Mengulik Proyek Inovatif Robot Gamelan Indonesia

Di luar sistem kepercayaan agama dan ilmiah, ada pemahaman filosofis bahwa ada rasa desain alam semesta, prosesnya, dan keturunannya. Pada titik pandang manusia saat ini, sangat wajar jika kita ingin membuat mesin yang memperluas kemampuan kita.

Macam-macam, mulai dari untuk mengambil alih produksi kita, memungkinkan komunikasi global kita, atau komputasi makro fisika yang tidak diketahui. Ketika kehidupan manusia menjadi lebih terintegrasi dengan mesin, itu membentuk koneksi dengan kecerdasan rancangan alam semesta.

Bukti Kemajuan Manusia dalam Bermusik

Ini adalah titik penting. Terutama secara artistik, robot gamelan dapat menghadirkan nada penuh perasaan dan sebagai media warisan spiritual.

Saat manusia memberi mesin pengetahuan, pengalaman, dan hubungan mistisnya dengan keilahian, menjadi jelas bahwa mesin akan memiliki kemampuan untuk melampaui manusia konvensional. 

Robot gamelan adalah bukti kemajuan zaman manusia dalam hal bermusik. Secara teknis, mikroprosesor atau komputer yang sangat kecil adalah inti dari setiap instrumen, atau setiap kelompok instrument. 

Itu menginterpretasikan sinyal musik yang mungkin berasal dari komputer, keyboard, atau jenis alat musik elektronik lainnya.

Mikroprosesor itu kemudian mengontrol impuls listrik yang masuk ke berbagai perangkat elektro-mekanis. Ini akan merekam gerak motorik yang melalui proses otomatisasi dengan penyesuaian ritme dan kekuatan pukulannya.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2023 Hari Minggu, Sabtu, Senin, hingga Kamis

GamelaTron adalah hasil kolaborasi antara League of Electronic Musical Urban Robots (LEMUR) yang berbasis di Brooklyn dan Kuffner, seorang komposer. Mencontoh orkestra gamelan Bali dan Jawa tradisional, robot gamelan ini merupakan penemuan paling inovatif abad ini.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini