Pentingnya Digitalisasi UMKM untuk Dongkrak Pendapatan

  1. Riset Pasar

Sebelum mengelola produk, pemilik usaha UMKM perlu melakukan riset pasar. Kalian dapat menemukan barang apa yang dibutuhkan konsumen. Selain itu, kalian bisa memeriksa praktik pesaing dalam menangani barang dan jasa yang berhubungan dengan konsumen.

  1. Memilih Software yang Tepat

UMKM harus dapat memilih perangkat lunak yang tepat agar tetap kompetitif. Ini karena rencana adopsi teknologi harus sejalan dengan tujuan dan persyaratan teknologi yang telah kalian tentukan.

  1. Buat Rencana Bisnis

Tips selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis dengan hati-hati untuk UMKM yang ingin beralih ke digital. Misalnya dengan membuat rencana jangka pendek, menengah, dan panjang.

  1. Promosi Brand

Digitalisasi UMKM juga membutuhkan penyelesaian tugas promosi merek. Melalui WhatsApp Business, kalian bisa mengambil langkah kecil dengan menjalankan promosi melalui saluran yang sering digunakan oleh pelanggan.

Untuk menyebarkan informasi mengenai barang atau jasa yang disediakan, mulailah dengan yang terdekat dengan kalian. Merek ini sangat penting agar dikenal oleh khalayak luas, mulai dari produk, logo, dan diakhiri dengan karakteristik perusahaanmu.

Kalian juga bisa menggunakan platform media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan alat yang ditawarkan oleh media sosial, kalian bisa menjalankan kampanye tanpa mengeluarkan uang. Contohnya, kamu bisa mengakses situs web toko online menggunakan fitur tautan Instagram.

  1. Pemasaran Online

Tentu saja pemasaran bisa dilakukan secara online. Kalian bisa mengirimkan produk tanpa benar-benar membuka toko. Digitalisasi dapat memanfaatkan platform penjualan media online yang menciptakan etalase virtual.

Apalagi konsumen saat ini sering menggunakan internet ketika berbelanja. UMKM dapat memanfaatkan kesempatan luar biasa ini untuk membangun pasar konsumen dan membangkitkan minat mereka untuk membeli secara online.

  1. Kerjasama UMKM

Kalian bisa melakukan kerjasama komersial dengan digitalisasi. Bagaimana caranya? cukup bekerja dengan berbagai organisasi, termasuk pemerintah atau lembaga terkait lainnya, perusahaan swasta, dan pasar internet yang telah memberikan platform kepada bisnis UMKM untuk menunjukkan identitas dan mengembangkan bisnis kalian.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai digitalisasi, kalian juga bisa bergabung dengan komunitas UMKM lainnya. Kalian bisa menemukan teman dalam komunitas sehingga dapat mengaplikasikannya untuk bisnis tersebut.

  1. Pengelolaan Operasional secara Digital

Bagi internal UMKM, digitalisasi menjadi faktor yang paling krusial. Artinya, pemilik usaha UMKM juga bisa memanfaatkan teknologi. Dengan menggunakan manajemen hubungan pelanggan, aktivitas ini dapat berbentuk layanan digital yang diberikan kepada pelanggan.

Selain itu, software akuntansi online yang sudah terintegrasi dengan sistem keuangan lainnya memungkinkan kalian untuk mengelola dana yang ada.

  1. Aktif di Website dan Media Sosial

Selanjutnya, online presence adalah strategi terbaik untuk meningkatkan digitalisasi UMKM. Apa itu online presence?

Online presence ini menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan situs web pesaing dan saluran media sosial, kehadiran online perusahaanmu lebih diperhatikan oleh konsumen internet. Akibatnya, banyak orang yang mengetahui dan lebih tertarik dengan perusahaanmu.

Tujuan utama online presence adalah untuk menarik klien baru ketika mereka mengunjungi situs web perusahaan. Jika bisnis kalian memiliki kehadiran online yang aktif dan menarik, pelanggan lebih cenderung percaya pada barang dan layanan yang diberikan.

  1.  Memprioritaskan Pelanggan dan Karyawan

Keberhasilan transformasi digital bagi UMKM bergantung pada satu upaya tambahan, yaitu menjaga kepentingan pelanggan dan staf. Itulah beberapa keuntungan yang berbeda serta tindakan yang harus dilakukan agar pemilik usaha UMKM tetap up-to-date di era digital.

Dengan mengikuti penggalangan dana di, kalian juga dapat mendukung transformasi digital UMKM. Kalian bisa berkontribusi untuk memberikan dampak sosial yang baik.

  1.  Sistem Pembayaran Digital

Penggunaan sistem pembayaran digital menjadi strategi terakhir untuk meningkatkan digitalisasi UMKM. Persyaratan ini tidak diragukan lagi diperlukan karena tanpa sistem pembayaran online, digitalisasi perusahaan tidak dapat dilanjutkan.

Untuk membantu UMKM membangun sistem pembayaran digital, kini tersedia beberapa opsi pembayaran online. Namun, kalian harus berhati-hati ketika memilih layanan tersebut.

Baca juga : Mengenal Pengertian Inflasi, Penyebab, dan Dampaknya

Itu dia beberapa langkah dan manfaat digitalisasi UMKM khususnya di era serba teknologi seperti sekarang ini. Jadi jangan lupa diterapkan ya!

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini