Pengertian dan Jenis Metode KB Alamiah, Wajib Cek di Sini

Metode Fertility Awareness 

Sebagian besar dari kalian mungkin masih asing dengan fertility awareness atau natural family planning ini. Padahal ini juga termasuk ke dalam salah satu metode penekan kelahiran alami yang bisa seseorang lakukan dengan mencatat siklus menstruasi. 

Dari siklus menstruasi itulah bisa mengetahui kapan indung telur akan melepaskan sel telur di setiap bulannya. Apabila kalian ingin menggunakan cara alami ini, maka bisa menghindari melakukan hubungan seksual selama masa subur berlangsung. 

Melihat Kondisi Lendir Serviks 

Melihat Kondisi Lendir Serviks 
Melihat Kondisi Lendir Serviks

Cara berikutnya yang bisa kalian coba adalah melihat kondisi dari lendir serviks terlebih dahulu. Cara ini akan melibatkan pemantauan dari perubahan ciri lendir serviks atau lendir leher rahim pada wanita. 

Untuk melakukannya, maka bisa melakukan pemantauan secara rutin buat mengetahui karakteristiknya. Periode subur biasanya lendir berubah menjadi elastis, licin, bening serta mirip putih telur. 

Metode Withdrawal 

Metode Withdrawal 
Metode Withdrawal

Metode KB alamiah terakhir adalah metode withdrawal di mana bisa kalian lakukan dengan menarik penis dari vagina sebelum proses ejakulasi. Tujuannya adalah agar mencegah sperma mencapai sel telur. 

Alasan KB Alami Banyak Dipilih

Alasan KB Alami Banyak Dipilih
Alasan KB Alami Banyak Dipilih

Metode KB alamiah ini banyak pasangan pilih karena sejumlah alasan misalnya saja, karena metode kontrasepsi tidak mempunyai ukuran standar bagi semua orang. Terlebih lagi belum tentu penggunaan alat kontrasepsi cocok bagi semua orang khususnya ibu. 

Baca juga: Apakah Itu Virus Pneumonia beserta Penyebab dan Gejalanya

Bahkan sebagian besar orang terkadang juga kurang cocok dengan penggunaan KB pil, suntik ataupun IUD. Di mana ketika menggunakan salah satunya bisa menyebabkan masalah misalnya saja adalah nafsu makan menjadi berkurang sehingga berpengaruh terhadap ASI. 

Selain menggunakan alat kontrasepsi, untuk melakukan keluarga berencana juga bisa kalian lakukan dengan cara alamiah alias tanpa alat. Terdapat sejumlah metode KB alamiah yang bisa kalian coba sesuai dengan kebutuhan. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini