unik yang pertama, kapal selam ini mengangkut para crazy rich yang dikenal memiliki harta melimpah. Sebab, 1 tiket kapal selam ini dibanderol seharga 3,7 miliar. Tercatat, ada 5 penumpang dalam Titanic Submarine ini.

Salah satunya adalah Hamish Harding, Paul Henri Nargeolet, Shahzada Dawood, Suleman Dawood, dan Stockton Rush.

Kapal Selam Meledak di Dasar Laut

Fakta unik yang kedua, kapal selam dari Ocean Gates ini dinyatakan meledak di dasar laut. Kapal ini meledak sekitar 488 meter dari bangkai kapal Titanic. Lebih tepatnya, kapal selam ini meledak di kedalaman sekitar 3900 meter dibawah laut.

Dibekali dengan Fitur Keselamatan Tinggi

Fakta unik yang ketiga, Titanic Submarine ini memiliki fitur keselamatan tinggi. Sebab, lambung kapal ini menggunakan bahan dari pesawat Boeing. Selain itu, kapal selam ini memiliki kontrol dari joystick.

Lalu, kapal selam ini juga telah melewati 50 kali uji coba di kedalaman laut hingga 4000 meter. Meskipun begitu, kapal selam Titanic ini meledak karena tekanan arus bawah laut yang sangat tinggi.

Penumpang Dinyatakan Tewas

Fakta unik yang keempat, semua penumpang dinyatakan tewas. Sebab, kapal selam ini meledak hanya dengan hitungan detik. Sehingga, semua penumpang tidak menyadari bahwa kapal sedang bermasalah. 

Penyebab Meledaknya Kapal Selam Titanic di Samudera Atlantik

Menurut pakar kapal selam internasional, penyebab meledaknya kapal selam ini adalah catastrophic implosion. Catastrophic implosion ini merupakan suatu ledakan dahsyat karena tekanan dahsyat. 

Perlu kalian ketahui bahwa kapal ini terbuat dari bahan serat karbon dan titanium. Hal tersebut menyebabkan kapal meledak karena bahan serat karbon dan titanium ini membuat lambung kapal selam terlalu menekan.

Sehingga memunculkan ledakan dahsyat hanya dalam hitungan menit saja. Maka dari itu, kalian perlu mengetahui kronologi singkat terkait meledaknya Titanic Submarine yang menyebabkan semua penumpang di dalamnya tewas seketika.

Kronologis Singkat Terkait Meledaknya Kapal Selam Titanic

Memang, beberapa orang mungkin belum mengetahui bagaimana kronologis meledaknya Titanic Submarine. Sehingga, ada beberapa isu bahwa kapal selam ini meledak akibat bom yang dibawa oleh salah satu penumpang.

Namun, hal tersebut terbantahkan karena adanya temuan dari puing-puing kapal selam yang berhasil terangkat oleh tim SAR. Sehingga, temuan dari bangkai Titan Submarine ini memberikan gambaran tentang kronologis kejadian.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini