Perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier Alat yang Penting Saat Ini

Primaradio.co.idAda beberapa perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier yang perlu kalian ketahui, sebab banyak orang yang menganggap jika keduanya memiliki fungsi serupa. Meski bukan termasuk ke dalam kebutuhan utama, namun memiliki penyaring udara dalam ruangan terbilang penting.

Baca juga : Perbedaan Masjid, Musala, Surau dan Langgar

Apalagi jika tinggal di daerah perkotaan, daerah tersebut memiliki tingkat polusi yang tinggi sehingga disarankan agar menggunakan alat penyaring udara. Kini banyak alat penyaring udara dari berbagai merek dan harga, sehingga dapat kalian sesuaikan dengan budget.

Namun apakah kalian mengetahui apa perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier, fungsi masing-masing alat tersebut. Terdapat perbedaan diantara keduanya, serta kalian perlu mengetahuinya agar dapat menggunakan alat sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. 

Dengan memasang alat penyaring udara dalam ruangan, maka kotoran dan polutan yang secara tidak sengaja masuk ke dalam ruangan bisa tersaring dan tidak terhirup. Tentu saja kesehatan juga bisa terjaga dengan baik, serta banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan.

Inilah Perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier

Inilah Perbedaan <yoastmark class=

Bagi kalian yang belum mengetahui apa perbedaan antara air purifier dan humidifier, maka kita akan menjelaskan melalui segi fungsi, durasi pemakaian, cara kerja, juga kebutuhan air. Jika mengetahui perbedaan keduanya, maka bisa menentukan mana alat yang dibutuhkan.

Segi Fungsi

Purifier memiliki fungsi utama yaitu membersihkan udara sekitar, menghilangkan debu, virus, bakteri serta polusi. Sedangkan humidifier berfungsi menambah dan menjaga kelembapan, sehingga cocok digunakan jika tinggal di tempat dengan suhu panas juga kering.

Itulah perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier berdasarkan fungsinya, masing-masing alat memang memiliki pengaruh terhadap udara sekitar. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian, karena masing-masing alat memiliki fungsi berbeda namun tetap berdampak positif bagi kesehatan.

Durasi Pemakaian

Berdasarkan durasi pemakaian, purifier memiliki durasi pemakaian cukup lama sekitar 30 sampai 120 menit. Sehingga bisa menggunakannya untuk beberapa jam, kemudian jika udara sekitar sudah terdeteksi cukup bersih, kalian bisa mematikannya sementara.

Untuk penggunaan humidifier, tidak ada durasi pemakaian yang pasti karena kalian hanya perlu menyesuaikan saja dengan suhu serta ketersediaan cairan dalam alat. Semakin tinggi suhu ruangan, maka cairan dalam alat menjadi lebih cepat habis.

Cara Kerja

Perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier selanjutnya terletak pada cara kerjanya, purifier bekerja dengan cara menyedot udara dalam ruangan, lalu menyaringnya dan disemprotkan kembali ke seluruh ruangan.

Sedangkan humidifier bertugas menjaga kelembapan, caranya dengan mengubah air di alat menjadi uap, nantinya uap tersebut akan disemprotkan ke seluruh ruangan. Udara yang berasal dari humidifier akan terasa segar serta sejuk, sehingga melembapkan udara sekitar.

Kebutuhan Air

Purifier hanya menyaring udara sekitar dan dikeluarkan kembali dalam keadaan lebih bersih, maka dari itu alat ini tidak membutuhkan air saat kalian menyalakannya. Sedangkan humidifier membutuhkan air, karena alat ini akan menyemprotkan uap ke seluruh ruangan.

Kapasitas humidifier berbeda-beda, kapasitas paling banyak adalah 3 liter sehingga tidak perlu sering-sering menambahkan air ke alat ini.  

4 Manfaat Air Purifier dan Humidifier bagi Kesehatan

4 Manfaat <yoastmark class=

Dengan mengetahui perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier, kalian akan menyadari jika kedua alat ini memberikan dampak positif bagi kesehatan. Terutama bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit yang menyerang pernapasan, tentu akan sangat terbantu dengan kedua alat ini.

Mengurangi Gejala Alergi

Alergi lebih mudah muncul apabila kualitas udara sekitar tidak cukup baik, debu, polusi hingga bakteri yang beterbangan tentu saja bisa memicu munculnya alergi. Namun jika kualitas udara lebih bersih, tentu saja pernapasan menjadi lebih sehat.

Dengan adanya purifier dalam ruangan, maka debu, bulu binatang, serbuk sari, yang biasanya menjadi pemicu alergi bisa kalian cegah. Udara kotor akan diserap oleh alat ini, dan yang kalian hirup hanyalah udara dengan kualitas lebih baik serta bersih.

Mencegah Eksim

Dengan mengetahui perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier, maka kalian juga bisa memahami jika alat ini bisa mencegah eksim. Salah satu penyakit yang menimbulkan ruam merah juga gatal ini, biasanya muncul karena debu yang menempel pada kulit.

Melembabkan 

Kelembapan yang terlalu kering tidak baik bagi kesehatan, karena bisa menimbulkan penyakit seperti iritasi, hingga sulit bernapas. 

Pada umumnya kelembapan udara yang normal berada diantara 30 sampai 50%, jika kelembapan udara berada dibawah 30%, maka bisa menimbulkan beberapa penyakit.

Mencegah Pilek Asma dan Sinus

Bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit pernapasan, seperti pilek, asma dan sinus, maka kita sarankan agar menggunakan alat penyaring atau kelembapan udara tersebut. Udara kotor tentu tidak baik bagi kesehatan, serta jangan sampai memancing munculnya gejala penyakit.

Bahkan terbukti jika anak-anak yang memiliki riwayat asma, dan menggunakan purifier selama 3 minggu mengonsumsi obat lebih sedikit. Penting untuk mengenal perbedaan Air Purifier dan Air Humidifier, agar kalian bisa memilihnya secara sesuai.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini