Ini Dia Cara Membuat Tumis Selada Air yang Mudah di Rumah

Tumis selada air adalah sayuran hijau berdaun gelap yang tumbuh di mata air. Selada air secara tradisional hanya digunakan sebagai hiasan.

Baca juga : Resep Nasi Goreng Spesial Ala Restoran Solaria Yang Enak

Selada air adalah tanaman hijau tua yang konon menjadi makanan andalan tentara Romawi. Sayuran ini juga termasuk dalam keluarga silangan, seperti kangkung, brokoli, roket, dan kubis Brussel. Popularitasnya yang baru ditemukan disebabkan oleh meningkatnya pengetahuan mengenai nilai gizinya.

Makan berbagai buah dan sayuran, termasuk selada air, telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan secara keseluruhan. 

Mengonsumsi beragam buah dan sayuran, menurut Critical Review 2019 dalam Food Science and Nutrition, dapat menurunkan peradangan dan risiko penyakit kronis. Itu artinya, kelompok makanan ini dapat menurunkan risiko kematian dini dan kecacatan.

10 Kandungan Nutrisi Tumis Selada Air

Selada air dan bentuk selada lainnya secara tradisional telah digunakan untuk menghias hidangan makanan, meskipun faktanya mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tumis selada air mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral penting. Lebih banyak zat besi daripada bayam, lebih tinggi kalsium daripada susu, dan lebih tinggi vitamin C daripada buah jeruk. Berikut penjelasan kandungan gizi selada air:

  1. Jumlah kalori dalam 100 gram selada air hanya 11%. Hasilnya, sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan untuk program penurunan berat badan.
  2. Fitonutrien alami yang memberi rasa pedas pada selada air, seperti isotiosianat, dapat berguna sebagai antioksidan.
  3. Tumis selada air mengandung konsentrasi vitamin K tertinggi, yang membantu pertumbuhan dan penguatan tulang serta menurunkan risiko kerusakan saraf di otak.
  4. Selada air juga memiliki konsentrasi vitamin C yang tinggi, dengan sayuran tunggal menyediakan lebih dari 72% kebutuhan vitamin C tubuh. Tujuannya untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit seperti flu dan pilek. 
  5. Vitamin C dalam selada air bermanfaat untuk menjaga jaringan ikat dan mencegah kekurangan zat besi.
  6. Selada air mengandung vitamin A (retinol) yang penting untuk sistem kekebalan tubuh serta produksi pigmen di retina mata.
  7. Mangan membantu enzim antioksidan superoksida dismutase dengan bertindak sebagai kofaktor.
  8. Kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang dan penguatan gigi.
  9. Flavonoid antioksidan seperti ß karoten, zeaxanthin, dan lutein telah terbukti membantu melawan kanker paru-paru dan mulut.
  10. Riboflavin, niasin, vitamin B6 (piridoksin), thiamin, dan asam pantotenat diperlukan untuk berfungsinya sel metabolisme tubuh.

Cara untuk Mengolah Selada Air

Selada air ditemukan dalam sayuran yang mudah dimasak dan sebagai hiasan di beberapa masakan. Namun kebanyakan orang mengonsumsi selada air dengan menggabungkannya dengan salad atau lalapan. Sebenarnya masih banyak cara untuk mengolah selada air, seperti mengolah selada air adalah dengan membuat sup.

Selain sup, kalian juga bisa mengolahnya sebagai tumisan. Masakan ini cukup mudah dan cepat dibuatnya, sehingga cocok untuk kita yang tidak ingin ribet.

Resep Tumis Selada Air dengan Tambahan Ayam

Di bawah ini adalah resep membuat tumis selada air dengan tambahan ayam yang bisa kalian jadikan referensi untuk makanan yang lezat. Simak ulasannya berikut.

Bahan-bahan

Berikut dibawah ini adalah bahan-bahan pembuat tumis selada air dengan tambahan ayam.

  • 800 ml air
  • 250 gr ayam fillet
  • 1 buah wortel potong bulat-bulat
  • 1 ikat sayur selada air
  • 1/2 batang daun bawang, iris serong
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt bumbu penyedap rasa ayam
  • 2 buah telur, dikocok dengan 1 sdt kecap asin

Campuran Saus

Sesudah kita menyiapkan bahan-bahan pembuat tumis selada air, kita siapkan bahan untuk membuat campuran saus nya.

  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen

Cara membuat

Setelah kita menyiapkan semua bahan-bahan , marilah kita ke step selanjutnya dengan cara membuat tumis selada air dengan tambahan ayam.

  • Dalam satu mangkuk, campurkan telur dengan 1 sendok teh kecap, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dan pecahkan telur menjadi potongan-potongan kecil.
  • Angkat sebentar di pinggir wajan, tambahkan minyak goreng, dan tumis bawang putih hingga harum.
  • Masak hingga ayam matang dengan api sedang, tambahkan air, ayam, wortel, dan campuran saus.
  • Masukkan selada air, lalu bubuk kaldu ayam, terakhir daun bawang, dan rebus selama beberapa menit. Angkat dari oven dan sajikan segera.

6 Manfaat Tumis Selada Air

Selada air mencakup berbagai nutrisi, termasuk serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, sayuran ini rendah kalori, bebas lemak, dan tinggi antioksidan. Tidak heran jika tumis selada air memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah:

Mencegah Penyakit Kronis

Selada air merupakan sumber antioksidan alami yang baik seperti fenol dan flavonoid. Dalam suatu penelitian, sayuran ini memiliki total fenol, flavonoid, dan kandungan antioksidan lebih banyak daripada sayuran tertentu lainnya.

Selada air mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dihasilkan oleh radikal bebas, memungkinkan tubuh untuk mencegah penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini