Makanan Sehat Mengontrol Kolesterol Tinggi Menjaga Jantung

Primaradio.co.id – Mengontrol kolesterol tinggi penting sekali karena sering dikaitkan dengan masalah kesehatan jantung, termasuk serangan akan stroke. Sebelum membahas lebih jauh mengenai kolesterol tinggi, penting untuk memahami apa itu kolesterol serta peranannya tubuh.

Baca juga : Ketahui Manfaat Diet Mediterania agar Hidup Lebih Sehat

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan tubuh serta makanan tertentu. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membentuk sel hormon. Kolesterol diproduksi oleh hati dan juga ditemukan makanan berasal dari hewan, seperti daging, telur, hingga produk susu.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa mengontrol kolesterol tinggi penting karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Menjaga kadar agar normal salah satu cara adalah dengan mengonsumsi makanan yang mampu menurunkannya.

Terdapat banyak jenis makanan diketahui dapat membantu menurunkan kadar. Dengan mengonsumsi makanan tersebut secara teratur dapat membantu menjaganya batas normal mencegah risiko terkena penyakit kardiovaskular juga. 

Mengontrol Kolesterol Tinggi dengan Mengetahui Perannya

Kolesterol adalah senyawa organik ditemukan hampir semua sel tubuh manusia. Meskipun sering dianggap sebagai zat berbahaya, sebenarnya memiliki peran penting tubuh manusia. 

Salah satu peran utama kolesterol adalah sebagai bahan pembentuk membran sel. Membantu mempertahankan kekuatan fleksibilitasnya memungkinkan mempertahankan bentuk fungsi dengan baik juga berperan pembentukan hormon steroid, termasuk hormon seks.

Termasuklah seperti testosteron, estrogen, dan progesteron, tanpanya tubuh tidak dapat memproduksi hormon ini dengan efektif. Juga terlibat produksi asam empedu membantu pencernaan penyerapan lemak.

Asam empedu memecah lemak menjadi bagian kecil lebih mudah diserap oleh usus. Sehingga kolesterol membantu tubuh memperoleh nutrisi penting dari makanan yang Anda konsumsi. 

Mengontrol kolesterol tinggi dalam darah penting sekali karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit arteri koroner. Bisa juga membuat penumpukan plak di arteri menghambat darah meningkatkan risiko serangan jantung. 

Maka dari itu selalu jaga batas normal dan menghindari kelebihan dalam tubuh. Dalam menjaganya Anda dapat mengonsumsi makanan rendah, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan produk susu rendah lemak. 

Olahraga serta selalu menerapkan gaya hidup sehat juga dapat membantu menjaganya. Menyadari semua peran dapat meminimalisir pencegahan risiko cepat terkena penyakit jantung hingga stroke.

Inilah Makanan yang dapat Mengontrol Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan umum terjadi di masyarakat saat ini. Tingginya kadar dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga stroke. Dengan mengonsumsi makanan secara tepat bisa mengontrol kolesterol tinggi dalam darah.

  1. Konsumsi Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dan sawi hijau kaya akan serat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sayuran hijau juga mengandung senyawa dapat membantu mengikat kolesterol lalu membuangnya dari tubuh. 

Sayuran hijau memang dikenal sebagai makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan serat. Tidak hanya itu, juga dapat membantu mengontrol kolesterol tinggi di dalam tubuh. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli, dan kubis hijau mengandung serat sangat tinggi. 

Serat dalam sayuran hijau membantu menurunkan kadar jahat (LDL) di dalam tubuh, dengan cara mengikatnya dalam saluran pencernaan sehingga tidak diserap oleh tubuh. Bayam dan kale mengandung asam folat atau vitamin B9 sangat baik untuk kesehatan jantung. 

Asam folat membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah jika terlalu tinggi dapat merusak pembuluh darah. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli juga kaya akan vitamin K. Vitamin K memiliki peran penting dalam mengontrol kolesterol tinggi.

Alasannya karena membantu mengaktifkan protein lalu membantu mengatur keseimbangan kolesterol dalam darah. Sayuran hijau kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dalam pembuluh darah, sehingga memperburuk kondisi tinggi. Sayuran hijau juga mengandung sterol tumbuhan atau phytosterol, mirip dengan manusia, namun memiliki efek berbeda pada tubuh. 

Sterol tumbuhan membantu menurunkan kadar jahat dalam darah, dengan cara menghambat penyerapan di usus. Perubahan gaya hidup serta pola makan sehat ditambah olahraga secara teratur juga sangat penting untuk mengontrol kolesterol tinggi.

  1. Makan Selalu Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk, dan pisang mengandung serat yang larut dalam air, yang meSelain itu, buah-buahan juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi jantung dari kerusakmbantu mengurangi kadar jahat (LDL) dalam darah. an.

Apel mengandung serat pektin, dapat membantu menurunkan kadar dalam darah. Selain itu, apel juga kaya akan antioksidan dan vitamin C baik untuk kesehatan jantung. Di dalam jeruk ada flavonoid, sebagai antioksidan dapat membantu menurunkan juga. 

Jeruk juga kaya akan vitamin C dan folat, dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pir mengandung serat larut air dapat membantu mengontrol kolesterol tinggi dalam darah. Buah ini juga kaya akan antioksidan serta vitamin C.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini