Keutamaan Buah Kurma Beserta Manfaatnya

Keutamaan buah kurma terdapat berbagai macam, bahkan dengan mengonsumsi  buah ini dapat menjaga kesehatan dari pemakannya. Oleh sebab itu saat berpuasa umat muslim sangat dianjurkan untuk mengonsumsi nya, karena memiliki berbagai manfaat dan keutamaan.

Baca juga : Pengobatan Diabetes: Penanganan Penyakit yang Meresahkan

Dalam sisi Al-Quran dan hadist sendiri, Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk makan dan mengonsumsi  kurma tersebut karena memiliki berbagai kebaikan didalamnya. Hal ini bahkan dibuktikan dalam sisi medis, yang menyatakan bahwa terdapat kandungan didalam buah kurma.

Berbagai kandungan nutrisi didalamnya mampu membantu tubuh supaya lebih sehat dan terhindar dari penyakit tertentu, sehingga terdapat beberapa keutamaan tertentu yang membuat Anda setidaknya harus mengonsumsi  kurma dibanding jenis buah lainnya.

Keutamaan Buah Kurma dan Manfaatnya

Keutamaan Buah Kurma dan Manfaatnya

Sebagai hal yang disebut beberapa kali dalam hadist maupun Al-Quran, banyak sekali manfaat serta keutamaan bagi orang yang mengonsumsi nya. Bahkan kurma sendiri menjadi salah satu buah favorit nabi Muhammad SAW karena bisa membawa keberkahan untuk umatnya.

Bahkan berdasar hadits dari Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW menyarankan umatnya untuk berbuka puasa menggunakan kurma, hal tersebut menjadi salah satu dasar dalam keutamaan buah kurma berdasarkan prinsip syariah atau hukum agama muslim.

Bahkan selain dari sisi agama, di dalam kutipan sebuah buku berjudul “7 Buah Istimewa dalam Al-Quran beserta manfaat bagi kesehatan manusia” yang dituliskan oleh Hamid Sakti Wibowo menyatakan terdapat berbagai keutamaan dan kesehatan akibat mengonsumsinya.

  1. Disebut Beberapa Kali Al-Quran

Dari segi agama sebenarnya terdapat beberapa keutamaan buah kurma, hal tersebut karena dalam Al-Quran yang merupakan kitab suci umat muslim. Salah satunya buah ini disebut dalam surat Maryam ayat 25, yang menyebutkan tentang perumpamaan tentang pohon buah itu.

Selain itu di dalam surat Al-Syuara ayat 148 dan An-Nahid ayat 67, dimana kedua surat itu menyatakan mengenai keutamaan beserta kelebihan kurma di dalam kitab suci umat muslim tersebut. Bahkan juga membandingkannya dengan buah lain, salah satunya adalah anggur.

Didalam surat An-Nahid ayat 67 sendiri dengan jelas menyatakan mengenai keutamaan buah kurma, bahkan menyebutkan bahwa didalamnya benar-benar terdapat tanda kebesaran Allah bagi orang yang memikirkan. Sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma itu.

  1. Berasal dari Surga dan Mencegah Racun

Selain disebut beberapa kali didalam Al-Quran yang merupakan kitab suci umat muslim, juga terdapat beberapa pernyataan yang menyatakan bahwa kurma jenis ajwa berasal dari surga. sehingga umat muslim banyak memburu untuk mengonsumsi nya khususnya saat puasa.

Salah satu keutamaan buah kurma mengenai jenis ajwa berasal dari surga, hal ini terdapat jelas dari hadits rasul ibnu majah. Dalam hadits ini dituliskan bahwa kurma ajwa berasal dari surga, dimana buah tersebut diciptakan untuk menangkal beberapa racun di dalam tubuh.

Bahkan dari segi medis sendiri menyatakan bahwa jika seseorang rajin mengonsumsi  buah ini akan terhindar dari beberapa racun di dalam tubuh, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan antitoksin. Antitoksin sendiri berperan untuk mencegah racun dalam tubuh Anda.

  1. Membantu Memenuhi Asupan Gizi

Selain dari sisi agama Islam, juga terdapat berbagai keutamaan buah kurma jika ditinjau secara langsung melalui sisi kesehatan. Hal tersebut diutarakan oleh beberapa dokter, yang menyatakan bahwa dengan konsumsi kurma dapat membantu memenuhi asupan gizi tubuh.

Salah satu penyebabnya karena di dalamnya terdapat berbagai kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, mulai dari vitamin A, B kompleks, C, E, hingga K. semua vitamin tersebut terdapat didalam satu buah, sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi tubuh.

Selain vitamin juga terdapat berbagai kandungan nutrisi penting mulai dari kalsium, kalium, hingga zat besi. Sehingga jika kebutuhan tersebut terpenuhi akan menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih sehat, sehingga menjadi salah satu keutamaan buah kurma untuk dikonsumsi.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit, Mata, dan Tulang

Karena memiliki kandungan vitamin yang bermacam-macam di dalamnya, menyebabkan ada banyak sekali dampak positif bagi kesehatan tubuh jika rajin dikonsumsi. Hal inilah yang menyebabkan Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi  kurma.

Keutamaan buah kurma bagi kesehatan kulit dan mata sendiri dibuktikan dengan adanya kandungan vitamin A, sehingga memiliki dampak untuk menurunkan resiko mata minus. Selain itu juga terdapat kandungan asam pantotenat yang baik untuk kesehatan kulit Anda.

Selain itu untuk kesehatan tulang juga sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi kurma, karena didalamnya juga terdapat kandungan kalsium serta magnesium. Dimana kedua kandungan nutrisi ini sangat berpotensi untuk menurunkan resiko terkena osteoporosis.

  1. Mengontrol Gula Darah

Keutamaan buah kurma selanjutnya berkaitan erat dengan gula darah, dimana penyakit gula sering menyerang sebagian besar penduduk Indonesia pada saat ini. salah satu penyebabnya karena mengonsumsi makanan dengan jumlah asupan gula berlebih, sehingga menumpuk didalam tubuh.

Namun berbeda dengan buah ini karena di dalamnya memiliki kandungan indeks glikemik rendah, sehingga walau memiliki rasa cukup manis namun kandungan gulanya terbilang rendah. Sehingga sangat aman dikonsumsi bagi penderita  penyakit gula sekalipun saat ini.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini