Rekomendasi Kuliner Surabaya Sehingga Wajib Dikunjungi Wisatawan

Selain berkunjung ke tempat wisata Maka jangan lupa datang ke beberapa rekomendasi kuliner Surabaya ini. Pastinya tidak sah kalian datang berkunjung ke daerah tersebut jika belum berwisata kuliner. 

Surabaya telah memiliki beberapa tempat wisata alam sehingga untuk mengenal lebih dalam daerah ini harus merasakan makanan khasnya. Walaupun beberapa kuliner ini ada di daerah tempat asal kalian tetapi berbeda rasanya jika langsung dicoba di Surabaya. 

Baca juga: Resep Rujak Bulung Khas Bali dan Fakta Menariknya

Bahkan rekomendasi kuliner Surabaya tersebut tidak hanya terkena di kalangan wisatawan tetapi juga masyarakat setempat. Untuk bisa berwisata kuliner juga tidak ada batasan jam bisa dilakukan dari pagi hingga malam.

Makanannya juga bervariasi sehingga bisa dipilih sesuai selera, tentunya soal harga tidak perlu pusing karena dipatok dengan harga terjangkau. kalian belum sah berkunjung ke Surabaya jika tidak mencoba beberapa tempat makan ini. Bahkan ada lokasinya dekat dengan kota sehingga tidak sulit untuk menjangkaunya.

Rekomendasi Kuliner Surabaya Sego Sambel Mak Yeye

Rekomendasi Kuliner Surabaya Sego Sambel Mak Yeye
Rekomendasi Kuliner Surabaya Sego Sambel Mak Yeye

Tempat makan yang satu ini tidak hanya terkenal kelezatannya tetapi juga legendaris karena sudah ada sejak tahun 1982. Namun kalian harus sabar karena wajib mengantri atau harus datang lebih awal jika tidak ingin cepat habis. 

Berlokasi di pinggir jalan Jagir no 12 Wonokromo wetan, warung ini walaupun terlihat sederhana tetapi tidak pernah sepi pengunjung. Menu yang disediakan juga sederhana yaitu berupa nasi pulen hangat, ikan pari, dan sambal pedas. 

Terdapat juga beberapa menu lain seperti ayam goreng, telur, dan tempe goreng. Untuk harganya juga sangat murah dimana kurang lebih Rp 20.000, dengan harga tersebut maka kalian bisa makan sekenyang mungkin.

Keistimewaan yang dimiliki oleh salah satu rekomendasi kuliner Surabaya adalah sambalnya yaitu terdiri dari tomat, cabai, terasi, bawang putih, bawang merah, dan garam. Jika kurang suka pedas maka bisa meminta di awal agar ditambahkan gula. 

Warung ini buka mulai dari malam jam 21.00 sampai jam 04.00 pagi. Jadi saat tengah malam sekalipun kalian tetap bisa datang ke rekomendasi kuliner di Surabaya tersebut.

Agar semakin lengkap saat mencicipi sego sambel Mak yeye maka harus minum es teh manis. Untuk harganya juga tidak kalah terjangkau sehingga Hal inilah menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais
Rujak Cingur Ahmad Jais

Jika kalian ingin mencoba kuliner khas Surabaya maka rujak cingur harus dimasukkan dalam list. Salah satu bahannya adalah hidung sapi di mana ada banyak penjual kuliner ini di Surabaya. 

Namun salah satu rekomendasi kuliner Surabaya adalah rujak cingur Ahmad jais yang telah beroperasi sejak lama tepatnya tahun 1970 dan penggunaan bumbu unik karena dibuat dari kacang mede.

Selain memiliki rasa yang enak maka harganya tidak kalah fantastis yaitu sekitar Rp 70.000 sampai Rp 100.000. walaupun tergolong mahal untuk ukuran rujak cingur tetapi tidak pernah sepi pengunjung, karena harga mahalnya sesuai dengan kualitas dan rasa ditawarkan. 

Pendiri tempat makan ini adalah Lim sian neo yang merupakan ibu rumah tangga keturunan Tionghoa. Awalnya ia tidak pernah berpikir untuk menjual makanan ini tetapi terinspirasi oleh penjual keliling yang berasal dari Madura. 

Lim sendiri sering membeli karena kasihan tetapi setelah membelinya iya bingung harus diapakan rujak cingur tersebut. Sampai akhirnya muncul sebuah ide untuk membuat sendiri dan menjualnya. 

Selain menggunakan kacang mede maka cingur yang diberikan juga berlimpah serta tidak ada aroma amis sehingga tidak heran harganya mahal. Namun saat mencoba rekomendasi kuliner Surabaya ini maka daging cingurnya juga kenyal sehingga tidak terlalu lunak maupun alot. 

Dalam menu ini juga dilengkapi dengan timun, sayur-mayur, lontong, nanas, kedondong, dan pecit. Untuk lokasinya terletak di jalan Ahmad jais nomor 40 Peneleh, genteng. Untuk jam bukanya mulai dari jam 11.00 sampai jam 17.00. namun kalian harus bertanya saat tiba di tempat karena warung ini tidak memiliki papan nama.

Kuliner Rawon Setan Mbak Endang

Kuliner Rawon Setan Mbak Endang
Kuliner Rawon Setan Mbak Endang

rekomendasi kuliner Surabaya yang sayang dilewatkan karena merupakan salah satu makanan khas yaitu rawon setan Mak Endang. Terdapat sejarah mengapa namanya rawon setan karena jam bukanya di malam hari serta rasanya yang enak sehingga membuat ketagihan seperti tergoda oleh setan. 

Awalnya makanan ini dijual di gerobak dorong di sekitar pasar tradisional tetapi karena rasanya enak dan terkenal sehingga banyak orang berdatangan. Untuk lokasinya terletak di jalan Embong Malang 78 tepatnya depan hotel JW Marriott. 

Sudah pasti menu andalannya adalah rawon daging sapi di mana dagingnya empuk dan dipadukan dengan kuah rawon berwarna hitam pekat dan kaya rempah-rempah. Proses memasaknya juga memakan waktu lama karena kuah harus direbus dengan rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa. 

Bahkan rasa pedasnya juga sangat menggigit karena penggunaan cabe rawit yang melimpah. Sebelum mencoba makanan ini penting untuk mengetahui fakta tentang rawon yaitu:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini