Sudahkah Kalian Mengenal Baklava Dessert Khas Turki?

Primaradio.co.id – Sudahkah kalian mengenal baklava? Makanan penutup tradisional populer yang berasal dari Turki ini memiliki kaya rasa, seperti manis legit dan juga memiliki tekstur yang renyah. Hal tersebut tentu tidak lepas dari bahan dalam membuatnya.

Baca juga : Resep Bolu Kukus Loyang Tanpa Mixer Sederhana dan Murah

Makanan penutup ini memiliki rasa yang bervariasi. Sebab dalam membuatnya terdapat bahan penting, yaitu sirup manis (campuran madu, rempah-rempah dan jus), lembaran filo, mentega serta kacang-kacangan yang seringkali digunakan adalah pistachio.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Baklava

Mengenal Lebih Jauh Tentang Baklava
Mengenal Lebih Jauh Tentang Baklava

merupakan salah satu jenis pastry yang berasal dari Turki. Makanan ini telah mempelopori banyak pastry dari seluruh dunia. Sebagai contohnya adalah strudel yang berasal dari Jerman yang sekarang juga mendunia.

Makanan yang berasal dari Jerman tersebut juga terinspirasi dari baklava. Namun, sepanjang sejarah meyakini bahkan di berbagai negara jika baklava berasal dari Jerman. Meski tidak jelas tahun berapa baklava pertama kali diciptakan.

Namun, diketahui jauh sebelum Republik Turki bentukan Mustafa Kemal Ataturk terbentuk pada tahun 1922, baklava sudah menjadi ciri khas masyarakat yang mendiami daerah yang sekarang merupakan negara Turki dan Yunani.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, mengenal baklava yang entah tercipta di tahun keberapa. Namun, pada saat baklava tercipta masyarakat disana masih di hidup di zaman Byzantium.

Selain Turki dan Yunani, negara Arab lainnya seperti Irak, Iran, dan Syria juga dikenal sebagai negara yang memiliki kuliner tradisional yang bercirikan memiliki rasa manis tersebut.

Asal Usul dari Baklava Ini

Seorang penulis yang berasal dari Yunani, Myrsine Lembarki dan Penulis Turki, Engin Akin, bekerja sama menulis buku perihal asal usul baklave. Di dalam buku yang berjudul Greece-Turkey at the Sam Tabela Gournets Guide to Both Mediterania yang terbaik di dunia.

Di dalam buku tersebut, kedua penulis tersebut menyebutkan jika yang mengenal baklava dulunya merupakan kuliner Arab. Hal tersebut diperkirakan dari bentuk baklava yang seperti belah ketupat. Bentuk tersebut mirip seperti kedutan manis khas Arab yang memiliki bentuk yang serupa.

Gaziantep merupakan sebuah kota yang berada di ujung Turki. Kota tersebut berbatasan langsung dengan Suriah dan Irak yang dianggap sebagai daerah yang mempelopori dan memodifikasi kudapan khas Arab tersebut. sehingga bisa menciptakan kudapan baru yang bernama baklava.

Sejak saat itulah Gaziantep dianggap sebagai kota penemu baklava. Seperti yang dikatakan oleh pepatah Turki, barangsiapa yang belum mencoba baklava asli Gaziantep, maka ia belum benar-benar tahu bagaimana rasanya baklava.

Hal tersebut merujuk pada asal muasal baklava yang diklaim terlahir di Gaziantep dan kota tersebut memiliki resep baklava yang tertua. Dan kebenaran perihal kota Gaziantep sebagai tempat lahirnya baklava juga didukung oleh isian baklava yang biasanya diisi dengan kacang pistachio.

Mengenal baklava dari kota Gaziantep juga dikenal sebagai kota penghasil kacang pistachio terbaik di dunia. Dikarenakan harganya yang terbilang mahal, sehingga banyak orang yang mengganti isian desert ini dengan jenis kacang-kacangan lainnya.

Namun, ada juga yang menyebutkan jika baklava diracik dengan sempurna ketika di era Kekaisaran Ottoman pada abad ke- 15. Atau tepatnya setelah menyerbu Konstantinopel atau yang sekarang lebih dikenal dengan Istanbul.

Selama lebih dari 500 tahun, dapur-dapur Istana Kekaisaran Ottoman di Konstantinopel menjadi pusat kuliner utama Kekaisaran. Laporan tetua perihal baklava ditulis dalam buku catatan dapur istana Topkapi yang berasal dari Periode Fatih.

Namun, jika dikutip dari Dishesorigin.com menyatakan bahawa pada abad ke-11 disana disebutkan secara tertulis dalam buku Ziyad Akkoyunlu, jika orang Turki nomaden menemukan cara terbaik untuk memasak adonan baklava.

Ini Dia Rahasia Kelezatan Baklava

Setelah mengenal baklava dan asal-usulnya, lalu apa rahasia dibalik kelezatan baklava sehingga bisa mendunia? Sebagian orang berpendapat jika dalam membuat baklava sering diibaratkan dengan membuat sebuah karya seni.

Hal tersebut disebabkan prosesnya yang tidak mudah. dalam membuat baklava dibutuhkan keahlian untuk menghasilkan baklava yang renyah dengan rasa manis yang pas. Sedangkan rahasia kesuksesan untuk membuat baklava di sini terletak pada keseimbangan takaran gula, butter, dan kacang pistachio.

Semua bumbu tersebut ditumbuk hingga halus. Jangan sampai terdapat yang berlebih. Sebab dapat mengurangi cita rasa. Tidak hanya itu saja lapisan pastry juga harus benar-benar tipis supaya bisa menghasilkan crust yang renyah dengan sempurna.

Baklava yang menjadi desert yang lekat dengan acara pesta pernikahan, perayaan hari raya, kelahiran, dan juga perayaan lainnya. Meski dunia telah mengenal baklava sebagai makanan tradisional khas Turki, namun negara Balkan lainnya memiliki resep khas negara masing-masing.

Mengenal Baklava dan Berbagai Namanya

Mengenal baklava, nama makanan tradisional yang berasal dari Turki ini memiliki berbagai macam nama. Bahkan di tahun 1650 nama baklava di dipinjam dari bahasa Turki Ottoman. Nama baklava difungsikan dalam berbagai bahasa dengan variasi fonetik dan ejaan yang kecil.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini