Percepat Skripsi, Gunakan 10 AI untuk Cari Jurnal Akademis

7. Semantic Scholar

Kebanyakan orang mengenal AI untuk cari jurnal akademis yaitu Google Researcher, yang membuat daftar distribusi akademis dengan memanfaatkan kemampuan mesin pencari web Google.

Namun, jika kalian melakukan penelitian ilmiah, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan Semantic Scholar.

Alat pencarian bertenaga AI ini, yang dikembangkan oleh kolaborasi penerbit, pemasok data, dan pengguna online, memungkinkan kalian melacak lebih dari 200 juta makalah akademis.

8. Trinka

Trinka adalah pemeriksa struktur kalimat dan korektor bahasa online yang dirancang untuk digunakan dengan teks akademis. 

AI untuk cari jurnal akademis dapat mendeteksi dan memperbaiki kesalahan yang terlewatkan oleh pemeriksa tata bahasa lainnya, seperti kesepakatan subjek-kata kerja, sintaksis, pilihan kata, penggunaan kata ganti dan artikel, serta ejaan teknis.

AI ini juga berisi tulisan profesional, penggunaan istilah teknis, keringkasan yang melampaui sintaksis dan ejaan, serta aturan gaya lainnya.

9. SciSpace

SciSpace adalah platform bertenaga AI yang memungkinkan pengguna membaca, memahami, dan menyumbangkan publikasi ilmiah.

Basis data besar yang dapat dicari dengan sekitar 270 juta artikel, penulis, subjek, jurnal, dan konferensi. SciSpace juga memiliki banyak pilihan template kertas, pilihan opsi harga, dan layanan lainnya untuk membantu pengguna menyelesaikan pencetakan lebih cepat.

10. OpenRead

AI untuk cari jurnal akademis adalah platform interaktif bertenaga AI yang memungkinkan pengguna mengatur, berinteraksi, dan menganalisis beragam jenis literatur, seperti esai, jurnal, dan materi penelitian.

Platform ini mencakup sistem tanya jawab yang merespons pertanyaan mengenai makalah dengan cepat dan fungsi Paper Espresso, yang membantu peneliti dalam menulis tinjauan literatur lebih cepat dengan mencerna publikasi.

Peran Ai dalam Dunia Pendidikan

Pertimbangkan pentingnya AI dalam dunia pendidikan. Penerapan AI untuk mendukung pembelajaran memberikan kemudahan yang sebanding dengan penggunaan teknologi pendidikan jenis sebelumnya.

Pada dasarnya, penerapan AI dalam pendidikan adalah untuk menciptakan kemungkinan bagi siswa menyerap pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat spesifik mereka.

Jenis personalisasi pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan dan tingkat keterampilan mereka sendiri.

Manfaat Ai dalam Dunia Pendidikan

Manfaat Ai dalam Dunia Pendidikan
Manfaat Ai dalam Dunia Pendidikan

Salah satu keunggulan AI untuk cari jurnal akademis adalah kemampuannya merancang dan menyediakan konten pembelajaran yang cerdas, mudah beradaptasi, dan dipersonalisasi. 

Peran kecerdasan buatan adalah mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data tentang siswa, seperti profil pembelajaran, preferensi, kemajuan pembelajaran, dan kebutuhan pembelajaran, guna mengembangkan konten pembelajaran yang sesuai dengan kriteria tersebut. 

Berdasarkan informasi tersebut, kecerdasan buatan (AI) akan membuat konten pembelajaran (smart content) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa.

Artificial Intelligence tidak hanya dapat dipersonalisasi, namun juga dapat memberikan pembelajaran interaktif, memberikan umpan balik, dan melacak kemajuan pembelajaran siswa. 

Memang benar, menggunakan AI dalam pembelajaran melibatkan pemberian rekomendasi materi belajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa.

 AI Untuk Cari Jurnal Akademis Memudahkan Kita

Berdasarkan uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa AI merupakan salah satu teknologi pembelajaran yang memudahkan dunia pendidikan.

Misalnya penerjemah presentasi dapat meningkatkan aksesibilitas dan inklusi pembelajaran, menghilangkan hambatan bahasa, dan mendorong komunikasi yang lebih efektif antara guru dan siswa multibahasa dalam situasi pendidikan global.

Wajar jika kalian merasa khawatir dengan kemajuan Kecerdasan Buatan, apalagi kita belum mengetahui banyak tentangnya.

Namun, fungsi guru sebagai pengajar manusia tidak dapat digantikan oleh kecerdasan buatan (AI) karena kita tetap perlu memberikan arahan, pengawasan, dan dukungan emosional kepada siswa. 

Peran AI dalam pembelajaran hanya sebatas membantu dan mendukung guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, serta memperkaya pengalaman belajar siswa.

Bagaimanapun, kehadiran AI tidak bisa dipungkiri. Selain pendidikan, sektor apa saja yang membutuhkan kecerdasan buatan? 

Baca juga: Kelebihan ISP Internet Service Provider Perlu Kalian Ketahui

Selain AI untuk cari jurnal akademis, Ai juga mempengaruhi teknologi informasi, otomasi industri, jasa keuangan, perdagangan dan e-commerce, kesehatan, transportasi, dan layanan publik. Kalau sudah begitu, bagaimana kita menyikapinya?

 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini