Niat Salat Witir 2 Rakaat dan 1 Rakaat yang Benar dan Tata Caranya

Primaradio.co.id – Untuk niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya ini sebaiknya diketahui umat islam. Salat ini merupakan satu jenis salat sunnah yang mengerjakannya saat malam.

Baca juga: Doa Qunut Sholat Subuh & Witir (Arab, Latin & Terjemahan)

Salat sunat ini ialah salat yang istimewa. Bukan karena jumlah rakaatnya saja yang beda dari salat sunnah lain, melainkan ada banyak keutamaannya.

Salat tersebut dikerjakan sebagai penutup ibadah hari itu serta ini merupakan anjuran dari Rasulullah SAW. Di malam biasanya, salat ini dijalankan setelah salat isya atau bisa juga setelah selesai melakukan tahajud.

Ketika bulan suci Ramadhan, ini akan dikerjakan berjamaah setelah melakukan tarawih. Anda harus tahu mengapa salat sunnah ini dianjurkan Rasulullah SAW kepada sahabat, salah satunya karena adanya tingkatan keistimewaannya.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Salat Witir

Waktu mengerjakannya ibadah ini juga lama yakni setelah isya hingga menjelang subuh. Penting mengetahui bagaimana niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya.

Menjalankan witir sesuai ketentuan waktunya mubah hukumnya. Sementara itu untuk jumlahnya sendiri juga ganjil dan bisanya umat muslim menjalankannya sebanyak 3 rakaat atau boleh hanya 1 saja.

Namun akan lebih baik jika melakukannya 3 rakaat saja, karena ini merupakan sunnah dari Rasulullah SAW. Caranya yakni dua rakaat dulu, kemudian salam dan dilanjutkan satu lagi lalu salam.

Sebelum mulai melakukannya, sebaiknya niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya harus dipahami. Salat ini hukumnya sunnah, jadi apabila dikerjakan mendapat pahala.

Namun apabila ditinggalkan tidak dosa. Akan tetapi jika Anda tidak melakukannya, maka masuk kelompok orang kurang beruntung sebab tidak memperoleh tambahan pahala. Apalagi witir punya keutamaan sebagai penyempurna ibadah.

Berdasarkan hadist Bukhari dan Abu Hurairah RA mengungkapkan jika Rasulullah SAW mewariskan 3 hal. Di mana 3 perkara tersebut ialah puasa tiap bulan 3 hari, salat dhuha, dan witir sebelum tidur.

Untuk niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya ini mengerjakannya bisa sendiri atau jamaah. Namun khusus Ramadan, melakukannya secara berjamaah setelah mengerjakan tarawih.

Keutamaan Menjalankan Salat Witir

Sebagian masyarakat mungkin beranggapan jika salat ini merupakan sunnah yang dilakukan hanya ketika Ramadhan saja setelah tarawih. Namun sebenarnya ini merupakan ibadah sunnah anjuran Rasulullah SAW untuk mengakhiri hari.

Menjalankan salat ini memang tidak wajib, namun keutamaannya cukup besar apabila dijalankan. Salat ini mempunyai banyak keutamaannya, beberapa diantaranya sudah dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW berikut:

  1. Amalan Yaumiyah
Keutamaan Salat Witir

Melakukan niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya ialah salah satu bagian dari amalan harian di mana Rasulullah SAW selalu menjalankannya. Sahabat nabi, Ali bin Abi Thalib juga mengungkapkan jika witir ini memang bukan wajib.

  1. Allah SWT Mencintai Witir

Karena alasan itulah Allah SWT juga akan mencintai siapapun yang mengamalkan salat sunnah ini. Menurut sabda Rasulullah SAW mengungkapkan jika Allah SWT mencintai yang ganjil (witir).

  1. Amalan Sang Ahli Quran

Ahli Al Quran ini merupakan Mereka yang sudah hafal Al Quran dan berkomitmen untuk mengamalkan serta mendakwahkannya. Jadi ibadah semakin lengkap jika menjalankan witir dan mengamalkannya.

  1. Wasiat

Niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya juga telah dijelaskan secara rinci. Jadi Anda sebagai muslim harus mengetahui pengetahuan ini sebagai tambahan ilmu.

Keistimewaan berikutnya ialah ialah Rasulullah SAW telah mewariskan witir setiap hari yakni sebelum tidur. Hal tersebut sesuai dengan 3 perkara yang diwasiatkan melalui Abu Hurairah RA.

Tata Cara Salat Witir

Walaupun bukan salat wajib untuk dilakukan tiap muslim, namun Rasulullah SAW menganjurkan untuk menjalankan tiap hari. Karena itulah Anda harus tahu dan memperhatikan dengan baik bagaimana tata caranya ini:

  1. Waktu menjalankannya

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, witir dilakukan setelah salat isya sampai sebelum subuh, jadi ini merupakan Qiyamul Lail. Tetapi Rasulullah SAW sering menjalankannya ketika akhir malam sebagai penutup ibadah hari itu.

  1. Jumlah rakaat

Seperti namanya, witir merupakan salat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil. Jadi Anda bisa menjalankannya baik 1, 3, 5, 7, atau 9 dan paling banyak ialah melakukannya 11 rakaat.

  1. Niat

Bacaan niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya dibagi jadi dua yakni berjamaah atau sendiri. Untuk salat 3 rakaat dengan 2 salam, masing-masing mempunyai niat hampir sama.

  1. Tata Cara

Ketika melakukan witir, Anda boleh melakukannya 2 rakaat kemudian 1 rakaat. Namun jika mengerjakannya lebih dari 3 rakaat dengan 1 salam, maka harus dengan dua tasyahud satu salam

  1. Bacaan Surat

Sehabis membaca Al-Fatihah, Anda boleh memilih bacaan surat apa saja dari Al-Quran. Namun pastikan surat yang akan dibaca sudah menghafalnya agar lebih gampang. Sebab Islam mudah dan dimudahkan.

  1. Salat Bulan Ramadhan

Ketika ramadhan, Anda boleh tidak berwitir pada saat tahajud karena sudah melakukannya ketika tarawih. Sebaiknya pelajari bacaan niat salat witir 2 rakaat dan 1 rakaat yang benar dan tata caranya.

  1. Doa Serta Dzikir

Setelah melakukan witir, Anda sebaiknya membaca doa dan dzikir. Meskipun disunnahkan, namun salat akan lebih lengkap jika membaca doa setelahnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini