Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming Cawapres Termuda

Banyak dari kita yang ingin mengetahui riwayat pendidikan Gibran Rakabuming. Pasalnya Gibran sudah resmi menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto. Pasalnya Gibran juga dinobatkan sebagai Cawapres termuda.

Baca juga: Ini Dia Risiko Makan Pisang Berlebihan pada Tubuh

Diketahui putra dari orang nomor satu di Indonesia ini adalah Wali Kota Solo periode 2021-2026. Karena hal tersebut, Gibran juga dinobatkan sebagai wali kota termuda dengan usianya saat itu baru 33 tahun ketika mulai menjabat.

Gibran lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1987 yang merupakan anak pertama dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana. Selain itu, memiliki dua adik yaitu, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Telah menikah dengan Selvi Ananda dan telah dikaruniai dua putra.

Setahun kelahirannya, namanya dijadikan nama perusahaan oleh ayahnya bernama CV Rakabu yang bergerak pada usaha mebel. Demi menyelesaikan riwayat pendidikan Gibran Rakabuming rela tinggal diluar negeri hampir 8 tahun, dimana tumbuh mandiri jauh dari kedua orangtuanya. 

Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming sebagai Lulusan Luar Negeri

Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming sebagai Lulusan Luar Negeri
Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming sebagai Lulusan Luar Negeri

Pasalnya riwayat pendidikan Gibran Rakabuming terbilang tidak biasa. Menjadi salah satu lulusan luar negeri pasti membutuhkan perjuangan, karena harus hidup dengan mandiri berjauhan dengan orangtua. 

Sekolah Dasar

Sejak kecil menempuh pendidikan sekolah dasar dan menetap di Solo. Diketahui Gibran merupakan lulusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul.

Sekolah Menengah Pertama

Setelah lulus dari SDN 16 Mangkubumen Kidul, melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta. 

Sekolah Menengah Atas

Selanjutnya mulai terbang ke Singapura untuk melanjutkan pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Orchid Park Secondary School. 

Dimana Orchid Park Second School merupakan salah satu sekolah berfokus pada pengembangan siswanya pada bidang seni visual dan pertunjukan. Selain itu, adanya pengembangan kepemimpinan pemuda komunitas.

Kuliah

Kemudian Gibran berhasil lulus kuliah dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) pada tahun 2007. Riwayat pendidikan Gibran Rakabuming setelah itu, melanjutkan kuliah ke University of Tecnology Insearch, Sydney, Australia hingga berhasil lulus pada tahun 2010.

Selanjutnya mengembangkan minat di bidang katering saat masih berkuliah. Dengan passion tersebut, akhirnya dipilih sebagai Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Hingga saat ini telah menjadi Cawapres termuda, pastinya dilalui dengan begitu banyaknya pengalaman yang ada.

Membangun Beberapa Bisnis untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Membangun Beberapa Bisnis untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan
Membangun Beberapa Bisnis untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dengan riwayat pendidikan Gibran Rakabuming yang telah diselesaikan. Gibran kembali ke Indonesia serta membangun usaha demi menciptakan lapangan kerja. Selain itu, juga mendirikan pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan dengan nama House of Knowledge. 

Katering Chilli Pari

Usaha pertama Gibran di bidang makanan adalah katering bernama Chilli Pari yang berdiri pada tahun 2010. Katering Chilli Pari menyediakan makanan untuk keperluan pesta pernikahan dan beroperasi di Solo.

Selain itu, menyediakan menu-menu tradisional dengan rasa modern. Tidak hanya makanan jawa, tetapi juga menyediakan menu makanan Italian, Japanese, Chinese, dan Western yang telah dijamin kehalalannya.

Martabak Markobar

Kemudian masih di bidang kuliner, membuka usaha kembali yaitu martabak manis dengan nama Markobar di Solo. Bisnis Markobar telah tumbuh pesat dengan memiliki cabang di berbagai kota mulai dari Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Yogyakarta, Banjarmasin, dan kota lainnya.

Merek kuliner ini merupakan singkatan dari Martabak Kota Barat ternyata sudah ada sejak 1996 yang kemudian dikembangkan kembali pada tahun 2015. Berbeda dengan martabak lainnya, Markobar memiliki tampilan seperti pizza, dengan penyajiannya tidak dilipat seperti martabak pada umumnya.

Restoran Pasta Bundel

Dilanjutkan pada 2017 mendirikan restoran Pasta Bundel berfokus pada masakan Italia. Berupa pasta yang disajikan dalam buntelan atau bungkusan daun pisang. Beberapa bumbu tradisional yang digunakan untuk mengolah pasta juga beragam.

Seperti bumbu rendang, bumbu matai Bali, bumbu opor, ayam original hingga sapi. Pasta tersebut telah dibumbui kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. Kuliner ini perpaduan antara makanan Italia dan Indonesia yang cukup diminati masyarakat.

Minuman Goola

Bisnis kali ini di bidang minuman kekinian yang berdiri pada tahun 2018 lalu. Jenis minuman ini adalah es doger, kacang hijau, dan es goola aren minuman khas tradisional yang dikemas modern. Goola didirikan bersama rekannya, Kevin Susanto dengan suntikan dana hingga Rp 70 miliar.

Restoran Mangkokku

Bisnis ini juga bergerak di industri kuliner didirikan bersama adiknya Kaesang Pangarep serta chef Arnold Poernomo. Mangkokku ini merupakan bisnis rice bowl kekinian yang dibuka pada tahun 2019 dengan menu hidangan lokal cita rasa lezat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini