Jenis Teknik Kardio yang Efektif Bakar Lemak Tubuh di Rumah

Primaradio.co.id – Tidak sedikit orang yang bertanya, sebenarnya teknik kardio yang efektif untuk membakar lemak. Olahraga kardio atau aerobik ialah aktivitas yang dilakukan bertujuan membuat paru-paru dan jantung kuat. 

Baca juga : Ingin Olahraga Dirumah? Berikut Sederet Rekomendasi Aplikasi Kebugaran

Olahraga sendiri merupakan salah satu kegiatan yang tujuannya untuk membuat tubuh sehat dan otot meregang. Aktivitas ini cukup disukai banyak orang karena memang bukan sebuah gerakan fisik saja.

Anda bisa bersenang-senang baik sendiri atau bersama kelompok. Apabila ingin turunkan berat badan, maka salah satunya yakni dengan berolahraga kardio rutin karena mampu membakar lemak, tapi ketahui cara efektifnya.

Manfaat Berolahraga Kardio

Manfaat Berolahraga Kardio

Jika Anda melakukan teknik kardio yang efektif di rumah, maka bisa memberikan beragam manfaat. Seperti menjaga kesehatan jantung, karena fungsi utama dari organ tubuh ini ialah memompa darah ke tubuh.

Jadi dengan berolahraga ini, maka tubuh tetap terjaga kebugarannya dan otot jantung tetap sehat. Jadi nantinya melakukan kegiatan ini juga dapat meminimalkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Selain itu untuk Anda yang aktif menjalankan olahraga satu ini, pasti sistem kekebalan tubuhnya juga lebih kuat dibandingkan jika tidak melakukannya. Ini sudah terbukti dari sejumlah penelitian.

Seseorang yang aktif berolahraga ini maka tidak mudah terkena penyakit, sebab sistem imunnya makin kuat. Melakukan gerakan aerobik ini juga dapat mengendalikan tubuh yang stres karena bermanfaat membuat tubuh tenang.

Jika menerapkan teknik kardio yang efektif dengan tepat, maka gejala depresi juga dapat berkurang. Untuk Anda jika punya masalah tidur malam atau insomnia, sebaiknya lakukan olahraga aerobik.

Namun jangan melakukannya ketika mendekati waktu tidur, baiknya lakukan setidaknya 2 jam sebelum istirahat. Nantinya olahraga tersebut bermanfaat tingkatkan kualitas tidur seseorang dan mengatasi gangguan tidur pada malam hari.

Manfaat paling dicari oleh orang ialah untuk menurunkan berat badan karena mampu tingkatkan kolesterol baik dan melawan lemak jahat. Apabila Anda rajin melakukan kardio, maka metabolisme tubuh dapat terjaga.

Sehingga membantu turunkan berat badan, bahkan juga bisa menjaga tubuh tetap ideal. Berdasarkan penelitian, olahraga fisik tersebut juga dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap rendah dan cegah diabetes tipe 2.

Teknik Kardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

Teknik Kardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

Berlatih olahraga fisik sebenarnya juga tidak hanya efektif untuk bakar kalori saja, namun juga menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa jenis latihan fisik yang cocok untuk bakar lemak tubuh:

  1. Berenang

Kegiatan ini merupakan pilihan terbaik karena seluruh anggota tubuh terlibat, bahkan termasuk organ paru-paru, jantung, dan otot. Orang banyak memilihnya karena memang risiko cideranya cukup rendah dibanding lainnya.

  1. Lompat Tali

Melakukan teknik kardio yang efektif bakar lemak sekitar 220 kalori selama 20 menit. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena bisa dilakukan di rumah sekalipun, namun cukup bermanfaat.

  • Melompat 10-30 detik kemudian istirahat 10 detik dan ulangi 10 kali atau sebanyaknya.
  • Melompat 30-60 detik dan langsung jogging ditempat, squat, push up 10 detik, kemudian ulangi sebanyak mungkin.
  • Tingkatkan intensitas dengan tambah waktu lompat tali dan variasinya.
  1. Lari ditempat

Tidak perlu pergi ke luar atau memakai treadmill untuk berlari, karena cara ini juga berikan manfaat yang sama. meskipun terlihat membosankan, namun sebagian besar orang menggabungkannya dengan jogging atau lompat tali.

  1. Jogging

Gerakan ini sangat mudah dilakukan di mana saja, sederhana, dan tidak ribet. Melakukan aktivitas tersebut dapat tingkatkan detak jantung dan cara tepat menerapkan pemanasan yang lebih intens lagi.

  1. Squat jump

Jenis teknik kardio yang efektif tersebut bermanfaat untuk melatih kekuatan otot, terutama bagian kaki. Tentu latihannya perlu persendian kuat dan pastikan ketika melakukannya harus mendaratkan tubuh perlahan.

  1. Naik turun tangga

Cara itu sangat cocok dilakukan di rumah, cukup gunakan beberapa anak tangga saja. Latihan ini mampu bangun tenaga pada bagian tubuh bawah dan detak jantung terpompa lebih baik.

Waktu dan Makanan Pendukung Kardio

Waktu dan Makanan Pendukung Kardio

Olahraga memang kebutuhan yang wajib dilakukan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Kardio sendiri merupakan jenis latihan fisik di mana melakukannya secara berulang dan teratur, setidaknya selama 10 menit tiap harinya.

Olahraga tersebut memang bagus untuk jaga paru-paru dan jantung supaya tetap sehat. Sebab jika otot jantung dan paru-paru kuat, pembuluh darah dapat pompa darah ke tubuh dengan cepat dan lebih banyak.

Melakukan teknik kardio yang efektif untuk membakar lemak dalam jumlah lebih banyak. Bukan hanya itu saja, jika Anda rutin melakukannya, maka mampu turunkan risiko serangan jantung, kolesterol tinggi, serta hipertensi.

Namun ketika melakukan olahraga tersebut tiap hari bisa membuat tubuh stres. Jadi baiknya Anda berolahraga setidaknya 20-30 menit selama 3-6 kali seminggu. Makanan juga mempengaruhi semua jenis olahraga yang Anda jalankan.

Jadi pastikan mengonsumsi nutrisi cukup agar makanan yang masuk dapat jadi energi untuk berlatih. Salah satu jenis makanan yang dapat Anda konsumsi ialah pisang karena punya kandungan mineral dan kalium.

Kandungan vitamin B dan karbohidrat kompleks pada pisang dapat memberikan energi cukup tinggi. Selain itu jenis berry yang kaya vitamin C dapat membantu kekebalan tubuh dan kalium sebagai pencegah cidera.

Supaya teknik kardio yang efektif dilakukan bermanfaat, asupan makanan juga harus diperhatikan dengan baik. Ada juga makanan lain untuk dukung latihan tersebut seperti matcha, salmon, buah bit, dan kacang arab.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini