Mencoba Cozy Cardio Terobosan Baru Olahraga yang Menyehatkan

Sebuah tren olahraga baru yang disebut cozy cardio mengambil pendekatan yang lebih ramah untuk berolahraga, di saat banyak orang yang masih memegang prinsip “tidak ada rasa sakit, tidak ada hasil”.

Baca juga: Ingin Olahraga Dirumah? Berikut Sederet Rekomendasi Aplikasi Kebugaran

Namun, tren baru-baru tersebut mengubah aksioma ini, dengan beberapa dari Kalian mungkin berpendapat bahwa olahraga teratur seharusnya membuat nyaman, bukannya membuat tidak nyaman.

Ini bisa menjadi pendekatan yang baik untuk menjadi bugar jika Kalian merasa program olahraga yang menantang itu menakutkan. 

Dalam hal ini cozy cardio adalah tentang mengubah olahraga menjadi hiburan yang menyenangkan dan nyaman setiap hari, bukannya membuat diri Kalian melakukan latihan yang menyiksa.

Daya tarik olahraga kardio yang nyaman seperti berjalan kaki dan bersepeda statis, di sisi lain, tampaknya mendorong orang untuk melihat olahraga sebagai sesuatu yang menyenangkan daripada sesuatu yang harus dihindari.

Ada banyak aspek positif dari ide ini, terutama sebagai strategi perawatan diri atau cara untuk memasukkan lebih banyak aktivitas fisik sambil bersantai. 

Tapi apakah olahraga seperti ini benar-benar dapat meningkatkan tingkat kebugaran, atau hanya sekadar tren olahraga sesaat?

Efektivitas Cozy Cardio dalam Keseharian

Efektivitas Cozy Cardio dalam Keseharian
Efektivitas Cozy Cardio dalam Keseharian

Dengan semua publisitas seputar program olahraga intensitas tinggi dalam beberapa tahun terakhir, olahraga yang berdampak lebih rendah dan lebih lambat bisa mendapatkan reputasi negatif. 

Namun, latihan kardio yang nyaman dapat menjadi tambahan yang bagus untuk rutinitas mingguan Kalian, jika tujuannya adalah untuk meningkatkan latihan harian, mengurangi stres, atau menghilangkan kekhawatiran tentang kebugaran. 

Tampaknya dipahami oleh Zuckerbrow sendiri (seorang TikToker pembuat tren cozy cardio), saat ia menyiarkan video latihan yang lebih sulit di samping latihan kardio yang nyaman. 

Sebaiknya Kalian memulai dengan perubahan kecil untuk mendapatkan latihan yang lebih seimbang. Seiring berjalannya waktu, peningkatan intensitas ini dapat berkontribusi pada kebugaran yang lebih baik.

Sementara memulai dengan aktivitas yang menantang mungkin menakutkan atau bahkan berisiko bagi para pemula, latihan kardio yang nyaman membuat peralihan ini menjadi lebih mudah. 

Sejalan dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia untuk melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 menit setiap minggu, latihan ini memungkinkan Kalian yang pemula untuk secara bertahap mencapai performa puncak.

Bentuk dan Cara Melakukan Cozy Cardio 

Bentuk dan Cara Melakukan Cozy Cardio 
Bentuk dan Cara Melakukan Cozy Cardio

Meskipun Zuckerbrow menekankan jalan kaki sebagai latihan dalam video web-nya, ada banyak aktivitas kardio sederhana lainnya yang dapat membantu Kalian memasukkan komponen penting dari latihan kardio yang nyaman :

Latihan Beban Tubuh

Gunakan latihan beban tubuh sebagai ilustrasi. Squat, lunge, push-up, dan burpees adalah beberapa contoh latihan yang membentuk komponen penting dari latihan kekuatan untuk pemula. 

Latihan-latihan ini dapat diubah untuk menciptakan interval dengan intensitas rendah hingga sedang. Kalian bisa bergantian antar latihan yang berbeda dan menyesuaikan kecepatannya agar sesuai dengan tingkat kebugaran Kalian. 

Lakukan cozy cardio dengan cara squat, lunge, push-up, dan burpees dengan cara yang terkontrol untuk melatih otot-otot kaki Anda.

Rutinitas Aerobik dan Menari

Kalian dapat menggunakan beberapa aplikasi kebugaran terbaik untuk mengubah ruang tamu menjadi studio dansa, tanpa harus khawatir akan ada orang lain atau instruktur yang mengawasi. Jadi Kalian bebas melakukan olahraga.

Jika tidak, seorang penggiat olahraga menyarankan untuk memutar musik dan buatlah tarian rutinitas aerobik Kalian sendiri. Setiap langkah dan gerakan adalah teknik yang baik untuk menggerakkan tubuh dan efektivitas jantung. 

Jalan atau Lari di Satu Lokasi

Jika mengikuti Zuckerbrow, Kalian menemukan bahwa berjalan-jalan setiap hari adalah bentuk latihan terbaik cozy cardio. Kalian bisa melakukannya di dalam, di luar, atau bahkan di tempat. 

Untuk menghasilkan interval, jogging atau berjalanlah di tempat dengan kecepatan yang berbeda. Sedang untuk meningkatkan intensitas aktivitas, Kalian bahkan dapat menambahkan tendangan pantat atau angkat lutut tinggi. 

Atau bisa dengan menggunakan tangga. Gunakan tangga di rumah Kalian jika ada, untuk latihan interval. Jangan lupa beristirahatlah seperlunya saat jogging atau berjalan naik dan turun tangga.

Yoga Pilattes

Latihan cozy cardio dengan konsep yoga membuat Kalian betah untuk tetap berada di tempat, dan berlatihlah pose-pose di ruang Kalian sendiri sambil menarik dan menghembuskan napas dengan terkendali. 

Transisi antara pose dan fokus pada keselarasan menciptakan efek interval dengan intensitas yang baik. Penggunaan papan harus disertakan dalam hal ini untuk melatih stabilitas dan melibatkan otot inti. 

Setelah menahan papan selama waktu yang ditentukan, istirahatlah sejenak sebelum melakukan interval berikutnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini