12 Urutan Shio Berdasarkan Tanggal Lahir

Primaradio.co.id – Urutan shio berdasarkan tanggal lahir sendiri sudah menjadi pembicaraan oleh banyak orang sejak zaman dahulu. Karena tata urutan shio sendiri menyerupai zodiak namun berasal dari budaya Tiongkok. Sehingga walaupun sama-sama memiliki 12 jenis berbeda, namun jenis perhitungan keduanya sangat berbeda.

Baca Juga : Shio 2023 dan Artinya Yang Beruntung Ramalan Tahun Kelinci Air

Penggunaan shio atau zodiak Tiongkok masih sering berkaitan erat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu banyak orang beranggapan untuk mengetahui shionya karena berkaitan erat dengan tingkat keberuntungannya. Karena masyarakat Tiongkok juga sering memakai Shio sebagai perhitungan keberuntungan setiap manusia di bumi.

Istilahnya sendiri berasal dari bahasa Hokkien yaitu Sheshio, dalam bahasa Tionghoa sendiri memiliki artian sebagai salah satu penentu keberuntungan. Oleh sebab itu dalam menentukan zodiak ini memiliki dasar 12 binatang berbeda, perhitungannya juga berasal dari sistem astronomi kuno Tiongkok.

12 Urutan Shio Berdasarkan Tanggal Lahir

Berbeda pada penggunaan zodiak umumnya yang menggunakan rasi bintang untuk setiap jenisnya, pada zodiak Tiongkok ini lebih menggunakan nama hewan untuk setiap jenisnya. Kedua belas hewan ini sendiri mewakili tahun, bulan, serta jam tertentu bahkan penentuan dari hewan ini tidak sembarangan.

Para astronot Tiongkok kuno menggunakan perhitungan astronomi tertentu sehingga bisa mendapatkan perhitungan Shio yang kalian kenal pada saat ini, secara umum setiap hewan ini akan mewakili beberapa tahun berbeda. Sehingga urutan shio berdasarkan tanggal lahir sering kali berkaitan erat pada setiap tahun kelahiran seseorang.

Keunikan dari zodiak asal Tiongkok tersebut adalah masih menggunakan konsep yin dan yang, sehingga setiap hewan secara berurutan mewakili cabang bumi sehingga memiliki sifat yang berbeda. Oleh sebab itu banyak orang menggunakan zodiak ini sebagai cara memandang seseorang serta menghitung tingkat keberuntungan miliknya.

Macan

Urutan shio berdasarkan tanggal lahir pertama adalah macan yang memiliki elemen kayu, kalian bisa memiliki zodiak ini jika lahir pada tanggal 4 Februari hingga 5 Maret. Biasanya manusia berzodiak macan cenderung keras kepala dan tidak ingin mendengar perintah, namun memiliki sifat penyayang serta selalu berkata jujur pada siapapun dirinya bertemu.

Kelinci

Selanjutnya adalah kelinci memiliki nama lain Mao dan berelemen kayu, kalian bisa termasuk kedalam golongan kelinci jika lahir pada tanggal 6 Maret hingga 4 April. Umumnya kelinci memiliki sifat lemah lembut dan tidak mudah marah pada siapapun. Namun memiliki sifat ragu-ragu sebagai kelemahannya sehingga tidak mudah menyelesaikan setiap pekerjaan.

Naga

Urutan shio berdasarkan tanggal lahir setelah kelinci adalah naga, merupakan salah satu hewan mistis dan kalian bisa tergolong dalam shio ini jika lahir pada 5 April hingga 4 Mei. Sifat utama dari zodiak ini adalah setia sehingga tidak mudah selingkuh, namun memiliki sifat mudah percaya seseorang serta penakut sehingga tidak bisa melakukan hal sendirian.

Ular

Memiliki nama lain Si merupakan Zodiak bagi orang berkelahiran 5 Mei hingga 5 Juni, orang dengan zodiak ini umumnya sangat memukau serta menawan sehingga selalu menjadi salah satu perhatian banyak orang. Namun biasanya orang ini sangat posesif dalam hal percintaan, bahkan sering menjadi bermuka dua dalam beberapa kesempatan sesuai keinginannya.

Kuda

Kuda merupakan urutan shio berdasarkan tanggal lahir setelah ular, kalian bisa tergolong dalam shio kuda jika lahir pada kisaran tanggal 6 Juni hingga 6 Juli. Secara umum orang yang tergolong dalam zodiak ini cenderung ceria serta mudah bergaul dengan orang lain. Namun memiliki sifat tidak sabaran dan selalu terburu-buru dalam menyelesaikan segala hal lainnya.

Kambing

Setelah kuda dalam perhitungan zodiak Tiongkok adalah Kambing bagi orang yang lahir pada 7 juli hingga 6 Agustus, biasanya orang dengan zodiak ini tidak suka pamer ketika mendapat beberapa hal baru. Namun karena sifat tidak suka pamernya tersebut menyebabkan, shio kambing tidak memiliki rasa kepedulian tinggi kepada perasaan orang di sekitarnya tersebut.

Monyet

Urutan shio berdasarkan tanggal lahir berikutnya adalah Monyet merupakan zodiak untuk orang yang lahir pada 7 Agustus hingga 7 September, biasanya orang dengan zodiak ini punya sifat humoris dan lucu sehingga banyak orang menyukainya. Namun karena memiliki sifat tersebut, orang dengan zodiak ini cenderung kurang tekun dan suka bermalas-malasan.

Ayam

Merupakan shio bagi seseorang yang lahir pada 8 September hingga 7 Oktober, umumnya orang dengan zodiak ayam memiliki sifat modis sehingga fashion miliknya selalu up to date dan mengikuti mode terbaru serta bersifat perfeksionis. Namun karena bersifat perfeksionis membuatnya menjadi seseorang mudah marah dan egois, sehingga ingin menang sendiri.

Anjing

Urutan shio berdasarkan tanggal lahir selanjutnya adalah Anjing, merupakan zodiak bagi orang lahir pada 8 Oktober hingga 6 November. Orang dengan shio ini memiliki sifat adil dan memiliki insting kuat dalam menentukan salah serta benar. Namun sulit untuk menerima hal modern karena terlalu lebih mempercayai hal bersifat tradisional dan keras kepala.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini