Memilih Penginapan di Dieng karena Inilah Tipsnya

Pertimbangkan Lokasi

Jangan lupa untuk memperhatikan lokasi di mana penginapan di Dieng. Hal ini bertujuan agar mempermudah kalian untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata tanpa terkecuali. Sangat bagus jika menginap di lokasi yang dekat dengan tempat wisata, sehingga tidak membuang waktu perjalanan.

Menyesuaikan dengan Budget

Banyaknya penginapan di kawasan ini maka harga ditawarkan juga beragam. Kalian harus menyesuaikan dengan budget agar liburan bisa berjalan dengan maksimal apabila memiliki dana terbatas. Apalagi ada banyak penginapan dengan harga terjangkau tetapi berpengaruh dengan fasilitas ditawarkan.

Pilih yang Dekat dengan Fasilitas Umum

Agar mempermudah aktivitas kalian selama berlibur, maka sangat disarankan untuk memilih penginapan dekat dengan fasilitas umum. Terutama untuk kalian tidak membawa kendaraan maka pilih yang dekat dengan tempat transportasi umum berhenti. Akan sangat bagus jika penginapan tersebut dekat dengan supermarket, sehingga tidak perlu jauh berjalan kaki. 

Beberapa Penginapan yang Menawarkan View Alam

Penginapan di Dieng
Sumber Gambar: asset.kompas.com

Beberapa penginapan di Dieng ini tidak hanya menawarkan fasilitas lengkap tetapi memiliki view alam, sehingga membuat nyaman saat menginap. Jadi kalian bisa mempertimbangkan untuk menginap di beberapa penginapan ini yaitu:

Bagas Luxury Camp

Berada di kawasan telaga Menjer yang terkenal dengan keindahan alamnya maka pada saat bangun di pagi hari kalian bisa langsung melihat pemandangan telaga tersebut. Suasana alam yang sangat kental maka kalian bisa memanjakan mata pada saat melihat sunrise di tempat ini.

Tani Jiwo Hostel

Berlokasi tidak jauh dari gapura pintu masuk kawasan Dieng Plateau, penginapan ini menjadi salah satu tempat estetik. Menyediakan 4 tipe kamar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti dormitory 12 bed share bathroom, 8 shared bathroom, standard room dan family room. Pastinya untuk pemandangan alam melalui penginapan ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Tambah lagi fasilitasnya juga lengkap mulai dari koneksi internet sampai tersedia dapur.

Homestay Cahaya Sikunir

Tanpa harus keluar kamar maka kalian bisa melihat pemandangan telaga di penginapan ini. Karena dekat dengan telaga Cebong, homestay ini memiliki kaca yang lebar di sepanjang sisi kamarnya terutama yang menghadap ke arah telaga. Walaupun terkesan sederhana tetapi kalian bisa melihat pemandangan telaga tersebut sepuas mungkin tanpa harus membuang tenaga. 

Aman Griyo Farmhouse

Jika ingin merasakan sensasi menginap di tengah perkebunan maka penginapan di Dieng yang satu ini bisa dimasukkan ke dalam list. Nantinya kalian bisa melihat pemandangan hamparan kebun dan dataran tinggi hijau, pastinya bisa merasakan udara bersih secara maksimal. 

Penginapan ini juga tidak kalah estetik karena menggunakan furniture serba kayu yang klasik tetapi modern. Untuk fasilitasnya tidak perlu dilakukan lagi bahkan pengelola juga menyediakan kaca besar yang menjadi tempat maksimal untuk melihat pemandangan sekitar.

3 Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi

Penginapan di Dieng
Sumber Gambar: asset.kompas.com

Setelah menemukan penginapan di Dieng yang nyaman dan sesuai budget, maka jangan lupa untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata ini. Pastinya tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang berbeda, sehingga cukup disayangkan jika kalian lewatkan. Berikut beberapa tempat wisata tersebut yaitu:

Telaga Warna

Merupakan ikon wisata di tempat ini, maka kalian bisa melihat warna air danau yang berubah-ubah akibat pantulan sinar matahari. Fenomena ini terjadi karena kandungan belerang yang ada di air danau, sehingga sangat disarankan untuk berkunjung saat pagi dan siang hari. Apalagi sambil melihat danau kalian bisa melihat panorama gunung Prahu. 

Gunung Prahu

Bagi kalian yang sangat menyukai kegiatan mendaki, maka jangan lewatkan gunung yang memiliki ketinggian 2.590 MDPL ini. Estimasi mendakinya yaitu 3 sampai 4 jam, sehingga sangat cocok untuk para pemula. Apalagi saat sampai ke puncak kalian akan melihat 5 gunung sekaligus.

Bukit Sikunir

Merupakan spot untuk melihat sunrise maka kalian harus mengunjungi bukit setinggi 2300 MDPL ini. Bahkan sambil melihat sunrise kalian juga bisa melihat gunung Sindoro, Sungging, Prahu, Slamet, Merbabu, dan Merapi sekaligus. Pastinya bukit ini sangat ramah pemula karena hanya membutuhkan 30-45 menit untuk tiba di puncak. 

Baca juga: Daftar Instant Camera Idola Traveler yang Bisa Dicoba

Tentunya ada masih banyak lagi wisata alam yang harus masuk ke list kalian saat berkunjung ke Dieng.  Apalagi semakin lengkap dengan tersedianya banyak penginapan di Dieng dengan harga terjangkau.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini