Perlukah Kita Menggunakan Konsep Intelligent Composable Business?

Dapat Membuat Keputusan sesuai Fakta

Salah satu keuntungan yang dimiliki perusahaan ketika menggunakan konsep ini adalah mudah untuk membuat keputusan serta meningkatkan penjualan. Setelah penerapan ICB dilakukan, manajemen akan melihat data-data terkini serta terperinci mengenai aspek bisnis. 

Aspek bisnis ini seperti data produksi, data keuangan hingga data pelanggan. Pebisnis juga dapat dengan mudah membaca sejumlah laporan seperti laporan investasi dan laporan laba di setiap produk. 

Informasi ini tentu saja akan membantu manajemen untuk membuat keputusan sesuai dengan fakta. Seperti mana produk yang nantinya akan menjadi fokus perusahaan. 

Bukan hanya itu, konsep ini juga akan menjadi aset berharga untuk penjualan perusahaan, karena dapat menyajikan laporan. Kemudian laporan inilah yang akan menjadi trend perusahaan hingga penambahan produk. 

Bahkan, laporan ini juga menjadi data sebagai bahan untuk melakukan negosiasi bersama dengan vendor. 

Mengidentifikasi Peluang

Intelligent Composable Business dapat digunakan untuk menganalisis transaksi dari satu perusahaan, bahkan beserta anak perusahaan yang dimiliki. Sehingga ketika terdapat peluang, tetapi belum memperoleh pengembangan dengan baik, hal tersebut akan langsung terlihat.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, teknologi ini dapat membantu perusahaan untuk menilai kemampuannya, serta membandingkannya dengan kelemahan maupun kekuatan pesaing. 

Mengurangi Pemborosan

Jangan salah, kita juga dapat mengurangi pemborosan dengan adanya ICB. Saat terjadi pemborosan, manajemen akan mudah mendeteksinya, kemudian menghentikan pemborosan tersebut hingga merubahnya menjadi keuntungan. 

Teknologi ini juga akan memudahkan perusahaan membuat keputusan dengan bertindak cepat serta benar untuk menutupi pemborosan. 

Kelemahan Intelligent Composable Business

Kelemahan Intelligent Composable Business
Kelemahan Intelligent Composable Business

Konsep teknologi ini memang memiliki sejumlah kelebihan. Tetapi sebagai sebuah konsep, tentu saja terdapat kekurangan yang dimilikinya. Kekurangan dari teknologi ini adalah harga mahalnya.

Untuk merancang teknologi ini, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Bukan hanya dari segi perancangan, dari segi perawatan hingga operasional juga dibutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar profesional di bidangnya. 

Setelah mendapatkan tenaga profesional, nantinya perusahaan juga memerlukan biaya yang untuk melakukan perawatan serta pelatihan. Bahkan, melakukan penyimpanan informasi di server komputer juga membutuhkan biaya tinggi. 

Semakin aman teknologi pengamanan data yang perusahaan gunakan, akan semakin mahal pula biaya yang harus perusahaan keluarkan. 

Baca juga: Kemudahan Aplikasi RKAS untuk Pengelolaan Keuangan

Intelligent Composable Business memang menjadi teknologi yang mumpuni. Namun, untuk menerapkannya, tentu memerlukan persiapan yang tidak sebentar. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini