Gunung Bawah Laut Ditemukan di Sekitar Flores Masih Aktif

Primaradio.co.id – Indonesia merupakan negara yang kaya akan gunung berapi, sampai-sampai gunung bawah laut ditemukan di sekitar Flores oleh peneliti dan akademisi bulan Mei lalu. Jumlahnya tidak hanya 1, melainkan sebanyak 29, dan yang lebih menarik lagi, gunung ini masih aktif!

Baca juga : Papan Melayang Hoverboard Aircraft dan Manfaatnya bagi Manusia

Tahukah kalian kalau sebenarnya gunung itu bukan hanya terletak di daratan? Ada sejumlah gunung yang letaknya di bawah air, dan caranya terbentuk adalah dengan bagian cincin api serta tumbukan lempeng benua. Bahkan bisa saja gunung itu meledak kapan saja jika aktif.

Pada tahun 2020, Badan Informasi Geospasial Indonesia menemukan 8 gunung berapi di bawah laut. Tetapi seiring berjalannya waktu, penemuan gunung ini semakin banyak. Ini jelas jadi hal yang sangat menarik, mengingat Indonesia sudah memiliki banyak gunung di darat.

Secara umum, Indonesia memang adalah negara yang rentan terhadap pergerakan di dasar bumi. Sehingga tidak heran kalau kemunculan gunung yang baru ditemukan itu bisa di mana saja. Tetapi sebelum mengetahui lebih banyak, simak dulu semua detail mengenai gunung bawah laut ditemukan di sekitar Flores di bawah ini.

Apa Itu Gunung Bawah Laut Secara Umum?

Apa Itu Gunung Bawah Laut Secara Umum?

Ada banyak gunung di bawah laut, dan kebanyakan dari mereka tertutupi oleh lifeform yang unik dan beraneka ragam. Itu juga yang membuat gunung bawah laut ditemukan di sekitar Flores tidak lama ini. Gunung di bawah laut ini biasanya dibentuk oleh aktivitas dari gunung berapi.

Sehingga dulunya, kehadiran gunung bawah laut ini sering kali dianggap cukup berbahaya. Selain itu, kekayaan biologis ini dibentuk berkat lereng gunung yang curam. Sehingga nutrisi bisa disalurkan ke dalam lautan. Sementara itu, gunung berapi aktif di bawah laut juga ada.

Ini biasanya ada di sepanjang batas lempeng tektonik bumi. Ini memungkinkan batuan cair yang sangat panas, bersama dengan abu dan gas naik melalui kerak bumi. Kemudian, semua ini muncul ke permukaan secara dramatis. Memang, biasanya ini tidak terlalu dramatis.

Namun, jika terjadi secara konstan, ini dapat mengganggu ekosistem lautan. Aktivitas vulkanik yang terus berlanjut membentuk ini, seperti itu juga mungkin cara terbentuk hingga gunung bawah laut ditemukan di sekitar Flores.

Peneliti mengatakan, jika luas seluruh gunung ini digabungkan, ini mencakup sekitar 28,8 juta kilometer persegi permukaan bumi. Luas ini lebih besar dari gurun, tundra, dan habitat lainnya.

Sejumlah Fakta yang Berkaitan dengan Gunung Bawah Laut ditemukan di Sekitar Flores

Sejumlah Fakta yang Berkaitan dengan Gunung Bawah Laut ditemukan di Sekitar Flores

Gunung bawah laut selalu membawa sejumlah informasi yang unik dan menarik. Termasuk dengan yang baru saja ditemukan di sekitar laut Flores tersebut. Jadi, kalian bukan hanya tahu kalau gunung bisa muncul di darat saja, tetapi sejumlah fakta ini akan sangat informatif.

Fakta gunung berapi ini adalah hasil penelitian sejumlah peneliti. Fakta-fakta di bawah ini adalah tentang bagaimana gunung ini terbentuk dan bagaimana ini bisa berdampak pada fitur lautan. Jadi, simak semua fakta gunung bawah laut berikut ini agar kalian paham secara menyeluruh.

  1. Abu yang dihasilkan oleh gunung berapi bawah laut tetap bisa mempengaruhi aktivitas penerbangan.
  2. Letusannya menghasilkan semburan api, dan semburan secara berkala bisa menghasilkan gas dan abu yang tebal.
  3. Ledakan yang dihasilkan merupakan salah satu kekuatan yang paling merusak di bumi.
  4. Meskipun ledakannya sangat keras, tetapi ini merupakan kekuatan konstruktif, yaitu bisa membangun fitur permukaan bumi.
  5. Letusan gunung berapi dangkal dapat membuang material bawah air ke udara.
  6. Tekanan yang diterima gunung bawah laut lebih besar ketimbang gunung di darat.
  7. Tidak adanya suara mendidih dari badan gunung berapi membuat sulit untuk mendeteksi letusan gunung bawah air.

Apa yang Dikatakan Tentang 29 Gunung Bawah Laut ditemukan di Sekitar Flores?

Apa yang Dikatakan Tentang 29 Gunung Bawah Laut ditemukan di Sekitar Flores?

Jika tadi adalah penjelasan umum tentang gunung bawah laut, di bawah ini akan lebih spesifik menjelaskan gunung yang ditemukan di bawah laut Flores. Laporan terbaru menemukan jika sejumlah gunung ini ada di sekitar Flores ini masih ada yang aktif dan bisa meletus.

29 gunung ini ditemukan di sekitar Flores oleh peneliti dan akademisi 5 universitas di Indonesia bersama dengan Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidosal). Gunung-gunung tersebut ditemukan ketika menggelar Ekspedisi Jala Citra 3 2023 selama 3 bulan.

Memberikan laporan terkait gunung berapi tersebut, pihaknya akan meneliti lebih lanjut mana saja yang masih aktif dan mana yang sudah tidak aktif. Pihak Pushidrosal mengatakan kalau tidak adanya gelembung di sekitar gunung membuat proses penelitian lebih sulit.

Untuk menemukan mana dari 29 gunung bawah laut ditemukan di sekitar Flores yang masih aktif, peneliti menggunakan metode pengumpulan sampel koral dan batu-batuan dari puncak gunung tersebut. Kemudian sampel itu diperiksa di Badan Geologi di Bandung.

“Ditemukan juga gunung yang sudah mati atau tidak aktif, tetapi ini bisa dimanfaatkan oleh para mamalia laut. Khususnya ikan yang tinggal dan hidup di wilayah itu, ini bisa dimanfaatkan untuk berkembang biak,” sebut Laksamana Madya TNI Nurhidayat soal penemuan ini.

Komandan Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) ini menjelaskan kalau belum semua dari gunung yang ditemukan di sekitar Flores ini diteliti lebih lanjut. Dia mengatakan kalau pengumuman mungkin baru akan ada dalam waktu dekat setelah diteliti.

Masih Aktif dan Masyarakat Dianggap Tidak Perlu Cemas

29 gunung ini ditemukan tersebar di area sekitar Flores. Mulai dari bagian barat, selatan, dan utara, serta masuk di beberapa pulau kecil di Flores. Bahkan ada beberapa gunung ditemukan di dekat permukaan laut, sehingga nelayan harus lebih hati-hati ketika berlayar di area itu.

Namun, menyusul kabar dari gunung yang ditemukan di sekitar Flores, masyarakat yang tinggal di area Flores dihimbau tidak perlu cemas. Untuk menemukan gunung lebih dari 29 di area ini, Ekspedisi Jala Citra 3 2023 Flores mungkin akan dilanjutkan ke fase 4 lagi.

Baca juga : Ketahui Perbedaan MRT dan LRT, Kekurangan serta Kelebihannya

Laporan terkait penemuan gunung di bawah laut sekitar Flores ini masih sangat sedikit. Jelas masyarakat sekitar menanyakan kabar terbaru terkait gunung yang dipercaya masih ada yang aktif ini. Terkait gunung bawah laut ditemukan di sekitar Flores, publik dihimbau tidak takut.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini