Resep Balado Udang yang Pedas dan Nikmat

Tiga sendok makan minyak goreng, lima siung bawang putih, cincang halus. Kemudian ada tujuh buah cabai merah keriting, iris tipis (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan).

Empat buah cabai rawit merah, iris halus (opsional, untuk tingkat kepedasan lebih tinggi), dua buah tomat, potong dadu kecil. Satu sendok teh garam, setengah sendok teh gula pasir, setengah sendok teh terasi, sangrai dan terakhir dua lembar daun jeruk, iris tipis.

  1. Cara Mengolah

Cara memasak resep balado udang adalah langkah pertama mempersiapkan udang. Bersihkan udang dengan cara mencucinya lalu tiriskan. Kemudian panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang. 

Tumis bawang putih hingga harum hingga berubah warna kekuningan. Tambahkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah (jika menggunakan), aduk rata kemudian tumis hingga cabai layu dan matang.

Masukkan udang ke dalam wajan dan aduk merata dengan bumbu. Masak hingga berubah warna menjadi merah muda dan matang sempurna. Lalu tambahkan tomat, garam, gula pasir dan terasi. 

Aduk hingga merata dan masak beberapa menit hingga tomat layu. Terakhir, tambahkan daun jeruk kemudian aduk sebentar dan angkat udang balado dari wajan.

Hidangan balado udang pedas gurih siap disajikan. Sajikan hangat bersama dengan nasi putih dan pelengkap lainnya seperti sayur tumis atau telur dadar.

Resep ini disajikan untuk 2-3 porsi. Anda dapat membuatnya menyesuaikan jumlah bahan sesuai kebutuhan. Jika Anda tidak terlalu menyukai makanan pedas dapat mengurangi jumlah cabai yang digunakan dalam resep ini.

Baca juga : Resep Bihun Kari Medan yang Enak sampai Tips Membuatnya

Sekarang Anda dapat mencoba memasak hidangan lezat ini di dapur sendiri. Nikmati kelezatan resep balado udang pedas yang menggugah selera ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat Anda.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini