Penggunaan Skuter Listrik untuk Mengurangi Beban Lingkungan

Merupakan kabar baik bahwa skuter listrik atau e-scooters, telah menjadi lebih umum di kota-kota besar dan kecil di beberapa negara dalam beberapa tahun terakhir. 

Jenis mobilitas mikro yang relatif baru ini dapat membantu memperlancar lalu lintas, meningkatkan kesehatan dan kualitas udara, serta menyediakan sarana transportasi yang menyenangkan dan terjangkau.

Baca juga: Mengenal Sistem Kerja Pembersih Udara dan Manfaatnya

Kendaraan ini kenyataannya sudah menjadi bentuk transportasi yang ramah lingkungan, namun sebenarnya bisa melakukan lebih dari itu.

Jumlah bahan bakar fosil yang digunakan sepanjang siklus hidup dan operasionalnya dapat dikurangi dengan beralih ke kendaraan listrik untuk menyeimbangkan kembali dan memilih energi terbarukan.

7 Keuntungan yang Ditawarkan Mengendarai Skuter Listrik

7 Keuntungan yang Ditawarkan Mengendarai Skuter Listrik
7 Keuntungan yang Ditawarkan Mengendarai Skuter Listrik

Kini, kendaraan ini menjadi standar transportasi perkotaan kontemporer di tempat-tempat seperti Santiago, Seoul, Madrid, San Francisco, dan banyak lagi. Banyaknya keuntungan dalam penggunaannya menjadi satu-satunya alasan terjadinya tren ini. 

Namun, banyak orang tampaknya tidak yakin dengan manfaat yang diklaim tersebut. Padahal, menggunakan moda transportasi ini selama dua tahun akan mengurangi rata-rata emisi siklus hidup secara signifikan, sebab:

Sederhana, Praktis dan Aman Digunakan

Sederhana, Praktis dan Aman Digunakan
Sederhana, Praktis dan Aman Digunakan

Ada risiko yang terkait dengan moda transportasi apa pun. Di sisi lain, skuter listrik mungkin merupakan pilihan paling aman jika dibandingkan dengan transportasi portabel lainnya seperti bersepeda dan sepatu roda. 

Selain itu yang kalian perlukan untuk mengoperasikannya hanyalah sedikit atau tanpa keahlian hanya keseimbangan. Bagi individu yang ingin bepergian tanpa mengkhawatirkan keselamatan, ini adalah pilihan yang mudah.

Kendaraan tertentu memiliki fitur tambahan yang dirancang dengan mempertimbangkan kesejahteraan pengguna. Secara khusus, hal ini telah dibuat untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna. 

Dengan sistem pengereman yang kokoh, suspensi, pencahayaan sekitar LED dan alas tiang anti selip, kehadiran skuter listrik dari berbagai merek menjamin pengendaraan yang mulus dan aman setiap saat.

Kompak dan Mudah Diangkut

Meski memiliki komponen kelistrikan dan mekanik, kendaraan ini ringan dan mudah dilipat. Karena mudah dibawa, kalian dapat menyimpannya di rumah atau di bagasi.

Selain itu, kalian dapat membawanya ke mana pun kalian pergi dan membuka lipatannya dengan mudah saat diperlukan. Semua skuter listrik dilengkapi mekanisme pelipatan satu langkah yang nyaman bagi pengguna yang ingin menggunakan skuter elektroniknya di angkutan umum.

Umumnya Ramah Lingkungan

Umumnya Ramah Lingkungan
Umumnya Ramah Lingkungan

Manfaat lingkungan dari memiliki kendaraan ini terlalu banyak untuk dimasukkan dalam daftar manfaatnya. Banyak orang mencari cara untuk mengurangi dampak lingkungan di era perubahan iklim ekstrem ini yang mungkin melibatkan peralihan ke bentuk transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu pilihan paling ramah lingkungan yang tersedia saat ini adalah skuter listrik. Selain tidak menghasilkan emisi, transportasi pribadi jenis ini juga mengonsumsi lebih sedikit listrik. 

Kira-kira hanya membutuhkan seperempat energi dari mobil atau SUV, sehingga lebih efektif dalam menggerakkan penumpang. Kemudian selama dua tahun terakhir, teknologi ini telah mengalami kemajuan signifikan, sehingga meningkatkan keramahan lingkungan.

Biaya Operasional Minimal

Skuter listrik adalah yang paling hemat biaya dalam hal biaya operasional. Jika dibandingkan dengan moda transportasi lain, biaya pengoperasiannya cukup rendah. 

Skuter ini dapat membawa Kalian cukup jauh hanya dengan sedikit listrik. Selain itu, baterainya dapat dengan mudah diisi ulang di rumah atau di stasiun pengisian daya. 

Kemudian biaya penggunaannya jauh lebih murah dibandingkan menggunakan angkutan umum. Ini adalah pilihan dengan harga terjangkau untuk perjalanan sehari-hari ke mana pun.

Ideal untuk Jarak Pendek

Ideal untuk Jarak Pendek
Ideal untuk Jarak Pendek

Meskipun kendaraan ini memiliki jangkauan yang lebih pendek dibandingkan kereta atau bus, namun tetap ideal bagi pengguna yang sering melakukan perjalanan jarak dekat. 

Hal ini dapat memerlukan perjalanan beberapa kilometer untuk berangkat kerja atau bertemu teman yang tinggal di subdivisi berbeda.

Skuter listrik juga lebih nyaman digunakan untuk mengambil jalan pintas dan melewati zona terlarang bagi mobil dan kendaraan lain. 

Sungguh jauh lebih cepat dan lebih murah untuk digunakan dalam jarak pendek dibandingkan sepeda roda tiga atau alternatif lainnya.

Mampu Menghindari Kemacetan

Dengan sedikit tenaga, pengendara dapat menempuh jarak beberapa kilometer berkat kemajuan teknologi mesin dan baterai. Karena ukurannya yang kecil, skuter ini memungkinkan penggunanya memanfaatkan jalur bebas lalu lintas, seperti trotoar dan jalur sepeda. 

Hal ini sangat berguna di wilayah seperti Jakarta, Surabaya, Malang dan kota-kota besar lain di mana kemacetan lalu lintas terjadi hampir setiap hari.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini