Perkembangan Sinyal dari 1G sampai 5G, Wajib Tahu

  1. Jaringan 5G

Jaringan 5G merupakan nama yang dipakai dalam beberapa makalah penelitian. Serta proyek untuk menunjukkan fase utama selanjutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi 4G, efektif sejak 2011.

Kini jaringan 5G bukan lagi istilah resmi yang dipakai untuk spesifikasi tertentu. Atau bisa dibilang dokumen resmi belum diumumkan oleh perusahaan telekomunikasi. Rilis standar baru di luar 4G sedang berlangsung. 

Kemampuan Jaringan dari 1G sampai ke 5G

Kemampuan Jaringan dari 1G sampai ke 5G

Pada pembahasan terakhir ini, kita akan bahas tentang kemampuan dari masing-masing jaringan. Berikut ini beberapa kemampuan dari tiap jaringan yang wajib Anda ketahui, antara lain seperti :

  1. Jaringan 1G

Bila tadi kita telah membahas perbedaannya, kini kita akan bahas kemampuan jaringan dari 1G sampai ke 5G. Pertama jaringan 1G, kemampuan jaringan 1G hanya bisa melayani komunikasi suara.

Jadi dia tidak bisa melayani komunikasi data dalam kecepatan yang tinggi dan juga besar. Berbeda dengan jaringan generasi yang setelahnya. Hal tersebut mungkin karena masih generasi awal.

  1. Jaringan 2G

Jaringan 2G selain dipakai untuk komunikasi suara. Jaringan ini juga bisa untuk SMS, call waiting, voice mail, serta transfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps. 

Kelebihan 2G selain layanannya lebih baik, kapasitasnya juga lebih besar. Perbaikan dilakukan di penerima, lalu dikembalikan lagi dalam bentuk sinyal analog, efisiensi frekuensi yang menjadi meningkat dan kemampuan optimasi system.

  1. Jaringan 3G

Kemampuan dari jaringan 3G antara lain kualitas suara lebih bagus, keamanan yang terjamin. Serta efisiensi spektrum yang bagus, sehingga dapat menggunakan secara maksimum bandwidth yang terbatas dan masih banyak lagi.

  1. Jaringan 4G

Jaringan 4G bisa menyediakan solusi IP yang komprehensif di mana data, suara serta arus multimedia. Bisa sampai pengguna kapanpun dan dimanapun, pada rata-rata data yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya. 

  1. Jaringan 5G

Kemampuan jaringan 5G, baterai rendah konsumsi, probabilitas outage lebih rendah. Harga lumayan tinggi dalam porsi lebih besar dari luas cakupan. Namun lebih murah atau tidak ada biaya lalu lintas.

Baca juga : Beli Barang dengan Google Lens Ternyata Sederhana

Kini Anda tidak perlu bingung lagi dengan teknologi jaringan yang ada saat ini dari generasi ke generasi. Sebab kita sudah bahas perkembangan hingga perbedaan jaringan dari 1G sampai ke 5G.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini