Inilah Hal Menarik Seputar Apa Itu PON yang Sebentar lagi akan Diselenggarakan

Pencak Silat asal Minangkabau dan Cimande

Selain eksis di PON maka cabang olahraga ini juga dilombakan di SEA Games dan Asian Games. Walaupun mengandung unsur beladiri dari Cina dan India sebenarnya olahraga ini berasal dari daerah Minangkabau dan Cimande. Sampai akhirnya menyebar ke seluruh Indonesia dengan aliran yang berbeda-beda.

Peresean asal Lombok

Merupakan tradisi bertarung yang dilakukan oleh suku Sasak, sebenarnya peresean adalah syarat untuk bergabung menjadi prajurit kerajaan Mataram di zaman dahulu. Dalam peresean akan melatih ketangkasan, ketangguhan dan keberanian calon prajurit. Nantinya pada saat bertarung maka akan diiringi musik yang semakin memeriahkan acara.

4 Fakta Menarik PON Papua 2021

PON
Sumber Gambar: asset.kompas.com

Jika berbicara mengenai apa itu PON maka tidak bisa dipisahkan dengan acara yang diselenggarakan di Papua pada tahun 2021. Terdapat fakta menarik pada saat acara olahraga tersebut diselenggarakan mendapat sambutan positif dari masyarakat yaitu:

Diselenggarakan di Stadion Termegah

PON Papua diselenggarakan di Stadion Lukas Enembe yang menjadi stadion termegah kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno. Memiliki kapasitas 40.000 penonton, standar kualitas yang dimiliki membuat stadion ini masuk ke dalam nominasi stadion terbaik di dunia versi StadiumDB.com.

Cakupan Lokasi Terbanyak

Berbicara tentang apa itu PON Papua 2021 maka salah satu keunikannya yaitu dilaksanakan di 4 lokasi yaitu kota Jayapura, kabupaten Merauke, kabupaten Mimika, dan kabupaten Jayapura. Di 4 lokasi tersebut mempertandingkan berbagai nomor disiplin pada 37 cabang olahraga.

Menjadikan Noken sebagai Merchandise

Merchandise pada PON Papua adalah noken yang merupakan tas tradisional asli Papua bahkan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Noken adalah kerajinan tangan masyarakat asli yang terbuat dari anyaman kulit kayu pohon biyik. Dalam acara tersebut dibagikan 25.000 noken sebagai merchandise.

Papua Mengirimkan Delegasi Terbanyak

Dalam memeriahkan acara tersebut pihak KONI Papua tidak tanggung-tanggung menurunkan delegasi sebanyak 921 atlet dengan 1300 official yang telah melakukan serangkaian latihan. Hal ini menunjukkan bahwa para atlet memiliki semangat untuk mengukir prestasi di ajang tersebut.

Akan Ada 15 Cabang Olahraga Baru di PON 2024

PON
Sumber Gambar: asset-2.tstatic.net

Salah satu informasi menarik mengenai apa itu PON yang sebentar lagi akan diselenggarakan di Aceh-Sumut adalah kemunculan 15 cabang olahraga baru. Beberapa olahraga baru tersebut seperti gateball, soft tenis, sambo, arung jeram, kurash, rugby, triathlon, woodball, barongsai, kickboxing, kabaddi, jujitsu, esport dan petanque.

Kehadiran cabang olahraga baru ini juga membuat sejumlah provinsi telah melakukan persiapan jauh-jauh hari, sehingga memberikan tantangan untuk pihak KONI maupun wartawan olahraga. Karena beberapa olahraga tersebut masih asing di telinga masyarakat sehingga harus mengetahui seperti apa sistem pertandingannya, nomor pertandingan, dan sistem penilaiannya. 

Dengan ada pengenalan ini maka masyarakat bisa menikmati dan mengenal tentang olahraga ini. Apalagi provinsi Aceh dan Sumut juga telah melakukan persiapan untuk menyelenggarakan acara ini secara maksimal di tahun 2024. Bahkan untuk Sumut telah meluncurkan maskot yang bernama Hatra yang merupakan harimau.

Baca juga: Fungsi Golongan Darah, Manfaat dan Jenisnya Penting Diketahui

Hatra akan menggunakan tanjak Melayu, ulos Batak, dan tampak gorga Batak. Sedangkan provinsi Aceh menggunakan maskot gajah putih yang bernama Po Meurah. Nantinya gajah tersebut akan menggunakan tenun asal Aceh berwarna kuning dan kupiah meukeutop. Pastinya tidak ada habisnya jika berbicara apa itu PON, apalagi masyarakat tidak sabar untuk menunggu event ini di tahun 2024.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini