Rekomendasi Makanan Khas Lombok untuk Wisatawan

Kemudian, pada pengelolaannya ditekan ke batang bambu, kemudian di panggang di atas bara api. Untuk mencari para pedagang yang menjual hidangan seafood yang satu ini, sebaiknya kamu mencari pada sore maupun malam hari di berbagai daerah. 

Daftar Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok

Daftar Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok

Selain makanan tradisional yang memiliki resep serta cita rasa unik, kalian juga bisa merasakan oleh-oleh khas Lombok. Hal ini bisa dijadikan hadiah untuk orang terdekat pada saat balik ke kampung halaman. Beberapa rekomendasi oleh-oleh ini bisa dijadikan bahan pertimbangan. 

  1. Dodol Rumput Laut

Makanan yang sering menjadi oleh-oleh pertama adalah dodol rumput laut, yang dimana menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang saat ini banyak ditemukan. Sesuai namanya, bahan utama terbuat dari rumput laut, sehingga cita rasanya sangat khas dan tidak jarang bisa ditemukan di tempat lain. 

Memiliki tekstur yang kenyal, manis dan unik akan membuat banyak orang ketagihan. Selain itu, rasa manis yang alami dari rumput laut dipercaya akan sangat aman untuk para penderita diabetes. Rumput laut juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan. 

  1. Kopi Prabe 

Lanjut dengan kopi prabe yang merupakan oleh-oleh khas Lombok. Memiliki cita rasa yang khas, kopi prabe sangat terkenal di daerah tersebut. Kopi ini berasal dari Dusun prabe, memiliki rasa dan aroma yang kuat dan harum serta rasa manis pahit yang dapat seimbang di lidah. 

Kopi Prabe dikenal akan ampasnya yang tidak terlalu banyak. Pada proses pembuatannya pun masih cukup tradisional, yaitu dengan membuat aroma kopi menjadi sangat khas. Untuk para wisatawan, bisa mencoba kopi yang satu ini agar tidak menyesal saat sudah berada di luar kota. 

  1. Terasi Lombok

Seringkali terasi bisa kita jumpai dengan mudah dalam berbagai pasar swalayan. Namun berbeda dengan terasi Lombok yang biasa dijadikan oleh-oleh makanan khas Lombok. Bahan yang satu ini sering dijadikan bahan masakan untuk mendapatkan cita rasa lebih fresh dan enak. 

Terasi tersebut memiliki cita rasa lezat sehingga sangat cocok untuk dijadikan sambal. Untuk keharumannya juga dapat dicium dengan mudah, terdapat beberapa jenis yang dapat dicoba, seperti lengkare, jeroware dan juga beroq. Belilah sesuai kebutuhan. 

Tips Membeli Makanan Khas Lombok

Terdapat beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk membeli makanan khas Lombok. Pertama, pilihlah restaurant maupun rumah makan yang memiliki rating dan review yang bagus sehingga bisa menghidangkan masakan dengan ciri khas dan rasa tidak kalah menarik. 

Kedua, ketahuilah harganya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, apalagi untuk menyesuaikan harga yang biasa terdapat di berbagai wilayah dan untuk menyesuaikan budget yang tersedia oleh para wisatawan. Kalian dapat meriset terlebih dahulu. 

Ketiga, jika membeli oleh-oleh pastikan tahu rasanya. Kalian bisa meminta tester terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna agar orang-orang yang diberikan oleh-oleh tidak kecewa dengan cita rasa khas yang berasal dari berbagai daerah tersebut. 

Baca juga : Bule di Bali, Ini Tempat Wisata yang Sering Dikunjungi

Lakukan pencarian dengan tepat sehingga kalian bisa mendapatkan hidangan dengan ciri khas dan rasa yang terbaik menggunakan bahan-bahan tradisional dan resep alami. Makanan khas Lombok bisa ditemukan pada berbagai tempat di daerah NTB.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini