5 Pilihan Universitas dengan Jurusan IT di Indonesia

Universitas Bina Nusantara 

Pilihan universitas dengan jurusan IT yang tidak kalah populer ialah Universitas Bina Nusantara atau BINUS University. BINUS University punya komitmen dalam berkiprah di bidang teknik informatika.

Meskipun termasuk perguruan tinggi swasta, BINUS University punya kualitas bagus di Indonesia. Perguruan tinggi ini mampu meraih posisi pertama sebagai universitas swasta terbaik berdasarkan QS WUR 2022 di tanah air.

Jika masih belum percaya dengan kualitas BINUS, coba temukan profil lulusan terbaiknya. Sudah banyak lulusannya yang sukses berkarir, misalnya menjadi founder start-up. Seperti William Tanuwijaya yang menjadi SEO Tokopedia. 

Pilihan universitas dengan jurusan IT ini bermula dari lembaga jangka pendek. Lembaga jangka pendek ini punya nama Modern Computer Course yang pendiriannya di tanggal 21 Oktober 1974.

Sebab perkembangannya cukup pesat dan peminat semakin meningkat, Modern Computer Course berubah menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) ketika tanggal 1 Juli 1981. 

Lantas, di tanggal 1 Juli 1985, ATK berubah lagi menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK). Begitu memasuki 21 September 1985, berubah lagi namanya. Yakni jadi AMIK Bina Nusantara.

Lantas, AMIK Bina Nusantara kembali berubah lagi. Yakni jadi Universitas Binus Nusantara di tanggal 20 Desember 1998. Selama perubahan nama kampus, sempat terjadi juga penambahan jurusan.

Pilihan universitas dengan jurusan IT ini juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. akreditasinya tentu untuk jurusan teknik informatika.

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau UII termasuk salah satu perguruan tinggi swasta yang lokasinya di Yogyakarta. Pendiriannya ialah di tanggal 8 Juli 1945, tepat beberapa minggu sebelum hari kemerdekaan Indonesia.

Mengingat tanggal pendiriannya yang telah lama, menunjukkan bahwa UII mampu menjadi pionir kampus di tanah air. UII menjunjung nilai kebangsaan dan keislaman dalam menyelenggarakan pendidikan.

Pilihan universitas dengan jurusan IT ini juga terkenal karena adanya kebebasan akademik. Dalam kampus ini, keberagaman pemikiran bisa berkembang dan mendapat apresiasi.

Sementara dari segi kualitas, kalian tidak perlu ragu. UII telah mengantongi akreditasi unggul dari BAN-PT. Bahkan, memperoleh tiga bintang dari QS Asian University Rankings 2021.

Ketika menempuh pendidikan di kampus ini, kalian juga akan memperoleh beragam fasilitas untuk menunjang belajar. Ada program kolaborasi pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat bahkan dakwah.

Lantas, untuk jurusan Teknik Informatika sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Jadi, bisa dianggap bahwa UII termasuk salah satu pilihan universitas dengan jurusan IT terbaik di tanah air.

Program studi Teknik Informatika dari Universitas Islam Indonesia punya komitmen kuat menghasilkan lulusan profesional. Mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran secara optimal untuk meraih mimpi dalam bidang IT. 

Baca juga: Mengintip Sekolah Imam Katolik dan Dikotomi Pendidikan

Ada banyak sekali perguruan tinggi di tanah air, mulai dari kategori perguruan tinggi negeri hingga swasta. Namun, pilihan universitas dengan jurusan IT terbaik adalah UGM, ITB, UNS, BINUS dan UII.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini