Pentingnya Memiliki BPKB Elektronik untuk Kendaraan di Indonesia

Proses Pembuatan BPKB Elektronik

Proses Pembuatan BPKB Elektronik
Proses Pembuatan BPKB Elektronik

Setelah mengetahui manfaat atau keunggulan dari adanya buku kepemilikan kendaraan elektronik, ketahui juga proses pembuatannya. Berikut ini di bawah beberapa alur atau langah-langkah dalam pembuatan buku elektronik kepemilikan kendaraan kalian, diantaranya yaitu:

Mengunjungi Kantor Direktorat Lalu Lintar terdekat

Jika kalian ingin mengubah BPKB konvensional yang berbentuk buku itu menjadi elektronik, langkah pertama yaitu mendatangi Ditlantas. JanganĀ  lupa untuk membawa berkas atau dokumen yang dibutuhkan.

Mengisi form yang disediakan

Langkah berikutnya yaitu kalian akan diarahkan untuk mengisi formulir secara elektronik. Bukan lagi menggunakan kertas atau sejenisnya yang tidak ramah lingkungan tersebut, melainkan sudah serba elektronik. Kalian cukup mengisi pada form yang disediakan.

Kalian akan diminta mengisi Nomor Induk Kependudukan atau disingkat dengan NIK yang tertulis pada KTP masing-masing. Jika pada isian Nomor Induk Kependudukan (NIK) ini benar maka data pada kolom lainnya terisi secara otomatis. Cukup mudah dan praktis untuk langkah-langkahnya.

Ambil BPKB

Langkah terakhir jika sudah melewati tahap-tahap sebelumnya, yaitu kalian tinggal menunggu buku kepemilikan kendaraan selesai dibuat. Caranya cukup mencetak formulir elektronik yang sudah kalian isi dan menyerahkan kepada petugas di loket pembayaran.

Jika telah dilaksanakan semuanya, kalian tinggal mengambil BPKB Elektronik tersebut. Dan buku kepemilikan kendaraan sudah jadi bisa kalian gunakan untuk kepentingan yang bijak tentunya.

Baca juga: Inovasi Teknologi Kendaraan Otonom Layak untuk Ditunggu

Peralihan dari buku kepemilikan kendaraan dalam bentuk konvensional menjadi BPKB Elektronik cukup mudah untuk langkah-langkahnya. Keunggulan yang bisa didapatkan baik dari segi waktu, biaya, hingga keramahan lingkungan cukup baik untuk dilakukan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini