Mengenal Serum Wajah, Retinol untuk Kulit Sensitif

primaradio.co.id – Retinol untuk kulit sensitif menjadi salah satu skincare yang paling banyak dicari saat ini. Retinol sendiri merupakan salah satu dari kandungan serum wajah yang sekarang ini juga jadi cukup populer. Tentu saja bukan karena tidak ada alasan khusus, ada alasan kenapa retinol ini jadi populer di kalangan pecinta skincare wajah, yakni memiliki banyak manfaat bagi wajah agar tetap sehat, terutama kandungan retinol ini mampu mencegah adanya penuaan dini, dan juga mampu membuat kulit jadi lebih elastis lebih lama.

Harga dari retinol ini di pasaran pada umumnya tidak ada secara khusus, semua ada variasinya masing-masing. Tentu saja harganya mulai dari yang mahal sampai dengan yang terjangkau yakni sekitar Rp. 100 ribuan saja. Namun, sebelum lebih pada pembahasan retinol untuk kulit sensitif, tentu saja akan lebih baik jika kamu mengenali apa saja manfaat dari retinol serta bagaimana efek samping yang bisa kamu dapatkan jika menggunakannya.

Retinol merupakan senyawa berupa turunan dari vitamin E yang jadi suatu standar untuk membantu turunkan risiko penuaan dini. Bahan aktif yang satu ini punya cukup banyak jenisnya yang juga ada efek samping yang cukup variatif. Mulai dari retinyl palmitate dan juga ada retinyl propionate punya tingkat efektivitas yang terlemah. Retinol dan juga retinaldehyde adalah jenis paling kuat dan itu semua sudah ada di pasaran. Sedangkan jika kamu butuh retinol adapalene, kemudian tretinoin, tazarotene, serta trifarotene maka kamu harus menggunakan resep dari dokter.

Manfaat dan Efek Samping Retinol Untuk Kulit Sensitif 

Manfaat dan Efek Samping Retinol Untuk Kulit Sensitif 

Selanjutnya adalah bagaimana manfaat dan juga efek samping dari penggunaan retinol untuk kulit sensitif yang harus kamu ketahui yakni untuk manfaatnya sendiri, retinol mampu melawan serta mampu menyamarkan adanya tanda penuaan dini seperti garis halus, adanya flek hitam, kulit yang mulai kendur, serta kerutan-kerutan di wajah. Tidak hanya itu saja, manfaat dari retinol sendiri juga mampu mencerahkan kulit, meredakan jerawat sekaligus mencegah jerawat, mampu merangsang adanya produksi kolagen dan mampu bantu regenerasi kulit, dan yang terakhir bisa menyamarkan milia di area hidung, dahi, dan juga pada kelopak mata.

Selain dari manfaat retinol untuk kulit sensitif, tentu ada efek samping dari menggunakan retinol tersebut. Maka dari itu, agar lebih jelas, berikut ini adalah efek samping dari retinol untuk kulit sensitif yang harus kamu ketahui, simak yuk! 

1. Pertama, retinol untuk kulit sensitif bisa menimbulkan adanya risiko berupa iritasi jika saja kamu memakainya berlebihan atau tidak menyesuaikan anjuran pakai yang seharusnya kamu gunakan; 

2. Kedua, bisa memiliki potensi yang menyebabkan kulit jadi lebih kering; 

3. Selanjutnya yang ketiga dapat membuat kulit jadi lebih sensitif jika terpapar oleh sinar matahari yang membuat kulit jadi kemerahan.

Supaya kamu bisa tetap menggunakan retinol untuk kulit sensitif tanpa adanya efek samping yang sudah disebutkan tersebut maka, bisa dengan coba menggunakan retinol dengan kadar serum retinol yang dosisnya lebih kecil atau rendah, apalagi jika masih pemula. Harus kamu ingat juga bahwa jika jenis dari retinol tersebut kuat konsentrasinya, maka keefektivan retinol tersebut jadi semakin tinggi. Kendati demikian, iritasi yang dirasakan juga bisa jadi semakin tinggi. Tidak hanya hal itu saja, kamu juga harus mengupayakan supaya menggunakan pelindung tabir surya atau sunscreen ketika siang hari.

Cara Pilih Serum Retinol yang Benar dan Sesuai

Cara Pilih Serum Retinol yang Benar dan Sesuai

Berikut ini adalah cara memilih serum wajah retinol yang benar dan sesuai dengan karakter kulit wajah kamu. Simak yuk!

Tentukan Konsentrasi Retinol dalam Serum

Tidak bisa dipungkiri bahwa serum wajah ada isian retinol yang kandungan konsentrasi retinolnya sendiri cukup bervariasi. Ada berapa konsentrasi dalam kandungan retinol yang cocok dan sesuai dengan kulit kamu, dari yang pertama ada pada serum retinol dengan kandungan konsentrasi sekitar 1% saja maka ini cocok bagi kamu yang masih pemula. Sebab, yang masih pemula harus lebih mengetahui karakter kulit untuk adaptasi terlebih dahulu.

Selanjutnya untuk konsentrasi retinol 1-2% sendiri akan cocok bagi kamu yang kulitnya sudah mulai terbiasa dengan serum tersebut. Bagi kamu yang sudah berumur 30 tahunan serta butuh adanya kandungan retinol dalam serum maka akan cocok dengan kandungan 1-2% ini. Jika semakin tinggi konsentrasinya maka hasil yang kamu dapat juga akan lebih cepat, namun resikonya juga sama besarnya.

Pakai Sesuai dengan Anjuran Ahli

Tidak jarang juga orang yang masih menggunakan serum khususnya retinol dengan takaran yang tidak dianjurkan maka ini akan berakibat buruk jika dibiarkan. Sebaiknya kamu baca terlebih dahulu anjuran yang tepat dalam menggunakan serum retinol ini. Sebab, sifat dari dalam retinol sendiri cukup keras, bahkan bisa berakibat fatal jika kamu menggunakan tidak sesuai dengan anjuran ahli atau yang sudah tercantum dalam kemasan botol retinol tersebut.

Sebaiknya kamu menggunakannya sesuai dengan takaran yang dianjurkan, bisa sekitar 2 hingga 3 kali per minggunya, untuk yang masih pemula. Usahakan juga memakai retinol saat malam hari sebelum tidur supaya hasilnya lebih maksimal. Selain itu, jika sudah menggunakan retinol untuk tidak menggunakan produk kandungan AHA atau BHA bersamaan. Ketika saat sedang hamil, juga jangan sampai memakai serum retinol karena kurang aman untuk ibu hamil.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini