Mengenal Diwali Salah Satu Festival Tersohor di India

Keunikan Festival Diwali

Bagi umat Hindu di India, perayaan Diwali sangat penting. Bahkan hampir semua dengan perayaan Natal di India. Saking pentingnya, membuat perayaan ini memiliki beberapa fakta unik. 

Salah satu keunikannya yaitu hari perayaan terlama karena berlangsung selama 5 hari dengan nama hari berbeda-beda. Dengan mengenang dewa yang berbeda. 

Selain sebagai upacara pemujaan untuk dewa-dewi, perayaan ini menjadi unik karena banyaknya cahaya sepanjang jalan dan rumah sehingga membuat kota lebih semarak di malam hari. 

Namun, perayaan ini menjadi unik karena cahaya tersebut tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan Diya. Diya merupakan lampu tradisional India yang terbuat dari tanah liat. Sehingga perayaan ini mempertahankan budaya tradisionalnya. 

Hal tersebut menjadi unik karena pencahayaan tersebut membuat suasana klasik dan nyaman seakan kita berada di India tempo dulu. Hal ini yang memancing turis asing untuk berkunjung ke India. 

Bahkan tidak sedikit turis asing yang ingin mencoba permen khas India. Warga India sering berbagi permen tersebut saat perayaan Diwali ini. Biasanya, tetangga dan kerabat akan saling berbagi permen tersebut. 

Permen tersebut merupakan istilah untuk penganan khas India berupa kue manis khas India, seperti lado, barfis, jalebis. Semua penganan tersebut akan dibagikan untuk keluarga dan kerabat hanya pada perayaan ini. 

Dengan demikian, sulit bagi kita untuk menikmati penganan tersebut selain pada hari perayaan ini. Itulah mengapa festival ini menjadi unik. Namun, keunikan tersebut yang membuat kita penasaran untuk lebih mengetahuinya. 

Baca Juga : Apa Itu Festival Holi? Benarkah Sangat Menarik?

India tidak hanya terkenal dengan filmnya, tetapi terdapat banyak hal unik yang harus kita Ketahui. Salah satunya festival umat Hindu yang penuh dengan unsur sakral dan keunikan yaitu festival Diwali.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini