Aplikasi Absensi Online Berbasis Web Gratis Untuk Karyawan

Primaradio.co.id – Semakin berkembangnya teknologi, kini melakukan absensi bisa melalui Aplikasi Absensi Online berbasi web gratis untuk karyawan.

Sebelumnya, absensi karyawan biasa dilakukan secara manual, namun di zaman serba canggih ini beralih menggunakan aplikasi absensi online.

Aplikasi absensi online karyawan ini mulai digunakan setelah adanya pemberlakuan kerja remote. Hal tersebut tentunya perlu diimbangi dengan penggunaan teknologi untuk pencatatan kehadiran karyawan.

Pasalnya, absen manual sudah tidak bisa lagi diandalkan, karena karyawan sudah tidak selalu ke kantor untuk absen di tengah pandemi Covid-19.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Absensi?

Penggunaan aplikasi absensi online berbasis web tak hanya menjawab kebutuhan pencatatan kehadiran karyawan saja.

Akan tetapi, kedisiplinan karyawan serta produktivitas kerja agar tetap terjaga.

Karyawan yang nakal dan ingin memanipulasi kehadiran pun tidak bisa dilakukan jika menggunakan aplikasi absensi online.

Saat ini banyak aplikasi absensi online yang canggih, di mana aplikasi tersebut terdapat fitur real time, menggunakan GPS untuk mengetahui lokasi karyawan.

Jika ingin mengetahui apa saja aplikasi absensi online yang cocok untuk digunakan, terutama aplikasi absensi karyawan berbasis web, Primaradio akan memberikan rekomendasi di artikel ini.

Keunggulan Aplikasi Absensi Online Berbasis Web Gratis Untuk Karyawan

Kecanggihan teknologi tentunya memiliki kelebihan tersendiri bagi para pengguna. Terutama pada penggunaan aplikasi absensi online karyawan yang kini banyak digunakan oleh perusahaan, meski pandemi Covid-19 sudah mereda.

Baca Juga:

Absensi sangat penting untuk dilakukan karyawan dan perusahaan. Pasalnya hal tersebut dapat berpengaruh kepada produktivitas kerja karyawan, penggajian, dan lainnya.

Saat ini, banyak tersedia opsi bagi perusahaan dalam pengadaan absensi. Mulai dari absen fingerprint hingga penggunaan kartu absensi.

Pada praktiknya penggunaan absen karyawan perlu disesuaikan dengan kebijakan yang telah berlaku di perusahaan. Contohnya, kebijakan perusahaan dalam memberlakukan kerja remote atau work from home atau work from anywhere untuk karyawan.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, perlu menggunakan aplikasi absensi berbasis web terbaik untuk karyawan.

Aplikasi tersebut memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah menghemat biaya, sistem keamanan tinggi, dan sangat efisien tentunya.

Dengan apk absensi online berbasis web ini, karyawan tidak akan bisa melakukan kecurangan atau memanipulasi kehadirannya.

Daftar Aplikasi Absensi Online Berbasis Web Terbaik Gratis Karyawan

Aplikasi-absensi-online Hadirr
Ilustrasi. Aplikasi absensi online berbasis web Hadirr.

Ada beberapa rekomendasi aplikasi absensi online berbasis web gratis untuk karyawan, yang bisa dijadikan referensi perusahaan. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Aplikasi Absensi Online Berbasis Web Gratis – HRIS Essentials

Aplikasi ini berguna untuk memudahkan tugas HR dan administrasi karyawan dalam mengelola daftar kehadiran dan administrasi karyawan.

Selain itu, di HRIS Essentials by HashMicro ini bisa menghitung gaji, proses reimbursement, PPH 21, dan kegiatan lainnya.

HRIS atau Human Resource Information Sysyem merupakan salah satu sitem yang terdapat di sistem ERP.

Dapat terintegrasi dengan sejumlah sistem lain yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. HRIS software tersedia pada perangkat lunak berbasis web (cloud), aplikasi mobile, dan perangkat lunak dekstop (on-premise).

Baca Juga:

Tentu saja dapat mempermudah dalam kegiatan menejemen karyawan kapan saja dan di mana saja, walau sedang tidak berada di kantor.

2. Aplikasi Absensi Online Berbasis Web – KaryaONE

Aplikasi menawarkan kemudahan untuk mengelola absensi dan kehadiran karyawan di perusahaan.

Data dari mesin absensi yakni RFID dan fingerprint scanner bisa langsung diimpor secara otomatis.

KaryaONE juga bisa digunakan untuk pengajuan cuti hingga penggajian, yang bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja. Pihak HR pun bisa menghemat pengeluaran operasional.

3. GreatDay HR

Sama seperti yang lainnya, aplikasi ini bisa mengelola kehadiran karyawan perusahaan dengan mudah. Aplikasi ini terdapat teknologi facial recognition.

Karyawan hanya cukup melaukan selfie, dan nantinya aplikasi akan membandingkan foto selfie karyawan dengan foto yang telah terinput di dalam aplikasi.

Selain itu, ada fitur geo tagging untuk mendapatkan informasi lokasi karyawan yang akurat.

4. Aqtive HR

Aqtive HR adalah aplikasi absensi online yang menggunakan sistem cloudi yang bisa digunakan oleh pihak HR, karayawan, HR Manajer, dan HR Admin.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah penggunaan kamera, lokasi, jaringan yang memudahkan dalam validasi absensi.

Selain itu, Aqtive HR dapat melacak keberadaan karyawan secara realtime, data base dan data report yang terseda bisa disesuaikan dengan pengguna.

Absensi pada Aqtive HR memiliki berbagai fitur unggulan, mulai dari pengajuan cuti, reimburse secara onlineface recognition, menentukan tingkat approval cuti, attendance history berfungsi melihat waktu kehadiran karyawan, dan banyak yang lainnya.

Baca Juga:

5. Sleekr

Sleekr bisa digunakan oleh HR Admin dan HR Manager dalam mengelola absensi karyawan dengan mudah dan praktik.

Kemudahan itu juga dirasakan oleh karyawan, karena di aplikasi ini bisa dengan mudah mengetahui dan mengontrol absensi. Selain itu juga bisa mengurus cuti tahunan melalui aplikasi absensi berbasi web ini.

Aplikasi ini juga menyediakan perhitungan pajak penghasilan, perhitungan payroll hingga SPT, database karyawan, overtime atau lembur.

6. Apk Absensi Online – CKZ Time Clock

Aplikasi ini adalah software ‘Time Tracking’ yang digunakan untuk Windows, yangbisa digunakan sebagai alat absensi karyawan.

CKZ Time Clock memiliki fitur dalam pelaporan penggajian, pelacak waktu dan absensi, real time monitoring karyawan, pengajuan cuti, sakit, dan liburan pengganti.

Aplikasi ini layak untuk dipertimbangkan bagi perusahaan yang ingin menerapkan aplikasi absen online.

7. Aplikasi Absensi Online – Hadirr

Hadirr menawarkan fitur unggulan untuk memudahkan pengelolaan absensi untuk karyawan secara online. 

Karyawan tak perlu lagi melakukan absensi di kantor. Absen dapat dilakukan di manapun menggunakan ponsel masing-masing.

Hadirr menggunakan teknologi GPS atau Global Positioning System, sehingga bisa mencatat banyak titik kehadiran karyawan di mana pun berada.

Terdapat sistem deteksi biometrik face recognition yang digunakan sebagai komplementer dari sistem GPS. Hal ini bisa mencegah adanya kecurangan yang akan dilakukan karyawan.

8. Apk Absensi SlimTimer

Aplikasi ini menjadi solusi pelacak jam kerja yang bisa digunakan gratis. SlimTime bisa digunakan untuk mengatur jadwal kerja karyawan.

9. Apk Absensi RescueTime

Aplikasi produktivitas ini cukup populer di kalangan karyawan ataupun pembisnis. Aplikasi ini sangat sederhana, pengguna bisa menggunakannya sebagai add-on browser di Chrome atau Mozila.

10. Apk Absensi MakeSomeTime

Jika banyak mempekerjakan freelance di perusahaan, aplikasi absensi berbasis web ini bisa sanga membantu. Tak hanya digunakan untuk melacak waktu kerja, namun bisa memanfaatkan fitur faktur yang tersedia untuk pembayaran freelance.

Suatu perusahaan sangat membutuhkan alat untuk menganalisa kinerja karyawannya. Salah satunya adalah terkait absensi karyawan yang bisa dilakukan secara online.

Apk absensi online berbasis web bisa digunakan untuk memeriksa kehadiran karyawan ketika bekerja, baik saat FO atau WFH. Apk absensi online berbasis web ini memiliki banyak manfaat dan keunggulan untuk perusahaan.

Demikian penjelasan mengenai daftar aplikasi absensi online karyawan berbasis web. Semoga membantu ya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini