Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Legend yang Wajib Dicoba

Primaradio.co.id – Informasi mengenai oleh-oleh khas Surabaya paling legend tentu banyak dicari oleh kalian yang gemar melakukan traveling. Bicara seputar dunia traveling , tentu bisa diketahui jika Surabaya memang terkenal dengan berbagai macam kuliner dan oleh-oleh legend-nya.

Baca Juga : Inilah Bisnis Olahan Kurma yang Sangat Menjanjikan

Masuk ke dalam Ibu kota dari provinsi Jawa Timur, Surabaya adalah salah satu kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Memiliki banyak sekali destinasi wisata, Surabaya memang terkenal dengan banyak sejarah dan cerita legendanya.

Surabaya hingga saat ini banyak dikunjungi wisatawan karena beragam destinasi menariknya. Banyak tempat-tempat seru dan ikonik yang menyimpan banyak keindahan alam untuk dikunjungi.

Beberapa destinasi wisata dan oleh-oleh khas Surabaya paling legend yang bisa ditemukan di antaranya seperti Taman Mundu, Taman Pelangi, Taman Bungkul, serta masih banyak lagi lainnya.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Legend

Jika bicara oleh-oleh di kota Surabaya, maka di sini kalian tidak perlu bingung. Ada banyak rekomendasi oleh-oleh yang harus kalian kunjungi saat mampir di kota satu ini. Apa saja rekomendasinya yaitu sebagai berikut.

Sambal Bu Rudy

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Legend – Sambal Bu Rudy

Orang Surabaya mana yang tidak kenal dengan Sambal Bu Rudy. Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya paling legend yang dibuat dari sambal, membuat sambal ini  menjadi top oleh-oleh yang harus dicoba wisatawan.

Dikenal dengan rasa pedas yang sangat nampol dan nikmat, Sambal Bu Rudy saat ini juga memiliki banyak ragam varian. Dari banyaknya varian tersebut, salah satu yang paling laris adalah sambal bawang.

Jika kalian tengah berkunjung ke kota Pahlawan, maka sangat disayangkan jika tidak mencoba sambal satu ini. Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh ini, kalian bisa langsung berkunjung di 4 cabang Bu Rudy yang terbesar di Surabaya seperti:

  • Jalan Anjasmoro,
  • Pasar Atom Mall Lantai 4,
  • Jalan Raya Kupang Indah 5 Surabaya,
  • Jalan Dharmahusada

Spikoe Kuno Surabaya

Oleh-oleh khas Surabaya paling legend
Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Legend – Spikoe

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya paling legend yang harus kalian beli adalah Spikoe. Spikoe atau yang biasa dikenal orang-orang spiku merupakan salah satu jajanan kue kuno sejenis dengan bolu.

Masuk ke dalam daftar oleh-oleh legend, Spikoe kuno terkenal karena resepnya yang klasik sehingga masih layak dipertahankan hingga saat ini. Meski sudah belasan tahun lamanya, kue bolu satu ini hingga saat ini masih benar-benar direkomendasikan untuk dinikmati.

Bagi kalian yang belum pernah mencoba Spikoe, Spikoe dibuat ke dalam dua lapis di mana lapis coklat ada di bawah dan lapis kuning di atas. Dilengkapi dengan kismis, kalian juga bisa menemukan selai pada bagian tengah lapisannya.

Untuk cita rasanya, kue ini terasa legit dan cocok untuk dinikmati dengan teh atau kopi pada sore hari. Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh khas Surabaya paling legend satu ini, kalian bisa datang di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Surabaya.

Kue Kacang

Salah satu jajanan yang banyak dicari wisatawan asing saat datang ke Surabaya adalah kue kacang. Sebagian masyarakat Jawa Timur tentu sudah tidak asing dengan jajanan kue satu ini.

Dibuat dengan menggunakan bahan dasar kacang dan tepung terigu, biasanya kue kacang memiliki bentuk seperti koin dengan ketebalan yang lebih lebar. Saat kalian menggigit kue ini, maka akan terasa tekstur yang lembut dengan crunchy karena buliran kacang.

Oleh-oleh khas Surabaya paling legend satu ini cenderung memiliki rasa yang manis. Untuk bisa mendapatkannya, wisatawan dapat mengunjungi berbagai gerai atau toko pusat oleh-oleh di seluruh Surabaya.

Ikan Asap dan Ikan Panggang

Apabila di sini kalian adalah salah seorang penggemar ikan, maka Surabaya bisa di garansikan menjadi surganya. Saat berkunjung ke kota Pahlawan, kalian benar-benar dapat menemukan banyak olahan ikan yang bisa dibeli. 

Tidak perlu khawatir, setiap olahan ikan yang nanti kalian akan beli juga sudah divakum sehingga membuat olahan ikan tersebut awet dan terjaga dengan sangat baik. Untuk bisa mendapatkan berbagai olahan ikan, kalian cukup datang ke berkunjung ke Sentra Ikan Bulak.

Kerupuk Ikan

Masih berada di kawasan Surabaya bagian Utara, jika kalian datang ke daerah ini maka akan banyak aneka makan hasil olahan tangkapan laut yang ditemukan. Dari banyaknya olahan tersebut, salah satu yang direkomendasikan adalah kerupuk ikan.

Kerupuk secara langsung memang dapat ditemukan dengan sangat mudah karena berdekatan dengan kawasan pantai Kenjeran. Jika di sini kalian adalah penggemar kerupuk ikan, maka akan banyak varian yang ditemukan.

Beberapa varian ikan yang dijadikan kerupuk yaitu seperti ikan paus, ikan udang, ikan tenggiri, serta masih banyak lagi. Jika di sini kalian lebih senang dengan olahan yang masih mentah, maka wisatawan juga dapat membeli kerupuk yang masih mentah.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini