Aplikasi Trading Saham Legal di Indonesia Terbaik 2023

Primaradio.co.id – Pada era saat ini banyak sekali perubahan-perubahan terkait investasi dikalangan milenial, salah satunya adalah trading saham. Namun tidak banyak yang membahas aplikasi trading saham terbaik untuk pemula dan resmi OJK.

Investasi trading saham yang ditawarkan pada era ini sudah berbasis aplikasi sehingga dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna dan peminatnya.

Aplikasi trading saham merupakan jenis aplikasi yang dapat memperlihatkan penggunanya pergerakan saham secara real-time. Berikut rekomendasi aplikasi saham terbaik untuk pemula dan resmi OJK :

1. Bibit

bibit

Bibit merupakan salah satu aplikasi trading saham online yang sangat baik untuk pemula, selain itu aplikasi bibit ini sudah terdaftar di OJK. Aplikasi trading saham yang satu ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh PT Bibit tumbuh bersama.

Melalui aplikasi bibit pengguna dapat menyesuaikan investasinya sesuai umur, penghasilan, level risiko, dan target investasi. Selain itu di bibit kamu dapat melakukan investasi dibidang lain seperti reksadana hingga obligasi dan pasar uang.

Selain itu di bibit kamu dapat memulai modal awal hanya dengan Rp. 10.000-., nominal yang sangat minim bukan untuk pemula memulai trading saham. Bibit juga menawarkan registrasi online serta gratis, sehingga dapat dimulai oleh pemula dengan mudah dan tanpa biaya.

2. Stockbit

stockbit

Stockbit merupakan investasi saham yang pada tahun 2023 ini sudah diunduh sekitar lebih dai 1 juta orang. Aplikasi ini cocok digunakan oleh para pemula dan dapat di download melalui hp pintar atau pc penggunaatau pc pengguna.

Keunggulan yang ditawarkan oleh stockbit adalah apikasi ini memiliki fitur komunitas online yang dinamakan str*am dimana fitur ini merupakan wadah diskusi bersama trader lainnya, tidak hanya itu terkadang terdapat  trader professional yang memberikan penyuluhan mengenai rekomendasi saham dan analisis teknikal yang dapat membantu para pemula untuk berinvestasi. Selain itu di stockbit juga pengguna dapat memantau pergerakan bursa saham secara langsung, seperti halnya bibit stockbit juga sudah terdaftar resmi di OJK sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk trading saham di aplikasi illegal.

3. Ajaib

ajaib

Aplikasi investasi saham  2023 terbaik untuk pemula selanjutnya adalah ajaib, sama seperti stockbit ajaib sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Aplikasi ajaib ini memiliki fitur yang tidak kalah keren dari aplikasi trading saham lainnya, yaitu fitur unggulan yang ditawarkan adalah ajaib alert.

Ajaib alert akan memberikan notifikasi terkait pergerakan saham pengguna, selain itu dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi ajaib pengguna dapat lebih bijak melakukan investasi saham ketika melakukan trading.

Pada bibit tak hanya terkait dengan trading saham, tetapi terdapat juga investasi lain seperti reksadana. Selain itu ajaib memberikan kemudahan para pengguna dalam membuka rekening saham tanpa deposit dana awal.

4. RTI Business

rti-business

Aplikasi yang satu ini dibuat oleh PT RTI Infokom, merupakan aplikasi trading saham 2023 terbaik bagi pemula  yang direkomendasikan oleh para trader.

Karena pada aplikasi RTI Business sajian data yang diberikan cukup lengkap, mulai dari data fundamental hingga profil perusahaan yang diinginkan.

Selain itu, RTI Business juga memiliki fitur simulasi trading saham yang sangat berguna untuk para trader pemula. Karena fitur ini menawarkan pembelajaran bagi para pemula untuk bisa berinvestasi dan kiat-kiatnya.

Tapi aplikasi RTI Business ini memiliki beberapa kekurangan karena tidak adanya filter untuk perusahaan-perusahaan dan terkadang seing terjadi kesulitan untuk mengakses aplikasi di jam-jam kerja. Karena  kinerja aplikasi pada jam tersebut akan melambat.

Namun, walaupun memiliki kelemehan pada sistem tersebut, tentunya RTI Business memilki keunggulan yang ditonjolkan aplikasi trader yang satu ini yaitu pengguna dapat  melihat pergerakan pasar modal.

Kemudian didalam aplikasi ini RTI Business ini juga telah dilengkapi juga sudah informasi terkait :

  • Probability
  • Income Statement
  • Balance sheet
  • Earning
  • Cash flow
  • Dll

5. MOST Mandiri

most

Most Mandiri seperti namanya aplikasi trading saham yang satu ini dikeluarkan oleh  Mandiri Sekuritas, aplikasi trading ini masuk kedalam jajaran salah satu aplikasi saham terbaik.

Keunggulan yang ditawarkan dalam aplikasi yang satu ini karena kemudahanya dalam penggunaan serta analisis yang mendalam terkait perushaan membuatnya disebut sebagai salah satu aplikasi saham yang memiliki sekuritas terbaik.

Fitur yang ada dalam MOST Mandiri ini salah satunya adalah auto order, dimana dalam fitur ini trader dapat melakukan pemesana saham baik berupa Auto Buy dan Auto Sell, proses pemesanan berlaku sekitar 30 hari.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh MOST adalah adanya training rutin bagi para trader yang diselenggarakan oleh Mandiri Sekuritas. Dimana diharapkan dengan yang diberikan para pengguna tak hanya akan mengetahui cara penggunaan aplikasi, tapi dapat memahami bagaimana cara saham bekerja secara luas.

Pada aplikasi MOST Mandiri ini, cukup berbeda dengan aplikais trading saham laiinya karena, MOST memberikan minimal dalam penyetoran awal untuk pembukaan rekening saham. Dimana akan dikategorikan menjadi 3 jenis, sebagai berikut:

  • Mahasiswa minimal penyetoran awal sebesar Rp. 2juta
  • Umum penyetoran awal sebesar Rp. 5 juta
  • Full service penyetoran awal sebesar Rp. 100 juta

Pada MOST untuk fee transaksinya akan dikenakan sebesar 0,18% untuk membeli saham Dan 0,28% pada penjualan saham.

Kesimpulan

Melakukan investasi trading saham saat ini mungkin cukup mudah dikarenakan banyak sekali aplikasi-aplikasi trading pilihan yang ditawarkan.

Namun mungkin bagi para pemula akan bingung memilih aplikasi mana yang cocok dan terdaftar resmi oleh OJK. Itulah 5 rekomendasi yang ditawarkan untuk aplikasi trading saham 2023 terbaik untuk pemula.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini