Definisi dan Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Keseharian

Apa definisi dan contoh Teknologi Tepat Guna? Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah teknologi untuk dirancang agar sesuai dengan konteks yang dimaksudkan. Hal ini termasuk aspek lingkungan, budaya serta ekonomi.

Baca juga: Mengenal Jenis Referral Marketing dan Keuntungannya

Karakteristik utama kebanyakan Teknologi Tepat Guna adalah tahan lama, kecil, dan fungsional. Agar efektif dalam praktiknya, itu harus mudah dipelihara. Agar efektif bagi banyak orang juga berdampak luas, maka harus terjangkau.

Ini juga dapat digambarkan sebagai tingkat teknologi paling sederhana dapat secara efektif mencapai tujuan diinginkan di lokasi tertentu. Di negara-negara maju, istilah ini memiliki arti berbeda juga seringkali mengacu pada suatu desain yang secara khusus.

Ketahui Definisi dan Contoh Teknologi Tepat Guna

Beberapa lebih memilih untuk memanfaatkan istilah Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk membedakannya dari situasi lain di mana istilah tersebut dapat digunakan. Sinonimnya adalah teknologi menengah, teknologi dasar dan teknologi untuk orang miskin. 

Apa Itu Teknologi Tepat Guna?

Salah satu definisi dan contoh Teknologi Tepat Guna adalah teknologi ini digunakan untuk memecahkan masalah teknologi di seluruh dunia. Tujuannya adalah memberikan solusi berkelanjutan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Teknologi Tepat Guna (TTG) ini juga memiliki tujuan untuk mengatasi kebutuhan untuk mengurangi polusi melalui penggunaan sumber energi terbarukan serta bahan daur ulang jika memungkinkan. Solusi berkelanjutan untuk masalah teknologi lebih mungkin muncul ketika pengetahuan lokal digunakan. 

Menggunakan pengetahuan serta pengalaman yang ada yang dapat diwariskan di masyarakat dan dari generasi ke generasi. Penggunaan sumber daya lokal juga mengurangi total biaya. Penggunaan sumber energi terbarukan juga digalakkan. 

Apa Saja Contohnya?

Ini dapat memiliki manfaat positif signifikan bagi lingkungan lokal dan global. Untuk definisi dan contoh Teknologi Tepat Guna selanjutnya adalah penggunaan sumber energi terbarukan, dengan pengecualian pasokan kayu yang berkelanjutan, mengurangi emisi karbon dioksida. 

Emisi karbon dioksida dari pembakaran minyak dan batu bara memperkuat efek rumah kaca. Pengurangan emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida ini juga bermanfaat bagi lingkungan lokal juga global ketika batu bara tidak digunakan sebagai sumber energi utama.

Tujuan dari Definisi dan Contoh Teknologi Tepat Guna

Penggunaan Teknologi Tepat Guna (TTG) harus bermanfaat secara finansial bagi masyarakat dalam jangka panjang serta menawarkan kesempatan kerja memadai. Solusinya harus bermanfaat secara umum.

Solusi tersebut mencakup masyarakat dan individu, dengan seperangkat manfaat yang jelas seperti kesehatan dan keselamatan, pendidikan, pekerjaan tetap, dan pendapatan keluarga yang lebih baik. Solusinya harus sesuai dengan budaya masyarakat setempat. 

Definisi dan contoh Teknologi Tepat Guna untuk mengatasi masalah seringkali membutuhkan penggunaan komponen yang mahal, yang sebagian besar harus diimpor. Ini biasanya membutuhkan pelatihan khusus, yang membutuhkan biaya serta waktu tambahan. 

Seringkali kebutuhan untuk menyediakan suku cadang mahal juga mengurangi kemungkinan solusi berkelanjutan untuk masalah yang meningkatkan biaya keseluruhan proyek.

Tidak semua keuntungan yang disebutkan dimungkinkan di setiap solusi atau tidak sama-sama ditekankan. Namun, keterlibatan masyarakat lokal, penggunaan sumber daya lokal dan keterampilan lokal sangat penting untuk keberhasilan penerapan teknologi tepat guna. 

7 Contoh Teknologi Tepat Guna yang Ditemukan di Indonesia

7 Contoh Teknologi Tepat Guna yang Ditemukan di Indonesia

Teknologi modern tidak lepas dari bentuk-bentuk sederhana serta benda-benda kecil sekeliling kita. Dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia, berikut adalah 7 contoh TTG ditemukan oleh anak bangsa.

Alat Pendeteksi Telur

Bentuk alat ini merupakan sebuah detektor. Bentuknya mirip senter dengan sensor cahaya serta kalibrator. Jika indikator yang ditunjukkan pada telur berwarna hijau pekat, telur dalam kondisi baik. 

Sebaliknya, jika lampu indikator tidak terang maka lampu merah akan menyala yang menandakan telur busuk atau tidak layak pakai. Ini adalah salah satu definisi dan contoh Teknologi Tepat Guna karya anak bangsa yang sederhana namun bermanfaat.

Alat Pemotong Bawang Otomatis Pemotong 

Teknik sederhana juga efektif ini sangat nyaman bagi ibu rumah tangga dan kalian yang membutuhkan banyak makanan. Alat digerakkan oleh motor listrik dengan keluaran kurang dari 200 volt. Pisau di mesin pemotong setiap bawang dengan ketebalan yang sempurna.

Kompos Sampah Organik

Banyak limbah organik rumah tangga dapat digunakan sebagai kompos tanaman. Sampah organik ini mudah dibuat di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan ember, tabung paralon besar juga kecil, serta kain keras seperti sprei serta filter kompos. 

Selanjutnya, buat lubang kecil pada ember bekas, fiber juga paralon. Kemudian masukkan semua paralon melalui ember. Sebuah pipa besar ditempatkan di ember untuk membuat aliran kompos.

Kulkas Tanpa Listrik

Definisi dan contoh Teknologi Tepat Guna berikutnya adalah kulkas tanpa listrik. Lemari es ini menggunakan limbah polistiren dari lingkungan. Kalian dapat memasukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam kue kering serta memasukkannya ke dalam kulkas non-listrik ini. 

Sayuran juga buah akan tetap segar dalam waktu 7 hari. Hal ini disebabkan sistem garam aktif pada styrofoam yang dipadukan dengan pasir bersih.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini