Fakta Menarik Piala Dunia U-20 yang Perlu Diketahui

Piala Dunia U-20 menjadi gelaran yang cukup ditunggu. Hal tersebut diajarkan mengingat Piala Dunia sendiri adalah pesta akbar di dunia sepak bola. Hampir setiap pecinta sepak bola pasti menunggu-nunggu gelaran ini.

Baca juga: Lagu Tema Piala Dunia U20 yang Akan Dinyanyikan

Jika melihat dari skalanya, Piala Dunia U-20 memang tidak sebesar Piala Dunia yang diadakan untuk timnas senior. Karena pemain bintang kebanyakan tidak mengikuti Piala Dunia U20, gelaran ini sering dianggap sebelah mata.

Tetapi bagaimanapun, Piala Dunia tetap Piala Dunia. Persaingan yang ada di dalamnya sangat ketat mengingat setiap tim sudah melewati persaingan yang sangat ketat. Hanya tim terbaik yang bisa lolos ke gelaran ini.

Jika melihat secara umum, Piala Dunia U-20 sendiri adalah gelaran yang cukup ditunggu di Indonesia. Itu karena, kualitas pemain U-20 Indonesia sering dikatakan cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak pihak percaya kalau Timnas Indonesia layak berada di gelaran ini.

Perlu diingat kalau sekarang indonesia sendiri sedang gencar melancarkan program naturalisasi untuk pemain muda. Adanya program naturalisasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemain Timnas yang akan berlaga di gelaran internasional.

Terlebih lagi, ada banyak pemain Indonesia yang sekarang bermain di liga luar. Yang terbaru mungkin Marselino Ferdinan yang memutuskan untuk berkarir di Liga Belgia.

Walaupun sempat menimbulkan pro kontra, patut diakui kalau keputusan tersebut membuktikan kalau sepak bola Indonesia sudah berkembang.

Sekilas Tentang Piala Dunia U20 2023

Piala Dunia U20 2023 sendiri seharusnya digelar di Indonesia. Untuk menggelar Piala Dunia, Indonesia sendiri sudah melakukan persiapan sangat matang. Ada enam stadion di Indonesia yang sudah dilakukan renovasi demi menyambut gelaran ini.

Hal tersebut dilakukan untuk membuat stadion tersebut sukses memenuhi standar FIFA ketika Piala Dunia digelar. Para pemain juga sudah dikumpulkan sejak lama. Tidak berlebihan jika timnas Indonesia U20 menjadi salah satu tim yang disiapkan dengan sangat baik.

Pelatih timnas yaitu Shin Tae Yong bahkan beberapa kali meminta ke pihak klub supaya bersedia melepas pemainnya ketika dipanggil ke timnas. Tentu persiapan yang dilakukan tidak hanya dari segi sepak bola. Ada juga persiapan lain dalam segi hiburan.

Salah satunya adalah lagu tema Piala Dunia U-20 yang sebelumnya sudah disiapkan. Lagu berjudul Glorious ini dibawakan oleh Weird Genius bersama tiga penyanyi muda Indonesia yang sedang naik daun yaitu Lyodra Ginting, Tiara Andiri, dan Ziva Magnolya.

Walaupun semuanya terkesan lancar, Piala Dunia U-20 ini akhirnya batal digelar di Indonesia. Ini merujuk pada hasil kualifikasi Eropa dimana Timnas Israel lolos ke gelaran ini. Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan baik.

Ini merujuk pada dukungan Indonesia kepada Palestina yang merupakan lawan politik dari Israel. Masalah ini memuncak ketika FIFA membatalkan drawing yang seharusnya dilakukan di Bali pada 31 Maret 2023.

Ketika pembatalan drawing dilakukan, banyak pihak sudah memprediksi kalau Piala Dunia U-20 akan batal digelar di Indonesia. Hingga akhirnya keputusan ini benar-benar terjadi di mana FIFA memutuskan untuk mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah.

Fakta Menarik Piala Dunia U-20

Walaupun batal digelar di Indonesia, Piala Dunia U-20 tetap menarik untuk diikuti. Terlebih lagi, gelaran ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Jika belum mengetahui fakta menariknya, berikut ulasan lengkap khusus untuk kalian.

1.     Gelaran Pertama

Piala Dunia U-20
Gelaran Pertama

Gelaran pertama Piala Dunia U-20 terjadi pada tahun 1977. Perlu diketahui, ketika itu gelaran Piala Dunia U-20 belum diadakan untuk 24 tim. Jumlah pesertanya hanya 16 tim dan diadakan di Tunisia.

Menarik ketika melihat Afrika menjadi benua pertama yang menggelar ajang ini. Ketika itu banyak pihak meyakini kalau Eropa atau Amerika menjadi tempat yang lebih baik untuk menggelar ajang ini. Itu karena perkembangan sepak bola di benua tersebut lebih baik.

Tetapi FIFA tetap memutuskan untuk menggelar ajang ini di Eropa dengan tujuan untuk mengembangkan sepak bola di benua Afrika. Ketika pertama kali digelar, pertandingan Piala Dunia U-20 menggunakan waktu 2×40 menit.

Format waktu tersebut baru diubah pada tahun 1985 ketika Piala Dunia U-20 digelar di Australia. Sejak saat itu, Piala Dunia U-20 menggunakan waktu yang sama dengan kompetisi sepak bola normal yaitu 2×45 menit.

2.     Negara Tersukses

Piala Dunia U-20
Negara Tersukses

Argentina memegang label sebagai negara tersukses di ajang ini. Dari 22 kali Piala Dunia U-20 diselenggarakan, tim tango sudah menjuarai pagelaran ini sebanyak enam kali yaitu di tahun 1979, 1995, 1997, 2002, 2005, dan 2007.

Di bawah Argentina ada Brasil yang berada di urutan kedua. Brasil sudah menjuarai gelaran Piala Dunia U-20 sebanyak lima kali. Portugal dan Serbia sendiri berada di urutan ketiga. Keduanya sudah menjuarai gelaran ini sebanyak dua kali.

Sisanya sendiri baru menjuarai gelaran ini sebanyak satu kali. Negara tersebut seperti Ukraina, Prancis, Inggris, Jerman, Rusia, Serbia, Spanyol, dan Ghana.

3.     Bintang Top

Piala Dunia U-20
Diego Maradona, Sergio Aguero, hingga Lionel Messi bintang Top Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20 terkenal sebagai ajang yang sukses melahirkan banyak bintang besar. Nama-nama seperti Diego Maradona, Sergio Aguero, hingga Lionel Messi adalah nama-nama jebolan ajang ini.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini