8 Robot Keamanan Rumah Terbaik yang Siap Gantikan Sekuriti

Hadirnya robot keamanan rumah di tengah-tengah kita membuat manusia semakin mudah dalam menyelesaikan urusannya. Terlebih, teknologi Artificial Intelligence (AI) juga sudah digunakan untuk melengkapi kemampuannya.

Baca juga: Review Xiaomi Robot Vacuum E10 dan Fitur-Fiturnya

Perangkat tersebut dirancang untuk memantau dan melindungi rumah kalian dari ancaman keamanan. Mereka menggunakan kombinasi teknologi seperti AI, sensor gerakan, pengenalan wajah, hingga kemampuan navigasi yang canggih.

Saat ini, banyak perusahaan sudah mengeluarkan robot buatan mereka sendiri sebagai perangkat keamanan untuk tempat tinggal. Di bawah ini adalah beberapa robot dengan keterampilan tertentu yang bisa menjadi pengaman rumah.

8 Daftar Robot Keamanan Rumah Terbaik

Kecanggihan teknologi komputer kini sudah semakin berkembang dan mulai diimplementasikan menjadi sebuah robot. Saat ini, kalian juga bisa menggunakan robot-robot pintar yang siap menjadi sekuriti di rumah, di antaranya:

Amaryllo iCamPRO FHD

Robot keamanan rumah yang pertama adalah Amaryllo iCamPro FHD. Perangkat mungil ini siap memberikan rasa aman kepada penggunanya berkat kemampuan kameranya yang bisa bergerak memutar, naik, dan juga turun.

Dengan kemampuan tersebut, pemilik rumah bisa dengan leluasa melihat bagian dalam ruangan dari berbagai sudut. Dibanding menggunakan CCTV, Amaryllo iCamPRO FHD jauh lebih fleksibel dan memberi kualitas video lebih tajam.

Meski tidak bisa berpatroli, setidaknya robot ini memiliki sistem keamanan kamera yang lengkap seperti pengenalan wajah dan deteksi gerakan canggih. Selain itu, ia juga mampu memberikan pemantauan waktu nyata dan notifikasi kepada pemilik rumah.

BuddyGuard Flare

Robot keamanan rumah ini memiliki desain berupa piringan yang elegan dan kemampuan kecerdasan buatan tingkat tinggi. Nantinya, kalian hanya perlu menempelkannya di dinding rumah dan merasakan fitur-fitur keamanannya.

Perangkat ini memiliki satu buah kamera dengan sensor gerakan dan memiliki kemampuan komunikasi suara. Jika terdapat bahaya, perangkat ini akan memberikan alarm atau suara peringatan yang berbeda dengan kondisi normal.

Lebih dari itu, ia juga memiliki fitur keamanan lain yang cukup berguna seperti voice recognition, face recognition, membedakan suara normal dan mencurigakan, hingga mampu mengaktifkan dirinya sendiri ketika kalian datang atau pergi.

Anki Vector

Anki Vector merupakan produk robot interaktif dari startup asal San Fransisco, AS, bernama Anki. Vector sendiri memiliki ukuran yang cukup mungil dan sudah dilengkapi dengan penggerak di bawah untuk mendukung mobilitasnya.

Selain sebagai robot interaktif, Anki Vector juga memiliki kemampuan sebagai robot pengaman rumah. Hal itu berkat adanya beberapa fitur seperti kamera, sensor gerakan, hingga kemampuan AI yang cukup canggih.

Salah satu robot keamanan rumah ini bisa dengan mudah mengenali wajah seseorang setelah melakukan scanning. Hebatnya lagi, ia bisa menuju charging docknya sendiri secara otomatis ketika baterainya hampir habis.

UBTech Robotics Alpha 2

Robot keamanan rumah berikutnya yang cukup interaktif dan dapat bergerak dengan leluasa adalah UBTech Robotics Alpha 2. Perangkat ini terbilang canggih karena sudah dilengkapi dengan kamera, sensor gerakan, dan kemampuan pengenalan suara.

Ia bisa menjadi pengaman untuk rumah dengan cara memantau sistem alarm sehingga hal-hal mencurigakan bisa terdeteksi. Selain itu, Alpha 2 juga bisa mengambil foto atau merekam peristiwa penting saat kalian tidak di rumah.

Selain itu, berbagai pekerjaan lain juga bisa ia lakukan dengan baik seperti mencari informasi di internet, melakukan gerakan yoga, mencetak dokumen penting di printer, hingga bergerak cukup fleksibel karena merupakan robot humanoid.

iRobot Roomba s9+

Pada dasarnya iRobot Roomba s9+ memiliki kemampuan optimal sebagai penyedot debu, tetapi memiliki tambahan sistem keamanan. Hal itu berkat adanya kamera, sensor 3D, dan kemampuan navigasi canggih untuk memantau lingkungan sekitarnya.

Sebagai alat penyedot debu, Roomba s9+ cukup andal dalam membersihkan setiap kotoran yang ada di lantai. Kemampuannya dalam memetakan setiap titik ruangan dengan baik membuatnya dapat bekerja secara efisien.

Sebagai robot keamanan rumah, ia mampu menampilkan situasi di dalam ruangan menggunakan kameranya secara live. Hubungkan Roomba s9+ ke jaringan Wi-Fi dan kalian bisa mengendalikannya dari mana saja menggunakan smartphone.

Ring Always Home Cam

Berikutnya ada juga robot keamanan rumah yang dapat terbang dan mampu memberikan pemantauan dari berbagai sudut pandang, yaitu Ring Always Home Cam. Selain memiliki kamera, kalian juga bisa mengendalikannya melalui smartphone.

Mengendalikan perangkat ini akan jauh lebih mudah ketimbang robot lain yang mengandalkan mobilitas di lantai. Kemampuan terbangnya akan memudahkan kita untuk menjelajahi berbagai sudut ruangan.

Dengan membuat jalur lintasan terbang tertentu, kalian bisa melakukan pemantauan secara berkala terhadap kondisi tempat tinggal. Ia juga bisa terbang secara otomatis saat alarm berbunyi dan menuju area tertentu untuk melakukan pengecekan. 

Xiaomi Mi Home Security Robot

Tak hanya mengandalkan produk smartphone saja, Xiaomi juga menyediakan robot keamanan rumah bernama Mi Home Security. Perangkat ini mampu melakukan pemantauan 24 jam berbekal kamera HD, sensor gerakan, dan kemampuan pengenalan wajah.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini