Penerapan Green Building di IKN Nusantara dan Penjelasannya

Primaradio.co.idPenerapan Green Building di IKN Nusantara sebenarnya menjadi tren beberapa tahun terakhir ini. Hal ini terutama sejak bumi mengalami pemanasan global. 

Baca juga : Mengenal Augmented Reality (AR) dan contoh Penerapannya

Inovasi Green Building ini lahir sebagai  salah satu solusi untuk membangun rumah atau gedung yang lebih ramah lingkungan. Konsep dari Green Building sendiri telah diterapkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Kenali Penerapan Green Building di IKN Nusantara

Kenali Penerapan Green Building di IKN Nusantara
Kenali Penerapan Green Building di IKN Nusantara

Tujuan dari Green Building untuk mencegah pemanasan global. Selain itu, juga berfungsi untuk membangun budaya dalam menjaga lingkungan di masyarakat. 

Bangunan ramah lingkungan (Green Building) adalah bangunan yang dibangun, dirancang, serta dioperasikan berdasarkan lingkungan hidup. Jadi bisa dikatakan tujuan utama dari konsep ini adalah keselamatan lingkungan dan alam. 

Dalam arti lain, bangunan hijau ini juga merupakan salah satu konsep arsitektur untuk membangun rumah. Hal ini untuk menghindari dampak negatif minimal terhadap lingkungan dan manusia.

Fokus Green Building

Dalam perkembangannya, konsep tersebut juga hanya berfokus pada pemanfaatan sumber daya alam yang ada secara efisien dan optimal, dan energi terbarukan. Selain itu, juga dapat meminimalkan penggunaan bahan-bahan yang tidak alami. 

Dari keberhasilan tersebut, tentunya akan mendorong pemerintah untuk bisa terus mengembangkan Ilmu Pengetahuan Nusantara. Hal ini dengan menerapkan konsep smart forest city hingga menerapkan Green Building pada bangunan-bangunan. 

Pemerintah Bertekad Mengedepankan Konsep Green Building 

Pemerintah Indonesia sendiri  juga bertekad untuk mengedepankan konsep Green Building dalam pembangunan infrastruktur pengembangan taman nasional nusantara. Pemerintah juga akan membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Hal ini tentunya untuk menerapkan konsep bangunan ramah lingkungan. Penerapan Green Building di IKN Nusantara nantinya juga akan fokus pada pengurangan emisi dan penggunaan energi terbarukan. 

Konsep Green Building

Penerapan Green Building di IKN Nusantara juga akan mengadopsi konsep desain Negeri Hutan Nusa itu sendiri. Ide ini sebenarnya bertujuan untuk mempertahankan 70% ruang hijau.

Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) akan mengikuti berbagai kontur dan struktur ruang  Kalimantan Timur yang cenderung lebih berbukit. Bangunan tersebut dirancang agar lebih selaras dengan alam dan vegetasi setempat.

Hal ini harus dijaga dengan minimal gangguan vegetasi, seperti tata letak vertikal bangunan guna menjaga keberadaan vegetasi dan arus air. Bangunan ini juga akan mengadopsi arsitektur biomimetik, menjadikan alam sebagai inspirasi dalam desain.

4 Manfaat dari Penerapan Green Building

4 Manfaat dari Penerapan Green Building
4 Manfaat dari Penerapan Green Building

Terdapat beberapa manfaat Penerapan Green Building di IKN Nusantara. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat Green Building, antara lain:

Meningkatkan kualitas hidup

Tujuan dan manfaat pembangunan Green Building untuk meningkatkan kualitas hidup Masyarakat. Lingkungan merupakan salah satu aspek penting yang berdampak pada kesehatan.

Oleh karena itu, bangunan hijau ini akan menghadirkan berbagai macam kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya. 

Menghemat sumber daya air dan biaya pengoperasian

Apabila bangunannya ramah lingkungan maka akses air akan jauh lebih efisien. Selain itu, konsep Green Building juga telah dilengkapi dengan panel surya yang menghemat biaya listrik.

Jadi biaya operasional sehari-hari juga akan menghemat 10% pada aspek listrik. Kehadiran panel surya ini nantinya akan mengurangi tagihan listrik suatu gedung dan berpengaruh besar dalam mengurangi biaya operasional.  

Mengurangi emisi karbon pada lingkungan

Kandungan karbon juga dapat berdampak pada kerusakan lingkungan atau biasa dikenal dengan pemanasan global. Penerapan Green Building di IKN Nusantara ini dapat menguranginya.

Hal ini karena emisi karbon yang berbahaya bagi bumi. Konsep Green Building ini juga dapat mengurangi kerusakan atmosfer dan lingkungan bumi.

Bangunan bertahan lebih lama

Keunggulan yang paling utama, yaitu penggunaan bangunan lebih awet dan tahan lama. Hal ini karena menggunakan bahan bangunan yang lebih berkualitas.

3 Implementasi dan Regulasi Bangunan Hijau di Indonesia

3 Implementasi dan Regulasi Bangunan Hijau di Indonesia
3 Implementasi dan Regulasi Bangunan Hijau di Indonesia

Dalam menerapkan Green Building ini terdapat beberapa standar item penilaian. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait standar penerapan Green Building di IKN Nusantara, antara lain:

Menggunakan energi secara ekonomis dan efisien

Green building nantinya akan melakukan optimalisasi  efisiensi  energi pada gedung, pemeliharaan gedung. Lalu adanya upaya pengurangan emisi energi yang dihasilkan disana sangat bermanfaat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini