Ketahui Sejarah Berdirinya HAMAS serta Asal Dananya

Pasti masih banyak dari kalian yang penasaran bagaimana sejarah berdirinya HAMAS awal mulanya. Pasukan HAMAS sendiri pada Oktober 2023 lalu menyerang dalam skala besar ke Israel.

Baca juga: Mengapa Suku Rohingya Terus Alami Penolakan? Status Manusia Tanpa Label Negara

Bahkan serangan itu sampai menghilangkan nyawa sekitar 700 orang Israel. Karena itu jugalah Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel memberikan sebuah peringatan jika akan terjadi perang cukup panjang serta sulit.

Israel mengirimkan banyak jet tempur dan mengebom sepanjang jalur Gaza, meluluhlantakkan kawasan sipil serta gedung tinggi. Peperangan HAMAS dengan Israel ini memang berlangsung lama, terbukti sampai sekarang masih.

Asal Usul Sejarah Berdirinya HAMAS

Asal Usul Sejarah Berdirinya HAMAS
Asal Usul Sejarah Berdirinya HAMAS

Pada konflik antara Palestina dan Israel, pasti tidak jarang kalian mendengar kelompok HAMAS. Dalam buku Islam Moderat karya Utriza Yakin menyebutkan jika HAMAS merupakan sebuah gerakan nasionalis-agamis.

Di mana menggabungkan antara dakwah islam damai serta strategi perjuangan dengan senjata. Kelompok tersebut berusaha agar Palestina bisa bebas jajahan negara Israel.

Nama HAMAS sendiri asalnya dari Harakat Al-Muqawamah Al-Islamiyyah artinya Gerakan Pertahanan Islam, selain itu punya arti semangat. Organisasi tersebut lahir 14 Oktober 1987 dan sebenarnya sudah terbentuk sebelum peperangan terjadi.

Berdasarkan sejarah berdirinya HAMAS, sebelumnya memang termasuk IM (Ikhwanul Muslimin) Mesir. Anggota dari Ikhwanul Muslimin itu di Palestina membuat cabang baru, tepatnya tahun 1946.

Kemudian setelah negara Israel berdiri, IM cabang Palestina mengawali perjuangannya, terutama ketika pasca perang yang terjadi pada 1967. Setelah pemberontakan pertama kali terjadi, pimpinan dari IM Palestina membuat organisasi baru.

Di mana lebih tertib serta punya arah jelas agar dapat mencapai sebuah tujuan sesuai harapannya yakni HAMAS. Selain itu ada juga sebuah kelompok kemenangan (fatah) lain yang punya tujuan sama.

Tapi kelompok tersebut lebih mengutamakan perdamaian serta negosiasi. Namun kelompoknya tidak lagi hanya berjuang dengan cara perang saja, melainkan juga menjalankan kerja sosial sehingga masyarakat Palestina jadi semakin simpati.

Itu terjadi setelah PLO (organisasi pembebasan palestina) diwakilkan Fatah Yasir Arafat namun tahun 1993 mendapat penolakan dari Israel. Berdasarkan sejarah berdirinya HAMAS kelompok tersebut lalu jadi parpol dan menang pemilu 2006.

Tujuan dan Sumber Dana

Tujuan dan Sumber Dana
Tujuan dan Sumber Dana

Sekarang ini secara politis menguasai jalur Gaza wilayahnya kurang lebih 365 km2 dan menjadi domisili sekitar 2 juta lebih penduduk. Berdasarkan Al Jazeera, kelompok tersebut sudah menguasai Gaza sejak 2007.

Tepatnya ketika melakukan perang singkat dengan kelompok fatah yang saat itu setia pada Presiden Mahmoud Abbass. Agar dapat mencapai tujuan ketika mendirikan negara islam di Palestina

Mengenai sejarah berdirinya HAMAS, kelompok ini berjuang melalui militer serta politik. Lewat politik, kelompok tersebut aktif berdebat atas Palestina. Bahkan mengikuti pemilu tahun 2006 dan sampai sekarang terus meluaskan pengaruhnya.

Dari militer, sekarang HAMAS punya pasukan yakni Brigade Izz ad-Din al-Qassam. Pasukan tersebut memiliki tanggung jawab mengenai serangan kepada Israel akhir-akhir ini.

Berdasarkan para pengamat sumber dananya melalui terowongan Gaza, uang tunai atau koin kripto disalurkan. Itu dilakukan agar dapat menghindari sanksi secara internasional.

Sekitar 100 juta USD pertahun Iran sediakan uang sebagai dukungan kelompok Palestina, tanpa terkecuali HAMAS. Untuk mengirimkan dananya lewat pengiriman barang, logam mulia, atau perusahaan cangkang.

Departemen Luar Negeri USA juga temukan jika tahun lalu sejarah berdirinya HAMAS ini membentuk sebuah jaringan perusahaan. Di mana berhasil mengelola sekitar 500 juta USD mulai dari perusahaan Arab hingga Turki.

Perkiraan sebagian besar anggaran kelompok jumlahnya lebih dari 300 juta USD dari pajak usaha, serta negara Iran, Qatar, atau badan amal. Negara Teluk lain mendapat sumbangan Palestina serta badan amalnya sendiri.

Tokoh Kelompok HAMAS

Tokoh Kelompok HAMAS
Tokoh Kelompok HAMAS

Ada sejumlah orang yang menjadi tokoh dari sejarah berdirinya HAMAS dan sampai sekarang belum banyak orang tahu. Berikut beberapa daftar tokohnya berdasarkan dari ui.ac.id, yakni:

Syekh Ahmad Yasin

Syekh Ahmad Yasin
Syekh Ahmad Yasin

Pada 1967 terjadi perang enam hari Arab dan Israel. Saat itu umurnya Yasin 12 tahun jadi ia harus ke Gaza. Menjadi pimpinan mujahidin palestina 1982 bahkan sampai dipenjara 13 tahun.

Ketika sudah terbentuk HAMAS, Yasin menjadi pemimpin spiritual. Tapi tekanan kuat dari pejuang Palestina akhirnya 1 Oktober 1997 memaksa Israel bebaskan Yasin. Beliau meninggal 2004, tepatnya 22 Mei saat solat subuh.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini