Cara Beli Kacamata Pakai BPJS dengan Cukup Mudah

Cara beli kacamata pakai BPJS menjadi pengetahuan yang sangat penting. Itu karena, masih banyak orang yang tidak mengetahui tata cara dalam proses pembeliannya. Perlu diketahui, kacamata sendiri masih termasuk ke dalam layanan BPJS.

Baca juga: Apa Itu Stunting dan Bagaimana Cara Pengobatannya

Oleh karena itu sangat merugikan jika kalian malah membelinya dengan uang pribadi padahal terdaftar pada layanan BPJS. Terlebih lagi harga kacamata sendiri cukup mahal sehingga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Cara Beli Kacamata Pakaij BPJS

Cara Beli Kacamata Pakaij BPJS
Sumber Gambar: cloudfront.net

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat akan beli kacamata memakai layanan BPJS. Berikut cara membeli kacamata pakai BPJS secara lengkap.

Konsultasi

Langkah pertama dalam cara beli kacamata pakai BPJS Kesehatan adalah berkonsultasi dengan dokter yang terdaftar sebagai penyedia layanan BPJS Kesehatan. 

Kalian dapat membuat janji temu dengan dokter melalui fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS atau langsung ke dokter yang telah kalian pilih sebelumnya. 

Saat berkonsultasi dengan dokter, jelaskan keluhan terkait penglihatan dan kondisi mata kalian. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengevaluasi kondisi mata kalian. 

Langkah dalam cara beli kacamata pakai BPJS ini mencakup pemeriksaan visual, pengukuran ketajaman penglihatan, dan pemeriksaan kesehatan mata seperti pemeriksaan tekanan bola mata. 

Setelah meninjau hasil pemeriksaan, dokter akan memberikan rekomendasi apakah kalian membutuhkan kacamata atau tidak. Jika diperlukan, dokter akan meresepkan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan penglihatan kalian.

Resep Kacamata

Langkah kedua dalam cara beli kacamata pakai BPJS adalah memperoleh resep kacamata dari dokter setelah konsultasi. Resep ini akan berisi informasi tentang kekuatan lensa yang diperlukan untuk mengkoreksi masalah penglihatan kalian. 

Pastikan untuk memahami dan mencatat resep dengan jelas, karena kalian akan membutuhkannya saat membeli kacamata di toko optik. 

Jika ada pertanyaan atau ketidakjelasan mengenai resep, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter untuk penjelasan lebih lanjut sebagai proses wajib dalam cara beli kacamata pakai BPJS. 

Setelah memiliki resep, kalian dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam proses pembelian kacamata menggunakan BPJS Kesehatan.

Datang ke Toko Optik

Setelah memperoleh resep kacamata dari dokter, langkah berikutnya dalam cara membeli kacamata pakai BPJS adalah mengunjungi toko optik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

Sebelum mengunjungi toko optik, pastikan untuk membawa resep yang diberikan oleh dokter. Saat tiba di toko optik, jelaskan kepada staf bahwa kalian ingin membeli kacamata menggunakan BPJS Kesehatan. 

Dalam cara beli kacamata pakai BPJS, akan meminta kalian untuk menunjukkan resep yang sebelumnya didapat dan kartu BPJS yang dimiliki.

Setelah staf toko optik memeriksa resep dan kartu BPJS Kesehatan, staf akan membantu kalian memilih bingkai kacamata yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kalian. 

Ada berbagai macam bingkai kacamata yang tersedia, mulai dari model yang sederhana hingga desain yang lebih modis. Staf toko optik juga akan membantu kalian memilih lensa kacamata yang sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. 

Staf akan menjelaskan pilihan lensa yang tersedia, seperti lensa anti-UV atau lensa tahan gores, dan membantu kalian memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan kalian.

Proses Klaim BPJS

Setelah memilih bingkai kacamata dan lensa yang diinginkan, staf toko optik akan memproses klaim BPJS Kesehatan sebagai bagian dari cara beli kacamata pakai BPJS. 

Staf akan memasukkan informasi yang diperlukan ke dalam sistem BPJS Kesehatan dan mengajukan klaim atas pembelian kacamata kalian. 

Pastikan untuk memberikan semua informasi yang diperlukan dan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh toko optik untuk memastikan klaim kalian diproses dengan lancar. Setelah klaim disetujui, kalian akan diberitahu oleh staf toko optik. 

Pembayaran Tambahan

Selanjutnya dalam cara beli kacamata pakai BPJS, kalian dapat menyelesaikan pembayaran, jika ada biaya tambahan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan, seperti biaya tambahan untuk lensa kacamata khusus atau bingkai kacamata tertentu. 

Setelah pembayaran selesai, kalian akan dapat mengambil kacamata kalian dari toko optik dan memastikan bahwa sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Tips Memilih Bingkai Kacamata

cara beli kacamata pakai BPJS
Sumber Gambar: www.fwd.co.id

Sat membeli kacamata baru, pastikan tidak asal dalam pemilihan bingkai supaya lebih tahan lama. Dalam pemilihan bingkai sendiri, beberapa tips berikut perlu kalian perhatikan:

Bentuk Wajah

Identifikasi bentuk wajah kalian (bulat, persegi, oval, hati, atau berlian). Bingkai kacamata yang tepat dapat menyeimbangkan fitur wajah kalian. Misalnya, bingkai bulat biasanya cocok untuk wajah persegi, sementara bingkai persegi dapat menyeimbangkan wajah bulat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini