Seluk Beluk Hilirisasi dan Manfaat yang Ditawarkan

Beberapa waktu belakangan, istilah hilirisasi sedang ramai diperbincangkan akibat debat cawapres. Namun disayangkan masih banyak orang yang tidak mengetahui arti dari istilah ini sehingga tidak tahu manfaat yang ditawarkan. 

Padahal istilah ini telah digaungkan oleh presiden Joko Widodo sejak awal 2023. Bahkan di beberapa kesempatan, presiden mengingatkan pentingnya hilirisasi pada semua sumber daya alam mulai dari kelautan pertambangan, dan kehutanan. 

Baca juga: Kotak Suara Pemilu Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini Sejarahnya yang Menarik

Jadi untuk mengetahui seberapa pentingnya pelayan ini maka harus membaca informasi yang lengkap. Karena langkah ini juga memberikan efek positif kepada orang yang ingin menggunakan manfaatnya.

Pengertian Tentang Istilah Hilirisasi

Hilirisasi
Sumber Gambar: bisnisindonesia.id

Agar bisa mendapatkan gambaran mengenai hilirisasi maka harus tahu mengenai artinya. Merupakan proses pengolahan lanjutan sebuah komoditas dari bentuk mentah menjadi sebuah produk dengan nilai tambah yang tinggi. 

Dalam konteks ini sebenarnya tidak hanya sekedar transformasi fisik tetapi menggabungkan teknologi, kolaborasi antara disiplin ilmu, pemasaran yang efektif dan peningkatan kualitas.

 Tujuan dari kegiatan ini agar bisa mengurangi ketergantungan pada ekspor bahan mentah dan menciptakan ekosistem ekonomi yang beragam. Hilirisasi memiliki makna dalam tataran empiris untuk menyatakan terjadinya aliran inovasi dari sumbernya ke pengguna. 

Jadi mengandung makna transformasi invensi menjadi inovasi jika dilihat dalam konteks negara maka menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan nilai tambah pada komoditas yang dimiliki sebuah negara. 

Komoditas milik negara yang sebelumnya diekspor dalam bahan mentah maka bisa menjadi produk setengah jadi atau yang sudah jadi. 

Dengan langkah seperti ini maka nilai ekspor suatu negara bisa meningkat sehingga secara langsung dapat meningkatkan perekonomian negara. Jadi kegiatan ini memiliki efek positif dalam jangka panjang untuk sebuah negara sehingga kalian harus memahaminya. Apalagi jika bekerja di bidang ini.

Manfaat yang Ditawarkan Oleh Kegiatan Ini

Hilirisasi
Sumber Gambar: mayang.majoo.id

Sebenarnya hilirisasi memiliki beberapa manfaat terutama pada perekonomian negara. Inilah beberapa manfaat tersebut sehingga menunjukkan seberapa penting praktiknya dalam kehidupan ekonomi negara, yaitu:

Dapat meningkatkan nilai tambah produk

Manfaat utama yaitu meningkatkan nilai tambah produk di mana yang awalnya adalah produk mentah sehingga diolah menjadi setengah jadi atau sudah jadi. 

Nantinya barang tersebut akan memiliki harga jual dan kualitas lebih tinggi dibandingkan versi mentah. Langkah tersebut bisa memberikan nilai tambah pada komoditas tersebut serta daya saing pasar meningkat.

Menciptakan lapangan kerja baru

Dalam proses hilirisasi maka membutuhkan sumber daya manusia karena berhubungan dengan pengolahan barang mentah. Dengan adanya tenaga ahli dan terampil maka prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Hal ini bisa mendorong lapangan pekerjaan baru sehingga menekan angka pengangguran.

Membuat harga komoditas nasional menjadi stabil

Adanya kegiatan ini maka bisa membuat stabil harga komoditas nasional khususnya saat komoditas impor mengalami kenaikan harga signifikan. Jadi cara ini bisa membantu produsen mengurangi risiko terjadinya fluktuasi harga barang mentah dengan menjual produk yang memiliki nilai tambah. Cara seperti ini juga bisa membuat keuntungan menjadi tinggi.

Pertumbuhan ekonomi menjadi meningkat

Sudah pasti tujuan lain dari kegiatan ini memberikan peningkatan pertumbuhan ekonomi baik di daerah maupun nasional. Nantinya produk yang diekspor akan memberikan keuntungan bagi produsen sehingga mendorong perekonomian negara. 

Beberapa Contohnya di Lapangan

Hilirisasi
Sumber Gambar: touristcompany.org

Agar lebih paham lagi mengenai hilirisasi maka bisa melihat contoh di bawah ini. Apalagi contoh ini juga diperhatikan dalam kegiatan ekonomi Indonesia. Berikut beberapa contohnya yaitu:

Industri kelapa sawit

Industri yang satu ini merupakan contoh sukses dari kegiatan ini di mana awalnya Indonesia mengekspor CPO di mana sekarang sudah mengembangkan produk turunannya seperti minyak kelapa sawit, margarin, dan bahan baku industri kosmetik. 

Langkah yang dilakukan tidak hanya membuat nilai tambah meningkat tetapi menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi ketergantungan ekspor bahan mentah.

Industri karet

Sektor karet di Indonesia juga menggunakan hilirisasi sehingga bisa menciptakan produk dengan nilai tambah seperti karet olahan, karet bubuk dan barang-barang karet lainnya. Dengan diversifikasi produk ini maka bisa membantu Indonesia dalam meningkatkan daya saing serta mengekspor barang yang memiliki nilai tambah.

Industri tekstil dan garmen 

Melalui strategi ini maka industri tekstil dan garmen di Indonesia telah melakukan pengembangan produk dengan kualitas tinggi dan desainnya lebih kreatif dan inovatif. Di daerah jika zaman sekarang ada banyak produk tekstil Indonesia yang kualitasnya bisa bersaing di pasar internasional. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini