5 Pulau Terpencil di Dunia yang Wajib Anda Kunjungi

5 pulau terpencil di dunia sangat menarik untuk Anda ketahui. Hal ini karena masing-masing mempunyai keunikan yang tidak dapat Anda temukan pada pulau lain. 

Baca juga : Lengkap! Zodiak 2023 Tanggal & Bulan Lahir Januari s/d Desember

Lokasinya jauh dari daratan, jalur udara maupun pelayaran. Tidak heran jika tempat-tempat terisolasi itu membuat banyak orang semakin penasaran untuk menjelajahi setiap sudutnya. 

Selain itu, bisa sekaligus mencari ketenangan untuk mengistirahatkan pikiran dari padatnya aktivitas perkotaan. Tentu untuk mencapai setiap pulaunya Anda membutuhkan perjuangan ekstra. 

Hal ini karena tidak setiap saat ada transportasi melewati pulaunya. Jika Anda tertarik untuk berpetualang ke sana maka harus memiliki keberanian tinggi agar mampu bertahan hidup.

Intip 5 Pulau Terpencil di Dunia yang Jauh dari Jangkauan

Intip 5 Pulau Terpencil di Dunia yang Jauh dari Jangkauan

Saat ini masih ada pulau terpencil berpenghuni. Kami akan menyajikan 5 contoh pulau terpencil secara detail beserta lokasinya. Dengan demikian, akan mempermudah bagi Anda untuk mengunjunginya. 

  1. Pulau Paskah 
Pulau Paskah

Pulau Paskah atau Easter Island memiliki nama lain Rapa Nui dan Pito te Henua. Letaknya di Pasifik Selatan, tepatnya sekitar 3.767 km dari Santiago, Chili. Luas pulaunya 163 km persegi. 

Ciri khasnya terdapat patung batu raksasa bernama Moai. Jumlah Moai ada lebih dari 60 buah. Tujuan pembuatan Moai adalah untuk memperingati para leluhur penting. 

Selain itu, juga terdapat reruntuhan halus atau anjungan batu raksasa. Pusat pemerintahan yang mengelola memasukkannya dalam daftar 5 pulau terpencil di dunia. 

Bentuknya segitiga dengan lebar 11 km, panjang 23 km dan luas 163 km persegi. Orang yang berjasa menemukannya adalah Jacob Roggeveen, ahli navigasi dari Belanda.

Pemberian nama Paskah karena Jacob Roggeveen menemukannya saat hari paskah pada tahun 1722. Orang pertama yang menempatinya adalah keturunan imigran dari Polinesia. 

  1. Pulau Diego Garcia
Pulau Diego Garcia

Diego Garcia merupakan atol karang yang berbentuk huruf V. Adapun lokasinya berada di tengah Samudra Hindia dan termasuk dalam anggota Kepulauan Chagos paling terbesar. 

Fungsinya sebagai pangkalan dukungan laut dan udara bagi militer Inggris dan Amerika Serikat. Alasannya karena lokasinya sangat strategis, yaitu antara Timur Tengah, Afrika Timur, Australia dan Asia Tenggara. 

5 pulau terpencil di dunia ini pernah menjadi tempat tinggal bagi 1000 lebih penduduk. Namun, pada tahun 1971, penduduk tersebut berpindah ke Seychelles dan Mauritius untuk militerisasi. 

Anda hanya bisa mengaksesnya menggunakan transportasi militer. Dengan demikian tidak semua orang dapat pergi ke sana karena aksesnya terbatas. Orang yang pertama menemukannya adalah pelaut dari Portugis pada tahun 1512. 

Berdasarkan sejarahnya, Perancis dan Inggris kemudian menjajah Diego Garcia sehingga menjadi milik Inggris. Lalu, Inggris mengizinkan Amerika Serikat mendirikan pangkalan militer pada tahun 1966. 

Saat ini Diego Garcia termasuk dalam 5 pulau terpencil di dunia dan menjadi pangkalan militer kuat milik AS. Pada bulan Maret 2015 menjadi satu-satunya tempat yang berpenghuni BIOT. 

Penduduk yang menempati terdiri atas kontraktor pendukung dan para personel militer. Luasnya hanya 44 km persegi dan letaknya terpencil sehingga membuat pulaunya tidak tersentuh. 

  1. Novaya Zemlya
Novaya Zemlya

Kepulauan Novaya Zemlya (Tanah Baru) ini terbentuk dari 2 pulau Arktik besar dan beberapa pulau kecil. Kepulauan ini yang mengelola adalah Rusia. 

Keberadaannya memisahkan Kara dan laut Barents yang terletak di sepanjang pantai barat laut Rusia. Novaya Zemlya menjadi tempat uji coba nuklir selama lebih dari 100 kali pada saat Perang Dingin. 

Hal tersebut terjadi antara tahun 1954 dan 1990. Salah satu dari 5 pulau terpencil di dunia tersebut pada bagian selatan ada Pulau Yuzhny. Lalu, pada bagian utara terdapat Pulau Severny. 

Kedua pulaunya terletak sejajar dengan jarak 600 mil atau 1000 km arah barat daya-timur laut. Adapun yang memisahkan keduanya adalah selat sempit bernama Matochkin Shar. 

  1. Tristan da Cunha
Tristan da Cunha

Selanjutnya, ada Tristan da Cunha yang juga berpenghuni. Anda tidak akan menemukan penginapan, restoran maupun rumah makan. Jika ingin ke sana Anda harus bermental kuat karena penuh dengan tantangan. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena satu dari 5 pulau terpencil di dunia itu memiliki banyak bungalo. Tristan da Cunha juga ada peternakan sapi dan ladang kentang. 

Sedangkan, sumber listriknya berasal dari generator diesel. Satu-satunya pemukiman yang ada di Tristan da Cunha adalah Edinburgh of the Seas. Pemukiman tersebut menjadi rumah bagi 269 penduduk.

Daratan utama paling dekat dengan Tristan da Cunha adalah Cape Town Afrika yang jaraknya 2.787 km. Anda dapat dengan mudah mengakses pulau ini karena tidak ada bandara. 

Anda hanya dapat mengaksesnya memakai kapal. Perjalanannya membutuhkan waktu selama satu minggu. Dalam satu tahun hanya terdapat 9 kapal yang berkunjung ke daerah tersebut. 

Tristan da Cunha masuk dalam daftar 5 pulau terpencil di dunia. Penemunya adalah seorang laksamana Portugis pada tahun 1506. Dahulu masyarakat tidak menggunakan pulaunya sebagai pemukiman permanen. 

Lalu, pada tahun 1816 garnisun Inggris telah mengambil alih komando yang berada di bawah Raja George III. Setelah garnisun disingkirkan, William Glas seorang kopral Inggris beserta teman-temannya tetap menetap. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini