Rekor Suhu Terpanas Bumi dan Cara Menanggulanginya

Primaradio.co.id – Tahukah kalian bahwa rekor suhu terpanas bumi sedang terjadi saat ini, mungkin sebagian dari kalian sering merasa kepanasan meski saat berada di dalam rumah saja. Padahal musim kemarau hanya terjadi di bulan-bulan tertentu saja, sehingga seharusnya hawa panas tidak selalu terjadi.

Baca juga : Penyebab HP Cepat Rusak, Panas, Mati, Habis Baterainya

Perlu kalian ketahui, bahwa suhu panas yang terjadi tidak selalu disebabkan oleh cuaca. Namun ada juga penyebab lainnya seperti pemanasan global, sebetulnya sudah sejak lama manusia telah diperingatkan untuk menjaga lingkungan agar potensi pemanasan global tidak meningkat.

Namun, sepertinya masih banyak orang menghiraukan kondisi tersebut, sehingga tercipta rekor suhu terpanas bumi pada saat ini. Ada berbagai alasan yang menjadi penyebab mengapa kondisi ini dapat terjadi, dan sudah seharusnya manusia peduli akan hal tersebut.

Padahal saat ini kehidupan manusia semakin maju, bukankah seharusnya pemikiran manusia juga ikut berkembang. Jika ingin kehidupan di bumi terus berlangsung dan tetap sejahtera di masa depan, sudah seharusnya kita meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan.

4 Rekor Suhu Terpanas Bumi dan Penyebabnya

4 Rekor Suhu Terpanas Bumi dan Penyebabnya
4 Rekor Suhu Terpanas Bumi dan Penyebabnya

Telah banyak tanda-tanda yang menjadi peringatan bagi makhluk hidup, bahwa bumi yang menjadi tempat tinggal bagi kita semua, mengalami kerusakan bahkan bisa berakhir kepunahan, jika kita terus abai dan tidak memperbaikinya sesegera mungkin.

Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Salah satu penyebab dari suhu terpanas di bumi terjadi adalah, penggunaan bahan bakar fosil yang masih aktif kita gunakan hingga saat ini. Salah satu contoh paling banyak manusia gunakan adalah bensin, asap dihasilkan tidak hanya berakibat buruk terhadap kesehatan manusia.

Namun juga bisa merusak lingkungan sekitar, karena proses pembakaran pada bahan bakar fosil akan menghasilkan karbon dioksida. Gas ini mampu mencegah suhu panas matahari di bumi lepas ke angkasa, sehingga panasnya akan menetap di dalam atmosfer bumi.

Penebangan Pohon

Tidak aneh jika rekor suhu terpanas bumi dapat terjadi pada saat ini, karena maraknya aktivitas penebangan pohon. Sebetulnya tidak masalah jika manusia ingin menebang pohon, namun harus diperhatikan kembali bagaimana dampaknya jika kita melakukannya secara terus menerus.

Selain itu manusia juga perlu melakukan penanaman kembali, agar pohon yang telah ditebang mendapat pengganti. Dengan begitu hutan tidak akan mengalami kegundulan, namun perlu juga untuk memastikan bahwa proses reboisasi benar berjalan dengan baik.

Aliran Tenaga Listrik

Manusia memang tidak bisa hidup tanpa adanya daya listrik, tapi sayangnya pemakaian tenaga ini menghasilkan karbon dioksida dan dinitrogen oksida. Gas tersebut mampu menangkap panas matahari, sehingga hawa panas dari matahari akan terperangkap di dalam bumi.

Inilah yang menjadi penyebab, mengapa suhu panas terus manusia rasakan meskipun malam hari telah tiba. Tentu saja kondisi ini lama kelamaan bisa mengganggu kesehatan manusia, dehidrasi, sakit kepala, hingga infeksi saluran pernapasan bisa saja terjadi.

Industri

Rekor suhu terpanas bumi juga dapat terjadi karena dipengaruhi oleh aktivitas industri, yang membutuhkan energi dalam pembuatannya, seperti batu bara, semen, produk elektronik, besi, dan sebagainya yang bisa menghasilkan emisi dalam pembuatannya.

4 Cara Menanggulangi Suhu Panas dengan Langkah Kecil

4 Cara Menanggulangi Suhu Panas dengan Langkah Kecil
4 Cara Menanggulangi Suhu Panas dengan Langkah Kecil

Tidak membutuhkan langkah besar untuk mengubah kerusakan yang terjadi sekaligus, namun dibutuhkan peran setiap orang agar langkah kecil bisa berdampak besar. Akan sulit jika hanya sebagian orang saja yang memulainya, namun bukan berarti langkah kecil kalian tidak berharga.

Menggunakan Transportasi Umum

Jika ingin rekor suhu terpanas bumi ini bisa segera usai, maka kalian bisa memulainya dengan langkah kecil setiap harinya. Salah satu caranya adalah menggunakan transportasi umum, banyak manfaat bisa kalian dapatkan dengan menggunakan transportasi umum.

Selain murah, kalian juga bisa menyelamatkan lingkungan dan pastinya bisa menghentikan suhu panas yang terus terjadi di bumi. Terutama kalian yang hidup di daerah perkotaan, pastinya akan lebih mudah menggunakan transportasi umum daripada membawa kendaraan pribadi.

Menghemat Listrik

Cara ini terbilang mudah dan sederhana, tidak membutuhkan banyak usaha karena kalian hanya perlu menggunakan listrik secukupnya. Contohnya penggunaan lampu, matikan lampu jika sudah tidak menggunakannya, dan pastinya semua perangkat elektronik yang kalian miliki.

Reboisasi

Rekor suhu terpanas bumi dapat berkurang, jika penanaman pohon kembali atau reboisasi bisa terus kita jalani. Kegiatan ini baik baik lingkungan dan nantinya juga berdampak positif terhadap kehidupan manusia, karena pohon mampu menghasilkan oksigen dan membersihkan udara.

Jika reboisasi bisa kita lakukan secara rutin setidaknya sekali dalam sebulan, bukan tidak mungkin jika suhu panas bisa kembali turun. Karena pohon bisa mengikat gas karbon dioksida di udara, dan menyebabkan udara menjadi lebih segar dan sejuk.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini