Pentingnya Memiliki BPKB Elektronik untuk Kendaraan di Indonesia

BPKB Elektronik merupakan dokumen penting dalam sebuah kendaraan. Bukan hanya seputar SIM, STNK, namun juga terdapat BPKB Elektronik yang menjadikan lengkap nya dokumen sebuah kendaraan. 

Baca juga: Mengenal Kereta Cepat Jakarta-Bandung? Ini Jawabannya

BPKB memiliki bentuk yang hampir mirip dengan paspor elektronik dibandingkan dengan KTP atau SIM itu sendiri. Ada berbagai keunggulan jika kalian memiliki BPKB ini, berikut di bawah penjelasan lengkapnya untuk pemilik kendaraan.

Pengertian BPKB Elektronik

Pengertian BPKB Elektronik
Pengertian BPKB Elektronik

Dokumen ini tentunya berbentuk elektronik bukan lagi seperti buku yang terkesan konvensional. BPKB kedepannya juga akan memiliki teknologi chip, arsip secara digital, dan berbentuk dalam aplikasi.

BPKB atau kepanjangan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor merupakan dokumen kepemilikan seseorang sebagai tanda bukti bahwa benar-benar memiliki kendaraan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan bukti asli kepemilikan kendaraan.

Selain itu juga sebagai antisipasi dalam adanya penipuan yang bisa dilakukan sewenang-wenang. Kedepannya gagasan BPKB Elektronik ini akan terhubung dengan sistem data tunggal yang dimiliki oleh Korlantas Polri dan berbagai pihak terkait lainnya.

Dengan adanya buku kepemilikan ini diharapkan proses administrasi kendaraan juga akan menjadi lebih mudah sehingga lebih efektif dan efisien. Proses mutasi dapat dilakukan dengan singkat dan mudah hanya memakan waktu sebesar 1 hingga 2 bulan.

Keuntungan Memiliki BPKB Elektronik

Keuntungan Memiliki BPKB Elektronik
Keuntungan Memiliki BPKB Elektronik

Mempunyai buku kepemilikan elektronik kendaraan akan memberikan sejumlah manfaat bagi pemiliknya. Berikut ini di bawah beberapa keunggulan yang bisa kalian dapatkan diantaranya yaitu sebagai berikut:

Lebih modern dan tidak terkesan konvensional

BPKB sebelum diluncurkan versi elektronik terkesan lebih ribet dan konvensional. Hal ini akan memberikan kesan konvensional yang belum mengikuti perkembangan zaman sekarang. Namun degan munculnya BPKB Elektronik memberikan banyak kepraktisan yang dapat dirasakan pengguna.

Jika pada era dulu, buku menjadi prioritas dalam pembuatan sebuah dokumen sekarang dengan perkembangan zaman yang semakin canggih tergantikan dengan sistem. Salah satunya dengan pemanfaatan dokumen elektronik mampu memberikan kemudahan dan kepraktisan untuk pengguna.

Teknologi chip sebagai inovasi baru

Inovasi baru datang dengan buku kepemilikan kendaraan dilengkapi dengan teknologi baru bernama chip. Ekosistem teknologi berisi chip, arsip digital, serta aplikasi yang memberikan informasi kendaraan hingga mempermudah akses.

Penggunaan chip ini tentunya membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dan jeli. Sebab jika hal ini tidak dilakukan maka akan mengakibatkan kerusakan pada chip sehingga informasi kendaraan juga tidak dapat dilihat dengan jelas.

Memiliki integrasi dengan stakeholder

Seperti pada poin pertama BPKB Elektronik dilengkapi dengan chip, hal ini juga akan saling terintegrasi dengan single data. Artinya semua informasi yang terjadi dalam BPKB akan lebih mudah diketahui oleh banyak pihak.

Banyaknya stakeholder atau pihak-pihak terkait seperti pegadaian, perbankan, hingga industri keuangan akan tergabung dalam single data buku kepemilikan kendaraan secara elektronik. Integrasi ini akan memberikan efektifitas dari segi waktu.

Integrasi selama 2 bulan lebih singkat dibandingkan sebelum adanya inovasi secara elektronik ini. Melalui BPKB Elektronik pengurusan dalam segi dokumen dan administrasi hanya memerlukan waktu satu hari saja. Sangat efektif dan efisien dari sudut pandang banyak pihak.

Mengurangi adanya tindak kriminalitas

Dengan adanya buku kepemilikan kendaraan secara elektronik akan menekan pelanggaran yang sering digunakan oleh sebagian orang. Misalnya untuk kepentingan pembayaran cicilan, pemalsuan data, hingga duplikasi pesan kendaraan.

Semua kegiatan dapat terdeteksi dengan cukup mudah karena adanya sistem tunggal pengelolaan data. Tindakan kriminalitas dapat diminimalisir bahkan bisa tidak ada untuk kedepannya nanti.

Ramah Lingkungan

Keunggulan berikutnya dari pemakaian BPKB secara elektronik yaitu lebih ramah lingkungan. Hal ini bisa dilihat jika menggunakan secara konvensional dalam artian bentuk buku akan menambah sampah kertas dan tidak ramah lingkungan.

Penggunaan kertas untuk dokumen ini bisa dikurangi. Langkah positif dalam upaya pelestarian lingkungan serta mengurangi adanya penebangan pohon untuk bahan baku pembuatan kertas itu sendiri. Dengan adanya proses digitalisasi juga mengurangi jejak karbon yang dihasilkan saat produksi.

Kemudahan Akses

Semua hal yang diubah menjadi elektronik dan terintegrasi dengan dunia maya jauh lebih memberikan kemudahan dibandingkan tidak sama sekali. Contohnya BPKB Elektronik memungkinkan kalian untuk mengakses dan mengelola data kendaraan kapanpun dan dimanapun.

Dengan adanya aplikasi mobile atau platform online semua informasi bida didapatkan dengan mudah dan cepat. Hal ini akan memberikan kemudahan juga dalam proses pengurusan administrasi menjadi efektif dan efisien.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini