Maratua, Pulau Indah Di Kalimantan Ikon Baru Ibu Kota Negara

Program Melestarikan Penyu

Bersama dengan warga setempat, para wisatawan juga bisa berpartisipasi dalam gerakan melestarikan penyu. Objek wisata Maratua, pulau indah di Kalimantan juga memiliki rumah penyu di Kepulauan Derawan yang terus dijaga.

Lewat gerakan ini, tentu saja kita sudah turut serta melestarikan salah satu kekayaan biota laut Indonesia ini yang terancam kelestariannya karena ekosistem laut yang rusak. 

Pencemaran lingkungan akibat sampah juga turut menyumbang ancaman bagi kehidupan penyu di laut lepas.

Penginapan

Seperti kita sampaikan sebelumnya, kalian bisa mendapatkan penginapan yang bersih dan juga nyaman selama berlibur. Dengan begitu, kalian bisa memperpanjang masa liburan tanpa harus bolak-balik menuju lokasi wisata.

Cara Menuju Maratua

Cara Menuju Maratua
Cara Menuju Maratua

Jika kita lihat secara geografis, letak objek wisata Maratua adalah di semenanjung utara perairan Kabupaten Berau. Tempat tersebut terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Panjang, Rabu-Rabu, Sangalaki, Samama, Maratua, Nabuko, dan lainnya.

Sementara itu, posisi laut objek wisata ini berada di Laut Sulawesi yang merupakan wilayah terluar dari Indonesia. Maratua juga berbatasan langsung dengan dua negara tetangga kita, yaitu Malaysia dan Filipina.

Untuk menuju ke Maratua, Pulau Indah di Kalimantan ini, kalian akan membutuhkan jalur laut dan udara. Perjalanan tersebut akan dimulai dari wilayah Tarakan. Khusus pesawat, kalian bisa terbang menuju ke Bandara Tanjung Redeb, di Kabupaten Berau.

Dari Tanjung Redeb, baru kalian bisa berangkat ke Pulau Maratua menggunakan kapal atau speedboat.

Baca juga: 9 Rekomendasi Wisata Pulau Seribu Terpopuler dan Wajib untuk Dikunjungi

Untuk durasi perjalanannya sendiri adalah sekitar 3 jam. Jadi, alurnya adalah kalian terbang dari Kota Tarakan menuju Bandara Tanjung Redeb di Berau sekitar 30 menit. Kemudian, dari Bandara kalian akan turun dan pergi menggunakan kapal.

Menjelang pemindahan ibu kota negara ke IKN, berbagai objek wisata sangat berpotensi untuk tumbuh dan berkembang semakin besar. Salah satu yang cukup menarik adalah Maratua, pulau indah di Kalimantan ini.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini