Aplikasi Aksara Jawa Online Gratis Untuk Translate di HP

Primaradio.co.id – Simak daftar Aplikasi Aksara Jawa online gratis untuk translate di HP Android. Aplikasi aksara Jawa akan menjadi solusi untuk setiap orang yang ingin menerjemahkan tulisan aksara Jawa ke dalam arti bahasa Indonesia.

Pernah berwisata ke Yogja atau Solo? Wisatawan akan menemui hal unik pada papan nama jalan saat berwisata ke daerah tersebut. Tulisan di papan jalan ditulis dengan aksara Jawa bertinta putih. Di atas tulisan aksara Jawa biasanya disertai dengan padanan dalam huruf latin.

Huruf latin tersebut memudahkan seseorang yang tengah berwisata atau mencari alamat. Terkhusus bagi orang-orang yang sama sekali belum pernah tahu atau belajar aksara Jawa. Namun, jika padanan huruf latin tersebut tidak jelas atau luntur, pastinya akan membuat kesulitan untuk mengetahui apa arti dari aksara Jawa yang tertulis.

Apalagi, jika tidak ada orang di sekiter yang bisa ditanyai dan GPS ponsel sedang bermasalah. Di situasi genting tersebut, harus membuatmu bisa membaca nama jalan yang tertera agar bisa sampai ke tempat tujuan.

Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak tersedia aplikasi aksara Jawa online gratis untuk translate ke huruf latin, yang tersedia di HP Android. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi aksara Jawa di HP masing-masing.

Baca Juga:

Tentang Aksara Jawa

Untuk memahami aksara Jawa, saat ini bisa dengan mudah menggunakan apk aksara Jawa yang bisa diunduh di Google Play Store.

Aksara Jawa memiliki istilah lain yakni Hanacaraka. Mengapa disebut Hancaraka? Disebut Hancarakan lantaran lima huruf awal pada aksara Jawa yakni Ha Na Ca Ra dan Ka.

Meski kini aksara Jawa sudah tak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, di pelajaran bahasa Jawa masih kerap muncul materi untuk mempelajari aksara Jawa. Zaman dulu, aksara Jawa digunakan menulis di beberapa media kerajaan, misalnya lempeng logam dan prasasti batu.

Dilansir dari DUNIA BATIN JAWA, sejarah aksara Jawa lekat sekali dengan kisah Aji Saka yang mempunyai beberapa variasi. Kisah tersebut banyak dipergunakan untuk bahan mengajar sekolah Hindu-Jawa pada masa itu. Sosok Aji Saka ini diceritakan sebagai orag yang menyebarkan ajaran Hindu di Jawa.

Daftar Aplikasi Aksara Jawa Online Gratis di Android

Penulisan aksara Jawa sangat berbeda dengan penulisan latin yang digunakan oleh masyarakat umum. Tak heran jika tulisan aksara Jawa sulit untuk dibaca. Untuk mempermudah membaca tulisan aksara Jawa, simak daftar apk aksara Jawa ke latin online gratis di bawah ini:

1. Aplikasi Aksara Jawa Huruf Latin – Nulis Aksara Jawa

aplikasi-nulis-aksara-jawa
Ilustrasi. Tampilan Aplikasi Nulis Aksara Jawa.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, sehingga membuat pengguna baru atau yang ingin mempelajari aksara Jawa semangat untuk berlatih. Pada tampilan awal, pengguna diminta untuk mengetikkan kalimat atau kata dalam huruf latin.

Setelah mengetikkan kata atau kalimat tertentu, Nulis Aksara Jawa akan menampilkan padanan dalam aksara Jawa. Ketentuan penulisan di aplikasi ini pun diberikan secara ringkas. Beberapa teori ketentuan itu dapat ditemui dengan cara menggeser ke arah bawa di tampilan utama.

Baca Juga:

Selanjutnya, pengguna langsung diinstruksikan berlatih menulis aksara Jawa. Kelebihannya, aplikasi ini mendukung beberapa aksara kuno lain, yakni aksara Murda, Swara, dan lainnya. Aplikasi ini memiliki kekurangan yakni belum tersedia fitur pengecekan apakah kata yang tertulis sudah benar atau salah.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store dengan OS minimal Android 5.0+.

2. Aplikasi Aksara Jawa Terbaik – Marbel Hanacaraka

Aplikasi ini terbilang cukup seru untuk digunakan dan ramah untuk anak-anak. Marbel Hanacaraka dikembangkan oleh Educa Studio. Saat aplikasi dibuka, pengguna akan disambut dengn suara narator. Ada lantunan musik yang mengiringi selama aplikasi dibuka.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur dengan dua kategori yakni belajar dan bermain. Untuk fitur belajar, terdapat 10 materi yang disediakan. Tiga di antaranya adalah sandhangan, aksara, dan pasangan yang telah dibuka aksesnya oleh pengguna baru. Namun untuk mengakses tujuh materi lainnya, pengguna harus membuka gembok dengan kredit yakni bintang. Bintang bisa diperoleh dengan menonton iklan tertentu di aplikasi tersebut.

Untuk fitur bermain, terdapat empat permainan yang bisa dicoba. Di antaranya adalah tebak aksara, puzzle, tebak pasangan, dan menulis aksara. Ada dua permainan yang telah dibuka aksenya yakni tebak aksara dan puzzle.

3. Aplikasi Aksara Jawa Online – Sinau Bahasa Jawa

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana. Tampilan awal apk ini akan disuguhi dengan dua tombol navigasi. Pada tombol kiri, membawa pengguna untuk ke materi belajar. Sedangkan tombol kanan, akan mengantarkan pengguna untuk menuju ke permainan tebak-tebakkan.

Pada bagian materi terdapat 12 materi, dua di antaranya aksesnya telah dibuka yakni aksara carakan dan tembung. Materi tembung akan ada contoh kata-kata dalam bahasa Jawa lengkap dengan aturan pakainya. Untuk aksara carakan terdapat 20 tema yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti tumbuhan, rumah, olahraga, sekolah. Terdapat 46 level kesulitan di setiap tema.

Baca Juga:

Pengguna diminta untuk menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa. Proses penerjemahannya dengan menyusun kata-kata yang masih berserakan. Jika benar, apk akan menampilkan padanannya dalam aksara Jawa.

 4. Aplikasi Aksara Jawa Gratis – Nulis Aksara

Saat membuaka aplikasi ini, pengguna akan langsung diminta untuk menuliskan suatu kalimat. Setelah menuliskan kalimat, apk ini akan menampilkan padanan kalimat dalam aksara Jawa. Jika ingin berlatih di aplikasi ini, tidak ada contoh aturan penulisan yang benar. Fitur untuk menginput balik kalimat dari aksara Jawa ke latin pun tidak tersedia.

Untuk bisa mencermati dan menghafat kata per kata, pengguna bisa memeriksannya di tombol berbentuk buku yang ada pada pojok kanan atas. Hal menarik di apk Nulis Aksara adalah terdapat aksara Sunda, Lampung, dan Bali.

5. Aplikasi Aksara Jawa – hana.rip

Aplikasi ini membantu pengguna untuk mengubah teks alfabet ke dalam aksara Jawa. Bahkan ketika sedang mengetik teksnya di dalam aplikasi, aksara Jawa bisa langsung terlihat. Di apk ini dapat dengan mudah menempel atau menyalin hasil terjemahan dari dan ke aplikasi. Bahkan, hasil terjemahannya bisa didapatkan dalam bentuk gambar.

Aplikasi ini diluncurkan pada 2021 lalu oleh Dansvel. Apl ini menggunakan beragam jenis pedoman, salah satunya adalah panduan dalam penulisan aksara Jawa diterbitka oleh Yayasan Pustaka Nusatama.

6. Apk Aksara Jawa ke Latin – Contekan Aksara Jawa

Aplikasi ini cocok untuk seseorang yang ingin belajar tentang aksara Jawa. Dalam aplikasi ini terdapat contoh aksara Jawa yang bisa dipelajari.

7. Apk Aksara Jawa Online di HP – Nulis Jawa

Apk aksara Jawa online Nulis Jawa ini bisa diunduh di HP Android. Apk ini bisa membantu untuk mengubah tulisan alfabet menjadi Hanacaraka. Pengguna hanya perlu mengetikkan tulisan alfabet atau latin, yang nantinya akan ditampilkan aksara Jawa. Apk ini dikembangkan oleh Diono Software.

8. Aplikasi Keyboard Aksara Jawa

Ingin membuat postingan status yang berbeda dari yang lain? Bisa menggunakan aplikasi Keyboard Aksara Jawa untuk menuliskan sebuah kalimat di media sosial. Apk ini bisa digunakan untuk keperluan lain, yakni membuat teks Aksawa Jawa dan lainnya.

9. Apk Aksara Jawa Online – Aksara

Apk ini salah satu rekomendasi lantaran memiliki fitur yang lengkap, dengan huruf Hanacaraka yang lebih bagus dan jelas terbaca. Tak hanya ada aksara Jawa saja, terdapat aksara dari daerah lain yakni Batak Mandailing, Kawi, Bali, dan Lontara Makassar. Hanya saja pihak pengembang Kampoeng Stoedio mengaku jika apk ini masih belum akurat 100 persen.

10. Apk Kamus Bahasa Jawa Lengkap

Aplikasi dari Artha Digitech ini sangat lengkap. Pengguna bis amenemukan kosa kata bahasa Jawa yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada fitur teks aksara Jawa yang lengkap, di antaranya pasangan, sandhangan, dan aksara angka. Apk ini bisa digunakan secara gratis dan offline.

Itu lah beberapa aplikasi aksara Jawa online terbaik yang bisa digunakan. Semoga membantu ya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini