Robot Penabuh Gamelan, Inovasi Udinus Mampu Iringi Sinden

Inovasi Lain yang Serupa Robot Gamelan

Inovasi Lain yang Serupa Robot Gamelan

Selain robot penabuh gamelan dari Udinus, ternyata terdapat beberapa inovasi serupa lainnya. Tepatnya dalam mengkombinasikan teknologi terkini dengan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa, Bali, dan Sunda ini.

Contohnya adalah gamelan robot yang perdana tampil di Yogyakarta bulan September tahun 2021. Lebih lama dari keduanya, terdapat GamelaTron yang merupakan ciptaan musisi asal Amerika Serikat.

Pada inovasi pertama, robot hologram berwarna biru turut meramaikan penutupan konser Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) tahun 2021 lalu. Teknologi tersebut tepatnya memainkan instrumen berupa bonang barung. 

Seseorang dari tepi panggung memainkan robotnya ini menggunakan kacamata virtual reality (oculus). Layaknya joystick, orang tersebut mengendalikan oculus touch dengan menggerakkan kedua tangannya, seperti sedang memainkan instrumen.

Sedangkan pada robot penabuh gamelan bernama Gamelatron, desainnya adalah terdapat 117 lengan mekanik. Lengan tersebut dikontrol serta disambungkan komputer listrik dengan prosesor mikro untuk menginterpretasi sinyal musik.

Gamelan sendiri merupakan musik ansambel tradisional asal Indonesia dengan tangga nada pentatonis. Instrumen paling umumnya adalah bonang, gangsa, gong, saron, gender, slenthem, gambang, hingga seruling dengan cara memainkan yang berbeda.

Seiring perkembangan teknologi, muncul berbagai inovasi baru berhubungan dengan alat musik tradisional tersebut. Salah satunya adalah menggabungkannya dengan teknologi kecerdasan buatan hingga virtual reality dalam memainkannya.

Contohnya GamelaTron serta robot penabuh yang muncul pada tahun 2009 serta 2021. Terbaru merupakan inovasi dari Udinus yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, solenoid, serta arduino.

Baca juga : Profil 4 Astronot Nasa yang Bersiap ke Bulan Misi Artemis 2

Dikembangkan oleh dosen serta mahasiswa universitas tersebut, terdapat tiga model yang berbeda dari jenis pemukulnya. Robot penabuh gamelan tersebut secara apik iringi sinden dengan memainkan musik yang pemutarannya melalui software.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini