Usai Italia, Berikut Daftar Negara yang Mengancam OpenAI Blokir Chatbot AI ChatGPT

Primaradio.co.id – Penghasil teks OpenAI Blokir Chatbot AI ChatGPT dan telah menggemparkan dunia. Hal itu sangat disayangkan karena fiturnya yang canggih mengalahkan Google. Dapat menulis esai, kode, dan lebih banyak lagi dengan permintaan teks pendek serta memiliki produktivitas yang sangat tinggi. Namun dibalik itu semua, Chatbot AI ChatGPT juga memiliki sisi yang lebih jahat. 

Baca juga : Teknologi AI di Mesin Cuci Ini Terbukti Sangat Membantu

Bagaimanapun, alat Chatbot AI ChatGPT memang telah berkembang secara dramatis sejak diluncurkan beberapa bulan yang lalu dan tidak akan pernah hilang. Bahkan saat ini perusahaan dan merek-merek besar sedang bereksperimen dengannya. Misalnya saja menggunakan AI untuk menghasilkan salinan iklan dan pemasaran. 

Sebenarnya OpenAI telah banyak berinvestasi pada Chatbot AI ChatGPT. Baru-baru ini OpenAI juga telah didukung oleh ChatGPT-4, yaitu model penulisan bahasa terbaru dari lab OpenAI. Pengguna ChatGPT berbayar dapat memiliki akses ke GPT-4, yang lebih bermanfaat dalam hal menulis dengan lebih alami dan lancar dibandingkan model yang sebelumnya. Selain GPT-4, OpenAI baru-baru ini menghubungkan ChatGPT ke internet dengan plugin yang tersedia dalam alfa untuk pengguna dan pengembang di daftar tunggu. 

Untuk lebih jelasnya mengenai pembaruan rilis produk ChatGPT mulai dari yang terbaru dan kabar masuknya ke berbagai negara hingga kasus Kominfo mengancam OpenAI Blokir Chatbot AI ChatGPT di Indonesia. Simak penjelasan berikut.

Apa Itu Chatbot AI ChatGPT dan Cara Menggunakan Chatbot 

Chatbot AI ChatGPT terus memberikan pesona internet dengan konten yang dihasilkan OpenAI. Hal ini menjadikan perubahan dari chatbot baru yang berhasil menjadi bagian dari teknologi yang mendorong era inovasi teknologi berikutnya. 

Chatbot AI ChatGPT dibuat oleh OpenAI, hal ini menjadi terkenal karena telah mengembangkan pembuat teks ke gambar DALL-E dan mampu menjawab semua pertanyaan beserta penjelasannya yang lengkap. Saat ini tersedia bagi siapa saja yang ingin mencobanya secara gratis. Namun, saat ini belum semua orang ingin bergabung, dan kamu mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Chatbot AI ChatGPT dan bagaimana hal itu dapat mengubah masa depan internet.

  1. Pengertian Chatbot AI ChatGPT

ChatGPT adalah chatbot AI yang dilengkapi dengan berbagai bahasa. Pada dasarnya, kamu dapat mengajukan pertanyaan apapun dan aplikasi ini akan menjawab. Berbeda dengan asisten suara sederhana seperti Siri, ChatGPT dibangun atas dasar LLM (Large Language Model). Jaringan saraf ini dibuat dan dilatih pada informasi dalam jumlah besar dari internet untuk pembelajaran yang lebih kritis dan mendalam.

Nama ChatGPT merupakan singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer. Untuk versi ChatGPT saat ini didasarkan pada GPT-3.5 LLM. Versi model ChatGPT ini dilatih pada semua jenis konten web termasuk situs web, buku, media sosial, artikel berita, dan banyak lagi. Hal itu mampu disesuaikan dengan model bahasa oleh pembelajaran yang diawasi dan RLHF (Reinforcement Learning From Human Feedback).

OpenAI mengatakan penggunaan pelatih AI manusia inilah yang membuat ChatGPT mendunia. ChatGPT pertama kali diluncurkan sebagai prototipe untuk umum pada November 2022, lalu dengan cepat berkembang menjadi lebih dari 100 juta pengguna pada Januari 2023, hal inilah yang menjadikannya perangkat lunak teknologi paling cepat diadopsi yang pernah dibuat.

  1. Cara Menggunakan Chatbot ChatGPT

Pertama, buka chat.openai.com. Jika ini pertama kalinya, kamu harus menyiapkan akun gratis dengan OpenAI sebelum memulai. Selanjutnya kamu memiliki pilihan untuk memilih login yang mudah dengan akun Google email. Ikuti pendaftarannya sampai selesai. Menggunakan chatbot ChatGPT sendiri cukup sederhana, karena yang harus kamu lakukan hanyalah mengetik teks dan menerima jawabannya. 

Daftar Negara yang Blokir OpenAI Chatbot AI ChatGPT

Otoritas perlindungan data di Italia baru-baru ini melarang ChatGPT dengan alasan masalah privasi. Pengawas Perlindungan Data Italia memerintahkan OpenAI untuk berhenti memproses data pengguna Italia selama penyelidikan pelanggaran data yang memungkinkan pengguna melihat judul percakapan chatbot orang lain. Selain itu, kurangnya batasan usia ChatGPT dan kemampuannya untuk memberikan informasi yang tidak akurat merupakan alasan kuat bagi beberapa negara memerintahkan OpenAl blokir Chatbot AI ChatGPT. 

Berikut merupakan beberapa negara yang telah menandai kekhawatirannya seputar kekuatan ChatGPT. Beberapa negara ini juga telah memerintahkan OpenAl blokir Chatbot AI ChatGPT  dan melarang atau membatasi penggunaan chatbot OpenAI di seluruh wilayah negaranya.

  1. China 

China memerintahkan OpenAl blokir Chatbot AI ChatGPT di negaranya. Negara Cina memiliki aturan yang ketat terhadap situs web dan aplikasi asing. Hubungan yang buruk antara China dan Amerika termasuk titik terberat negara China telah melarang dan tidak mengizinkan ChatGPT untuk beroperasi melintasi perbatasannya.

  1. Rusia

Saat ini Rusia sedang mengalami konflik yang terjadi secara tidak langsung dengan negara-negara Barat. Rusia tidak ingin ChatGPT ikut mempengaruhi teknologi narasi dan komunikasi yang bisa mengancam negaranya. 

  1. Korea Utara 

Seperti yang kita ketahui bersama, Pemerintah Korea Utara sangat membatasi rakyatnya dalam menggunakan internet. Mengingat tingkat kontrol otoritatif ini, tidak mengherankan jika Pemerintah Korea Utara melarang penggunaan ChatGPT bahkan tidak segan untuk memerintahkan OpenAl blokir Chatbot AI ChatGPT. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini