Sejarah Lawang Sewu Semarang dan Keunikannya

Primaradio.co.id – Sejarah Lawang Sewu Semarang sangat menarik untuk dipelajari. Sekarang menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang memang sangat populer serta memiliki banyak sekali tempat-tempat bersejarah.

Baca Juga : Sejarah Islam di Indonesia dan Perkembangannya

Salah satu yang mungkin menarik perhatian banyak orang yaitu Lawang Sewu. Untuk kalian yang berencana liburan di Semarang, sepertinya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Lawang Sewu.

Sampai sekarang ini, Lawang Sewu masih berdiri dengan kokoh. Ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk mengambil gambar dan menikmati sejarah dari bangunan ini. Selain sejarahnya, Lawang Sewu juga memiliki banyak cerita mistis sehingga membuat banyak orang penasaran.

Sekilas tentang Lawang Sewu

Sekilas tentang Lawang Sewu

Sebelum membahas mengenai sejarah Lawang Sewu Semarang, kalian perlu mengetahui mengenai arti dari kata Lawang Sewu itu sendiri. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Lawang Sewu itu berarti seribu pintu. Sebenarnya Lawang Sewu ini tidak memiliki jumlah pintu mencapai 1.000.

Karena jumlah pintu yang ada di Lawang Sewu sebenarnya hanya 429 saja. Sekarang ini bangunan ini dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia. Selain dijadikan sebagai museum, Lawang Sewu juga dijadikan sebagai galeri. 

Jadi kalian bisa menikmati sejarah perkeretaapian di Indonesia ketika mengunjungi Lawang Sewu. Lawang Sewu ini secara keseluruhan dapat dibagi menjadi dua kompleks. Di mana masing-masing Kompleks memiliki dua gedung.

3 Sejarah Lawang Sewu Semarang

Sebagai salah satu bangunan bersejarah, yang menjadi saksi bisu dari perkembangan zaman tentunya menawarkan banyak hal menarik untuk dipelajari. Secara Lawang Sewu, bisa dikatakan dimulai dari tahun 1864.

1864

Di mana, pada tahun 1864 pemerintah Belanda membuat proyek untuk membuat jalur kereta api di Indonesia. Itu merupakan jalur kereta api pertama yang dibuat oleh pemerintah Belanda di Indonesia.

Karena pada waktu itu, waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu kota ke kota sangat lama. Oleh karena itu, pemerintah Belanda memutuskan untuk membangun jalur kereta api sehingga memiliki waktu tempuh yang lebih singkat.

Karena pada waktu itu, pemerintah Belanda mendapatkan kesuksesan dari proyek pembangunan jalur kereta api tersebut, akhirnya memutuskan untuk membangun kantor baru.

1904

Pada tahun 1904, akhirnya sejarah Lawang Sewu Semarang mulai terbentuk. Di mana Pada saat itu pemerintah Belanda memutuskan untuk memulai pembangunan gedung yang akan menjadi kantor.

1918

Sampai akhirnya, pembangunan gedung tersebut yang sekarang dikenal sebagai Lawang Sewu selesai pada tahun 1918. Setelah selesai pembangunan, gedung Lawang Sewu menjadi pusat dari kantor kereta api pada zaman tersebut.

Ketika pemerintah Belanda menyerah dari Jepang. Akhirnya Lawang Sewu dikuasai oleh pemerintahan Jepang dan digunakan sebagai kantor transportasi serta digunakannya ruangan bawah tanah sebagai penjara dan hukuman mati.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika Lawang Sewu dipenuhi dengan cerita mistis, mengingat sejarah Lawang Sewu Semarang yang memang digunakan sebagai tempat untuk memberikan hukuman mati oleh pemerintah Jepang.

Ketika negara Indonesia merdeka, Lawang Sewu diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia. Setelah itu dilakukan beberapa renovasi untuk memperbaiki bangunan Lawang Sewu dan dijadikan museum serta tempat galeri.

Sekarang ini, Lawang Sewu menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer. Para pengunjungnya sendiri bukan hanya dari dalam negeri, akan tetapi ada banyak sekali wisatawan mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi Lawang Sewu.

Sejarah Lawang Sewu Semarang memang membuatnya menawarkan banyak hal menarik. Terutama Anda bisa menikmati wisata sejarah serta melihat perkembangan kereta api di Indonesia yang merupakan salah satu alat transportasi favorit masyarakat.

3 Fakta Unik Mengenai Lawang Sewu

Fakta Unik Mengenai Lawang Sewu

Selain menyimpan banyak secara, Lawang Sewu Semarang juga menawarkan beberapa fakta unik. Oleh karena itu, Sepertinya kalian tidak akan menyesal jika memutuskan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata paling populer di Semarang ini.

Sejarah Lawang Sewu Semarang yang memang sudah sangat terkenal, serta keindahan bangunannya akan membuat semua orang terkesan. Berikut beberapa fakta unik mengenai Lawang Sewu:

Desain Bangunan

Jika diperhatikan dengan baik desain bangunan Lawang Sewu ini memiliki keunikan tersendiri. Jadi tidak heran jika Lawang Sewu ini sering menjadi pusat perhatian dari banyak orang.

Jadi desain bangunan Lawang Sewu ini ternyata sudah disesuaikan dengan kebutuhan pekerja serta iklim yang ada di Indonesia. Itulah mengapa, Lawang Sewu memiliki banyak jendela untuk memperlancar sirkulasi udara.

Pintu dengan jumlah yang sangat banyak, itu dimaksudkan untuk mempermudah para pekerja bisa terhubung satu dengan yang lainnya.

Salah satu hal yang mungkin menjadi ciri khas dari Lawang Sewu yaitu Menara Kembar. Sampai sekarang ini, gaya bangunan khas kolonial Belanda masih dipertahankan supaya sejarah Lawang Sewu Semarang tidak lenyap dimakan waktu.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini