Memilih Penginapan di Dieng karena Inilah Tipsnya

Ada banyak penginapan di Dieng yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, sehingga tidak perlu lagi kebingungan. Dieng merupakan salah satu objek wisata yang berada di dataran tinggi, sehingga selalu dipadati wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Terletak di kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara, kawasan ini dijuluki sebagai negeri di atas awan.

Baca juga: 6 Aplikasi Traveling yang Mempermudah Perjalanan

Karena berada di ketinggian lebih 2000 MDL maka pada pagi dan malam hari sering diselimuti awan. Bahkan kawasan ini semakin lengkap dengan kehadiran objek wisata, sehingga selalu dipadati pada saat hari libur. Tidak heran jika banyak tersedia penginapan di Dieng dengan berbagai harga dan kualitas.

Sebab penginapan merupakan salah satu hal penting agar kalian bisa beristirahat secara maksimal setelah seharian berkunjung ke tempat wisata. Apabila tertarik untuk berkunjung ke kawasan ini ada banyak hal harus diperhatikan agar liburan kalian menjadi maksimal. Bahkan pengalaman pada saat berlibur di Dieng belum tentu ada tempat lain, sehingga mewajibkan kalian untuk memasukkannya ke dalam list. 

Alasan Mengapa Kalian Harus Berkunjung ke Dieng

penginapan di Dieng
Sumber Gambar: menuwisatadieng.files.wordpress.com

Sebelum mencari informasi seputar penginapan di Dieng maka ada banyak alasan mengapa kalian harus mengunjungi tempat ini di antara tempat wisata Indonesia. Salah satunya kawasan ini menyediakan pemandangan sunrise terbaik di salah satu objek wisata yang wajib kalian kunjungi. Hal ini bisa kalian buktikan dengan banyaknya foto-foto sunrise dari tempat ini yang hasilnya tidak akan mengecewakan. 

Namun jika ingin melihat sunrise melalui tempat ini kalian harus wajib tracking walaupun melelahkan tetapi akan dibayar lunas dengan pemandangan indahnya. sangatlah wajar sebab di Dieng kalian bisa menyaksikan dengan mata telanjang penampakan tiga gunung berdekatan yaitu gunung Prahu, Sindoro, dan Sumbing. 

Bahkan dalam pemandangan tersebut 3 gunung ini diselimuti oleh awan yang indah, sehingga tidak heran jika dataran Dieng disebut sebagai negeri atas awan. Tambah lagi kualitas udara kawasan ini juga bersih dan dingin, sehingga tidak heran jika banyak orang berkunjung yang menyebabkan penginapan di Dieng selalu penuh wisatawan. 

Hal ini sangat wajar mengingat kawasan ini berada di ketinggian ditambah lagi jauh dari hiruk pikuk. Selain dilengkapi dengan berbagai tempat wisata maka kawasan ini jangan lupa untuk berwisata kuliner seperti mencicipi buah carica yang sangat khas. Carica sendiri adalah pepaya dengan ukuran yang lebih kecil yang biasanya diolah menjadi manisan. 

3 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Berlibur ke Dieng

Penginapan di Dieng
Sumber Gambar: hoteldieng.com

Agar bisa berlibur secara maksimal terdapat beberapa hal harus diprioritaskan pada saat berkunjung ke tempat ini. Hal ini bisa membantu kalian untuk menghilangkan stres dan bisa semangat kembali pada saat bekerja. Berikut beberapa hal harus dipersiapkan yaitu:

Mempersiapkan Fisik dan Mental

Hal pertama ini sangat penting pada saat berkunjung di Dieng mengingat suhunya cukup dingin, sehingga jika tubuh tidak fit bisa jatuh sakit.  Diwajibkan untuk membawa jaket tebal, sarung tangan, penutup kepala agar bisa nyaman berkunjung ke berbagai tempat wisata. Bahkan karena udaranya Dieng dingin sangat disarankan untuk membawa pelembab agar kulit dan bibir tidak kering dan mengelupas.

Penginapan

Agar bisa beristirahat secara maksimal setelah seharian berkunjung ke tempat wisata maka harus memilih penginapan di Dieng nyaman. Apalagi ada banyak jenis penginapan dengan berbagai harga memberikan pengaruh dengan fasilitasnya. Namun pastikan penginapan kalian pilih harus dilengkapi fasilitas air panas agar nyaman mandi mengingat udara di kawasan ini dingin.

Transportasi

Apabila kalian berlibur tanpa membawa kendaraan pribadi maka wajib memperhatikan transportasi umum yang beroperasi di mana tidak kalah penting dari memilih penginapan di Dieng. Apalagi kawasan ini cukup terbatas transportasi umum yang beroperasi karena sampai jam 07.00 malam saja. Jadi sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi agar bisa mengunjungi seluruh tempat wisata sampai malam hari.

4 Tips Memilih Penginapan di Dieng Agar Menemukan yang Nyaman

Penginapan di Dieng
Sumber Gambar: live.staticflickr.com

Karena penginapan di Dieng salah satu hal penting maka pastikan kenyamanannya, sehingga tidak mengganggu pada saat liburan. Karena ada banyak sekali penginapan dengan berbagai harga berikut hal yang harus diperhatikan, sehingga menemukan dengan tepat yaitu:

Pesan sebelum Berangkat

Apabila kalian datang dari kawasan yang jauh, maka sangat disarankan untuk memesan sejak jauh hari. Tujuannya agar setelah sampai kalian sudah bisa langsung beristirahat dan tidak perlu mencari. Hal ini wajib dilakukan terutama saat datang ketika libur panjang, di mana biasanya penginapan sudah banyak yang penuh. Jadi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka wajib memesan sejak jauh hari.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini