Mengulas Hyperloop Konsep Teknologi Kecepatan Masa Depan

Nama Hyperloop baru-baru ini sangat hangat diperbincangkan oleh semua orang khususnya dunia teknologi canggih. Mengapa tidak, pembahasan mengenai teknologi percepatan dibidang transportasi masa depan sudah mulai dirancang sedari dini. Membuat semua orang bertanya-tanya apakah akan terealisasikan dengan benar atau tidak.

Baca juga : Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Pasti Keren!

Semakin maju perkembangan dunia, segala hal di dalamnya tidak akan lepas dengan urusan teknologi canggih. Menciptakan dan merealisasikan segala kebutuhan manusia agar semakin mudah melakukannya. Hingga sampai pada bidang sistem transportasi berkecepatan tinggi masal dengan penciptaan berbagai bentuknya.

Seperti sekarang ini, semua orang sedang membicarakan sebuah konsep kereta yang berbentuk kapsul canggih. Bagi beberapa orang mungkin belum mengenal atau mendengar istilah tersebut karena tidak pernah membahasnya. Tentunya akan membuat bingung semua orang, untuk itu pembahasan mengenai hal tersebut bisa menyimak ulasan berikut ini.

Seperti Apa Hyperloop dan Bagaimana Konsepnya ?

Seperti Apa Hyperloop dan Bagaimana Konsepnya ?

Istilah Hyperloop sendiri pertama kalinya dipaparkan oleh Elon Musk pada tahun 2012 yang menjelaskan tentang konsep transportasi berbentuk kapsul. Beliau menerangkan bahwa, konsep ini mampu bergerak secara elektromagnetis dalam kanal bertekanan udara rendah, sehingga mampu melaju sangat cepat. Secara luas, bahwa memakai kapsul ini akan mampu menempuh waktu 35 menit dalam jarak 350 mil (560 km) dengan rata-rata kecepatannya 600 mph atau 970 km/jam. 

Setara dengan jarak Jakarta-Yogyakarta hanya dalam 25 menit saja tidak terkena macet maupun lainnya. Dalam kapsul tersebut penumpang masing-masingnya jumlahnya bermuatan 28 orang saja. Jalurnya juga berupa jalur layang diatas pilar beton dan tidak akan meninggalkan jejak karbon. 

Dalam segi jalurnya terbuat dari pipa sepanjang jalur menuju tujuannya dan penggerak alatnya memakai kompresor. Tujuan dari kompresor untuk mengurangi udara dalam pipa agar kapsul bisa melaju tanpa hambatan. Selain itu, saat ini untuk proyek mengenai hal tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Sementara dalam tahap pengembangan, terdapat beberapa bentuk lain dari kapsul memanjang seperti peluru, berkepala ikan paus, dan lainnya. Setiap perusahaan pengembang berlomba-lomba untuk membuat desain yang sempurna layaknya desain awan putih bersih. Sebagai contoh perusahaan US bernama Hardt BV ditunjuk sebagai penyempurna desainnya dan beberapa perusahaan lainnya. 

Manfaat dan Potensi Hyperloop Bagi Kehidupan Manusia

Selain mengenal Hyperloop secara istilah sampai pada desainnya, kalian juga perlu mengetahui apa saja manfaatnya. Tentu manfaat utamanya adalah menawarkan kecepatan yang mampu membawa penumpangnya dari satu kota ke kota lain dengan waktu singkat. Mendapatkan efisien waktu menjadi pilihan nomor satu semua penumpang. 

Pertama, adanya transportasi canggih dan maju membuka peluang bisnis lebih besar. Walaupun membutuhkan sebuah dana besar untuk mengimbanginya dengan jumlah biaya ketika menaiki transportasi tersebut. Serta potensi bisnis bagi pengembang juga memerlukan biaya lain pembangunan jalur yang tinggi dan mahal. 

Kedua, manfaat bagi lingkungan karena memakai tenaga listrik yang tidak akan mengeluarkan emisi apapun. Ketiga, segi visualnya tidak akan kecewa karena tampilannya yang futuristik pereda penat ketika perjalanan panjang. Kemudian, selain manfaat terdapat potensi bisnis untuk kedepannya ketika terealisasikan secara benar. 

Perbedaan Hyperloop Dengan Kereta serta Cara Kerjanya

Perbedaan Hyperloop Dengan Kereta serta Cara Kerjanya

Kemudian ada perbedaan besar dari Hyperloop dengan kereta tradisional saat ini untuk kalian ketahui dari dua poin utama. Perbedaan ini menjadi salah satu alasannya untuk mengetahui perkembangan canggih teknologi masa kini dan manfaatnya. Selain itu juga perlu memahami bagaimana cara kerjanya yang akan kita ulas dibawah ini.

  1. Perbedaan Gesekan Jalur Pada Keduannya

Perbedaan pertama, dari segi gesekan saat perjalanan akan mengurangi gesekan karena udara telah dihilangkan. Saat membawa penumpang secara otomatis gesekan akan berkurang selama perjalanan serta menjadikannya bergerak cepat. Dibandingkan dengan kereta pada umumnya, gesekannya akan terasa sampai pada segi suara saat perjalanan. 

  1. Perbedaan Pada Alat Roda Bawah 

Perbedaan Kedua adalah pada Hyperloop pengembang merancangnya untuk mengambang di atas udara agar tidak memerlukan roda. Tujuannya sama, yaitu mengurangi gesekan dengan memakai pengangkat magnetic levitation. Kendaraan kereta ataupun kendaraan lainnya yang masih memakai roda jelas terasa sekali gesekan dan beban lainnya. 

  1. Cara Kerja Kendaraan Canggih Melalui 5 Hal

Cara kerja dari Hyperloop sendiri memiliki lima hal utama yang harus kalian ketahui agar dapat bekerja dengan baik. Lima hal utama akan kita bahas berikut ini secara ringkas dan tertuju pada poin-poin saja.

  • Pertama, kapsul penumpang tersebut cara kerjanya tidak didorong oleh tekanan angin pada tabung vakumnya, melainkan memakai dua motor elektromagnetik. Tujuannya adalah agar bergerak secara cepat perjam dan kilometernya setiap menempuh perjalanan. 
  • Kedua, pada segi lintasan tabungnya sendiri bertekanan rendah menjadi tidak sepenuhnya hampa udara. Desain depannya mempunyai kipas kompresor yang digunakan untuk mengalihkan udara itu sendiri ke bagian belakang. Sebagiannya lagi akan diarahkan menuju bantalan udaranya.
  • Ketiga, dalam proses desainnya juga lintasan tabung dirancang untuk tahan terhadap cuaca apapun termasuk pada gempa bumi. Sehingga, mampu menjaga keamanan penumpang sangat tinggi kapasitasnya. Selain itu juga mempermudah kendaraan mengisi ulang energi dan memanfaatkan tenaga surya alam secara terbuka.
  • Keempat, panel surya tersebut tempatnya berada pada tabung dan memberikan energi pada periode tertentu.
  • Kelima, dalam segi lahan Hyperloop tidak akan membutuhkan banyak lahan karena mampu membangunnya di atas jalan tol. Maka dari itu, tidak ada terjadi gangguan pada kendaraan jenis apapun yang memerlukan lahan besar. 
  1. Perbedaan Pada Wilayah untuk Keduanya

Pada segi wilayah, kendaraan ini akan sangat cocok dalam Indonesia karena tingkat kemacetan tinggi yang terjadi. Terutama pada wilayah kota besar dengan tingkat penduduknya sangat padat akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas. 

Pada kereta sendiri memang membantu juga untuk alternatif bagi kemacetan, namun belum bisa memberikan efektivitas pada waktu dan padatnya penumpang pada satu stasiun dan lainnya.

Beberapa penjelasan mengenai konsep kendaraan masa depan yang futuristik dengan kecepatan tinggi sangat memberikan gambaran bagus ke depannya. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini