Pengertian dan Jenis Metode KB Alamiah, Wajib Cek di Sini

Ada beberapa cara KB yang bisa kalian pilih termasuk metode KB alamiah satu ini di mana terbilang cukup efektif. KB (Keluarga Berencana) merupakan salah satu program dari pemerintah di mana bertujuan untuk mengatur jumlah serta jarak kelahiran. 

Keberadaan dari program tersebut sangat penting mengingat masih banyak masyarakat yang cukup awam terkait dengan masalah anak. Terlebih lagi seorang wanita juga dilarang untuk hamil dalam jumlah banyak karena bisa meningkatkan berbagai risiko. 

Baca juga: Berikut Manfaat Bawang Putih yang Perlu Diketahui

Sekarang ini sudah tersedia banyak pilihan keluarga berencana yang bisa kalian dan pasangan pilih untuk mengatur jumlah anak. Selain menggunakan obat obatan ataupun peralatan medis, tidak sedikit masyarakat yang memutuskan menggunakan cara alami. 

Metode KB alamiah ini sendiri banyak pasangan pilih karena beberapa alasan, misalnya saja apabila kalian merasa takut dengan obat obatan ataupun suntik. Jadi keluarga berencana secara alami dapat menjadi pilihannya. 

Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis cara alami satu ini, maka kalian perlu buat menyimak penjelasan di bawah ini. Dengan begitu dapat kalian gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakan metode alami atau tidak. 

Pahami Pengertian dari KB Alamiah 

Pahami Pengertian dari KB Alamiah 
Pahami Pengertian dari KB Alamiah

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai jenis metode KB alamiah, maka perlu mengetahui pengertian dari KB (Keluarga Berencana) dahulu. Berdasarkan dengan UU Nomor 10 1992 mengenai perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, KB merupakan upaya buat meningkatkan kepedulian serta peran masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan. 

Di samping itu, juga mengatur mengenai angka kelahiran, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, pembinaan ketahanan keluarga sekaligus bahagia serta sejahtera. Ini juga termasuk ke dalam program pemerintah di mana berguna buat menyeimbangkan kebutuhan dan jumlah pendudukan. 

Sebagai informasi tambahan bahwa gerakan tersebut juga sudah dianggap oleh dunia sebagai suatu program di mana dapat menurunkan angka kelahiran berarti. Adapun proses penekanan jumlah kelahiran tersebut dapat kalian lakukan dengan beberapa cara. 

Salah satu cara yang semakin banyak dipilih oleh masyarakat adalah penggunaan dari metode KB alamiah satu ini. Keberadaan dari penekan angka kelahiran ini pun sangat cocok bagi semua orang termasuk bagi kalian di mana takut terhadap obat ataupun suntikan. 

Adapun pengertian dari KB alami merupakan cara kontrasepsi yang memanfaatkan adanya sifat alami di dalam tubuh. Di mana dalam praktiknya tidak menggunakan obat ataupun alat tertentu. 

Bagi kalian para pasangan di mana ingin menghindari efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi mulai dari suntik, pil ataupun spiral, maka cara alami ini adalah solusi paling tepat. Tetapi, kalian perlu memahami bagaimana caranya dengan tepat. 

Bagaimana Melakukan Metode KB Alamiah? 

Bagaimana Melakukan Metode KB Alamiah? 
Bagaimana Melakukan Metode KB Alamiah?

Sampai di sini, kalian pastinya semakin penasaran dengan penggunaan metode KB alamiah ini bukan? Seperti sudah diketahui bahwa mencegah kehamilan sendiri bukan berarti harus memanfaatkan alat kontrasepsi tetapi juga tanpa alat. 

Seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa penggunaan dari KB dengan cara alami ini dapat memberikan sejumlah keuntungan. Jika kalian para pasangan tertarik menerapkannya, maka dapat menyimak beberapa tips di bawah ini: 

Metode Kalender 

Metode Kalender 
Metode Kalender

Pilihan dari metode KB alamiah pertama adalah metode kalender untuk melakukan pemeriksaan masa subur. Jika ingin menggunakan cara ini, maka sebaiknya harus memahami siklus menstruasi setidaknya selama siklus sebelumnya. 

Cobalah menandai hari pertama saat haid sebagai hari pertama dari siklus menstruasi. Berikutnya dapat melakukan hal sama setiap kali kalian mengalami datang bulan. 

Berikutnya dapat menghitung jumlah hari dari pertama siklus sebelumnya serta hari pertama siklus sekarang. Secara umum, menstruasi dari wanita dapat terjadi setiap 28 hari sekali. 

Jika ingin memahami kapan sudah memasuki masa paling subur, maka silahkan simak beberapa hal berikut ini: 

  • Kalian dapat mencari siklus paling pendek di mana pernah dialami 
  • Mengurangi 18 dari total jumlah hari ketika siklus terjadi 
  • Apabila sudah berhasil dalam memperoleh pengurangannya, maka tandai hari berdasarkan angka hasil pengurangan dengan angka X
  • Hari yang sudah kalian tandai dengan tanda X merupakan hari pertama dari masa subur dari setiap siklus 

Metode Cek Suhu Basal Tubuh 

Metode Cek Suhu Basal Tubuh 
Metode Cek Suhu Basal Tubuh

Jenis metode KB alamiah berikutnya adalah memeriksa suhu basal dari tubuh. Suhu dalam tubuh sendiri biasanya dapat berubah sepanjang siklus menstruasi tersebut berlangsung. 

Pada awal siklus, biasanya suhu tubuh akan lebih rendah dibandingkan masa ovulasi yang tinggi. Adapun proses pemeriksaan dari suhu basal bisa kalian lakukan setiap hari dan hasilnya bisa dicatat melalui tabel fertility awareness dari dokter atau pun rumah sakit. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini