9 Rekomendasi Tempat Makan Bigul di Bali Wajib Coba

Ingin tahu rekomendasi tempat makan bigul, di Bali kalian pasti akan menemukan banyak tempat makan menyediakan menu babi guling. Hidangan ini sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Baca Juga : Resep Rujak Bulung Khas Bali dan Fakta Menariknya

Menu ini memiliki rasa khas dengan perpaduan rempah mewah dan akan meresap karena daging dipanggang di atas batok kelapa kering, sehingga memaksimalkan bau harum. Tidak sampai di situ saja, selama proses pemanggangan juru masak akan terus melumurinya dengan kunyit serta minyak agar menghasilkan kulit krispi pada bagian luar.

Sensasi kriuk dan krispi ini yang membuat banyak orang ketagihan untuk memakan babi guling setiap liburan ke Bali.

Sejarah Bigul Hingga Menjadi Hidangan Favorit para Turis

rekomendasi tempat makan Bigul

Hidangan bigul memang paling enak, apalagi kalian bisa merasakannya langsung saat sedang berlibur di Pulau Dewata. Sebelum kita memberikan rekomendasi tempat makan bigul di Bali kalian harus mengetahui bahwa hidangan ini masih berkaitan dengan unsur budaya serta tradisi mendalam di masyarakat Bali.

Pada zaman dahulu, hidangan ini biasanya akan menjadi salah satu menu wajib pada setiap tradisi upacara agama Hindu sebagai persembahan kepada para dewa dan roh leluhur.

Babi di Bali juga merupakan salah satu simbolisme agama, memiliki makna spiritual dalam kepercayaan Hindu. Hidangan bigul selain dijadikan menu persembahan pada acara tradisi upacara agama, biasanya ada pada upacara kematian, pernikahan hingga festival agama.

Cara masaknya masih sangat tradisional berbeda dengan beberapa tempat di rekomendasi tempat makan bigul (babi guling) akan terpanggang di atas bara api hingga menghasilkan daging yang empuk dengan kulit renyah. 

Menambah cita rasa menjadi sangat istimewa daging akan diasinkan dengan berbagai rempah seperti kunyit, bawah putih dan lainnya agar memberikan rasa khas.

Sejak pariwisata Bali makin populer, semakin banyak turis berkunjung ke Pulau Dewata. Beriringan dengan kepopularitasan Bali, hidangan ini juga semakin dikenal oleh wisatawan.

Banyak sekali rekomendasi tempat makan bigul yang bisa kalian datangi untuk mencoba sendiri bagaimana citarasa istimewa hidangan khas Bali ini. Apalagi seiring berjalannya waktu, hidangan ini kini sudah mengalami perkembangan variasi.

Beberapa warung makan menawarkan bigul dengan berbagai saus, sate, atau nasi campur untuk memenuhi selera para pengunjung.

Dari sejarah babi guling, kalian akan melihat hubungan erat antara agama, budaya dengan kuliner di Bali. Hidangan ini terus menggoda lidah banyak orang baik masyarakat lokal hingga wisatawan asing dan menjadi salah satu ikon kuliner di Indonesia.

9 Rekomendasi Tempat Makan Bigul di Bali

rekomendasi tempat makan Bigul

Bali menjadi salah satu destinasi kuliner yang kaya dengan berbagai hidangan lezat, salah satu yang banyak wisatawan cari adalah babi guling. Menu ini merupakan makanan tradisional khas Pulau Dewasa sangat menggugah selera.

Kalian bisa merasakan daging babi empuk, rasa rempah yang sedap hingga tekstur kulit renyah dan krispi menambah kenikmatan. Ingin juga merasakan kelezatan dari hidangan ini, berikut ini 9 rekomendasi tempat makan bigul di Bali wajib kalian coba sendiri:

Warung Babi Guling

Warung ini memang sangat terkenal, salah satu alasannya karena kalian bisa menikmati menu bigul dengan sambalnya yang lezat. Di tempat ini kalian bisa menikmati satu porsi lengkap dengan lawar, sayur, sup hingga nasi.

Beberapa menu minuman tersedia antara lain es teh manis, es jeruk dan masih banyak pilihan lainnya yang tidak kalah menyegarkan. Berlokasi di Jalan Raya Kuta, kalian bisa datang saat sarapan, makan siang atau makan malam karena warung made sekar buka mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 7 malam.

Babi Guling Bu dayu

Menu Bigul selanjutnya berasal dari warung Bu Dayu, tempat ini terkenal dengan daging yang masih fresh, sehingga membuatnya memiliki cita rasa lezat. Selain menu bigul yang menjadi best seller, Bu Dayu juga menjual menu lainnya seperti nasi campur, balung kuah, sate daging babi, serta babi dengan bumbu rica.

Tersedia juga minuman segar es teh serta es jeruk, cocok kalian nikmati dengan hidangan bigul. Coba untuk datang ke rekomendasi tempat makan bigul ini karena membanderol harga relatif terjangkau mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp60.000. Buka pada pukul 7 malam hingga jam 2 pagi.

Babi Guling Jero Kawan

Restoran ini sudah cukup luas dengan tempat parkir yang luas, cocok untuk rombongan karena memiliki aula makan cukup lebih besar. Menu andalan lainnya yang tersedia antara lain kuah balung babi, sate lilit, kuah kikil babi.

Kalian juga bisa merasakan kesegaran karena Jero Kawan juga menyediakan menu minuman antara lain es jeruk, es kelapa dan es teh. Kalian bisa mengunjungi rekomendasi tempat makan bigul ini di Jalan Raya Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Buka mulai dari 10 pagi hingga 9 malam, harganya mulai dari Rp15 ribuan saja hingga paling mahal Rp60 ribuan.

Babi Guling Pak Dobiel

Berbeda dengan ketiga menu bigul sebelumnya, di sini kalian bisa merasakan cita rasa yang autentik berbeda dengan warung lainnya. Kalian bisa menikmati satu porsi bigul dengan nasi, lawar, kerupuk dan terakhir sup.

Berlokasi di Jalan Srikandi No. 9 Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, kalian bisa datang ke tempat mulai dari jam 10 pagi hingga 4 sore saja. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini